Senin, 24 Februari 2020

Genmuda – Internet udah jadi kebutuhan yang gak bisa dipisahin di zaman sekarnag. Sejak awal tahun 2000an, ketergantungan akan internet bisa dibilang jadi sesuatu yang haqiqi, terutama buat anak muda.

Coba aja kamu inget lagi, sejak era smartphone dan peningkatan jaringan internet, kuota pengguna internet di smartphone pun ikutan bertambah, dari hitungan ratusan MB hingga GB. Gak heran juga banyak operator yang menawarkan promo pulsa kuota ketimbangan pulsa reguler untuk SMS atau telpon. Yakan!

Masalah gak habis sampe di situ aja gengs, meksi kuotanya udah banyak dan ikutan paket data 24 jam internet bisa jadi masalah kalo mendadak lemot dan juga boros. Tapi kamu jangan langsung nyalahin operatornya dulu, bisa jadi permasalahannya ada di kamu,

Nah, kali ini Genmuda.com bakal kasih tau tips sederhana buat pengguna Android supaya jaringan internet kamu bisa lebih cepat dan gak boros dari biasanya. Gak pake lama, langsung baca ulasannya di bawah ini.

1. Download Boosting Apps

via: Android Pit
(Sumber: Istimewa)

Sadar atau gak, saat kamu buka satu aplikasi maka aplikasi itu bakal simpan banyak cache. Semakin lama kamu biarin, maka makin banyak cache numpuk dan bikin internet kamu jadi lemot.

Sebagian Android emang udah banyak menyediakan aplikasi boosting. Tapi buat yang gak ada, kamu bisa install aplikasi boosting kayak Clean Master, DU Speed Booster, atau App Cache Cleaner. Kalo dirasa masih berat ikuti cara selanjutnya.

2. Hapus aplikasi dan widget yang gak kepake

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kalo aplikasi boots gak begitu mempan, bisa jadi Android kamu menyimpan data pada aplikasi atau widget yang kurang berfaedah atau malah gak pernah kamu pakai sama sekali. Seperti halnya Instagram, Facebook, atau pun Aplikasi Ojek Online, saat pertama kali diinstall hingga digunakan, besar kapasitasnya bisa sampe dua-tiga kali lipat lebih besar, loh.

Daripada ribet, hapus beberapa aplikasi tersebut kalo emang jarang kamu pakai. Masih gak rela dihapus? Ikutin poin di bawah!

3. Gunakan Ad Blocker

(c) Genmuda.com/2016 Sari Muda

Kehadiran iklan (apapun jenisnya) emang kadang bikin ganggu saat kau browsing. Selain bisa nyedot kuota hingga 80 persen, kehadiran iklan bisa mempengaruhi lemotnya satu halaman web karena memuat banyak data.

Oleh sebab itu, pake aja Ad Blocker di browser bawaan kayak Opera, Brave, atau UC Browser. Kalo Android kamu gak punya browser tersebut coba pasang aplikasi Ad Blocker. Di Play Store banyak kok yang gratisan.

4. Coba pakai VPN

via privatetunnel.com
(Sumber: privatetunnel.com)

Selain dapat mengakali situs bokep yang diblokir, VPN juga berguna meringankan koneksi internet kamu, terutama saat browsing website luar. Dengan terhubungan ke IP negara lain (yang tepat) niscaya bisa bikin kecepatan internet kamu bertambah.

5. Ganti jaringan

(Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Androidnya masih lemot juga? Yaudah sekarang Genmuda.com sararin buat periksa jaringan internet kamu. Sebagian Android terbaru emang udah mengatur jaringan tercepat secara otomatis, tapi kalo belum coba aja kamu cek settingannya, apakah masih 3G atau udah 4G. Atau jangan-jangan Android kamu belum support 4G?

Nah, kalo kasusnya Android kamu udah di-root, kamu bisa maksimalin koneksi internet kamu dengan menginstall aplikasi 3G/4G Speed Optimizer. Nantinya aplikasi itu bakal kasih tweak khusus sehingga kamu bisa memilih kecepatan internet sesuai kebutuhan. Selama mencoba, ya!

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.