Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Menjalani kehidupan sebagai anak rantau bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang kalo ada duit dan susah kalo duitnya habis. (Ya iyalah mati gaya yang ada).

Jadi mahasiswa rantau pun harus pintar-pintar putar otak. Engga cuma konsen buat dapat ilmu doang di kampus, tapi juga ngajakalin namanya hidup prihatin. Kalau orang bijak bilang sih, “Ada uang nikmatin, engga ada uang yang prihatin.”

Dari segelintir cara yang ada, anak rantau akhirnya menjadi segerombolan mahasiswa senasib dan seperjuangan. Engga heran, pada akhirnya mereka mutisin buat hidup ngontrak satu rumah ketimbang bayar kostan tiap orang.

Maksud hati biar bisa ngirit, nyatanya ada juga yang kantongnya kebobolan karena harus hidup ngotrak. Masih mending yang bangkrut cuma satu orang, tapi kalau seisi rumah celaka lah kita semua.

Anyway buat lo yang ada di posisi ini engga perlu panik. Ada baiknya lo simak dulu tips dari Genmuda.com.

1. Cari Teman Seperjuangan

Sesuai dengan visinya buat hemat, otomatis teman seperjuangan di kontrakan lo harus punya visi serupa. Jangan sampai pada saat udah setuju ngontrak bareng ada yang salah satu teman yang beda visi dan akhirnya cekcok gara-gara patungan ini-itu atau masalah rokok sebats duls. (Kalau udah begini kan rada-rada keki iya gak sih?)

2. To the Point!

Ibaratnya keluarga kedua, saat lo ngontrak bareng teman pastiin juga udah tahu tabiat masing-masing. Ini penting banget, karena bisa aja karena baper setitik rusak susu tetangga. *Loh… singkatnya karena udah sama-sama kenal ya jadi jangan ada yg lo tutup-tutupin, kalo ada yang engga suka ya bilang aja, toh tidur dalam satu atap kan?

3. Saling Ngerti Privacy Masing-masing

Namanya udah kayak keluarga jadi suka bablas dan berasa kayak di rumah. Tapi kebiasaan kayak gini harus mulai dihilangkan ya. Lo engga mau kan kalau ada orang masuk ke kamar lo sembarangan dan barang-barang lo ada yang hilang atau rusak. Nah, supaya engga kejadian biasain hormatin apa yang jadi privacy masing-masing ya gaes.

4. Uang Kas

Sama halnya sama tiga poin di atas, usahain setiap hari lo selalu ngisi uang kas buat kontrakan, yang nantinya bakal digunain untuk bayar sesuatu kaya listrik, air, wi-fi (kalau dikontrakan pasang wi-fi), atau bisa dibeliin bahan-bahan dapur. Kasih duit iuran ke teman lo yang bisa dipercaya, seolah-olah dia adalah bendahara di kontrakan. Ini penting banget buat kelangsungan hidup orang satu kontrakan.

5. Jadwal Piket

Namanya tinggal satu atap yang namanya bebersih jadi tanggung jawab bareng-bareng dong. Nah, biar sama-sama enak ada baiknya siapin jadwal piket selama satu minggu ke depan. Ya lumayan kan ada teman yang jadi babu sehari. He-he.

Well, pahit dan manisnya anak rantauan emang masih banyak banget guys. Tapi semoga aja tips di atas berguna banget buat kalian yang mau ngontrak rumah dan menekan pengeluaran alias ngirit.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.