Rabu, 20 Maret 2019

Genmuda – Tahun Baru, resolusi baru. Ya sebenarnya resolusinya engga baru-baru banget sih, tapi mungkin belum kesampean aja di tahun yang lalu(-lalu).

Menurut survei dari University of Scranton, resolusi Tahun Baru yang paling umum adalah ngurangin berat badan. Sayangnya, survei yang sama udah ngungkapin pula kalau hanya ada 8 persen orang yang akhirnya berhasil mencapai resolusi itu setiap tahunnya.

Lantas, kenapa sih dari sekian banyak orang yang pengen nurunin berat badan ternyata cuma ada secuil yang akhirnya bisa sukses? Well, jawabannya bisa jadi gara-gara orang-orang yang belum berhasil itu udah salah fokus, sehingga mereka malah ngelupain tujuan awal mereka.

Nah, biar kamu bisa tetap mencapai resolusi Tahun Baru kamu (yang mungkin belum kesampean juga dari tahun Adam) tanpa harus dikacauin gara-gara kamu salah fokus, ngerahasiain resolusi kamu dari orang lain aja itu engga cukup. Mending kamu juga lakuin 5 cara sederhana berikut ini, Kawan Muda:

 

  1. Pilih satu aja

Punya banyak resolusi emang kedengerannya keren, tapi itu sebenarnya cuma secara teori aja. Kalau kamu benar-benar mau ngelaksanain suatu tujuan, pilih aja satu resolusi yang paling berarti supaya kamu bisa lebih ngefokusin lagi seluruh upaya kamu.

  1. Ubah resolusi kamu jadi sesuatu yang bisa diukur dengan angka

Ketimbang cuma bilang kalau kamu mau lebih banyak olahraga doang, ubah resolusi kamu jadi hal lain yang lebih terukur kayak ikutan lari 5K. Kalau resolusi kamu ngelibatin angka yang spesifik, kamu otomatis bakalan punya tujuan yang lebih nyata buat bisa kamu capai.

  1. Buat jadwal dan pasang alarm

Engga cuma harus bisa diukur dengan angka, tapi resolusi kamu juga sebaiknya harus bisa diukur dengan waktu. Selalu rencanain kapan kamu mau ngelaksanain resolusi kamu. Kalau misalnya resolusi kamu adalah belajar masak, mungkin Minggu jam 10.00-11.00 bisa kamu pakai buat nyobain resep baru. Pasang aja alarm di ponsel kamu biar kamu engga lupa.

  1. Pasang pengingat di tempat yang mudah dilihat

Namanya juga manusia, bukan cuma engga luput dari dosa dan kesalahan, tapi juga engga luput dari yang namanya lupa akan sesuatu. Entah itu nempelin sticky note di kaca atau pasang papan tulis kecil di dekat meja yang ada di kamar kamu, semua engga ada salahnya kok buat dicoba.

  1. Rayain setiap pencapaian

Kalau kamu ngasih penghargaan buat diri kamu, seengganya kamu bisa jadi lebih berusaha buat tetap teguh pada tujuan kamu. Misalnya aja kalau resolusi kamu adalah nabung 200 ribu setiap bulannya, hadiahin aja diri kamu sebuah celengan berbentuk lucu. Itung-itung dengan begitu kamu bakal kembali diingatin buat engga salah fokus. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer