Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Sebagian Kawan Muda mungkin udah ada yang memulai tahun ajaran baru di kampus baru. Yang dulu junior jadi senior, dan yang dulu ada SMA sekarang udah punya gelar sebagai mahasiswa.

Beda gelar beda pula kebiasaannya, gengs. Jika biasannya kamu rutin bangun pagi pulang sore lengkap dengan seragam putih abu-abu, anak-anak kampus justru punya jam masuk dan pakaian yang lebih fleksibel, –red. tapi tetep sopan.

Maka dari itu, penting bagi kamu yang akan menjadi mahasiswa atau calon mahasiswa baru untuk membuang sejumlah kebiasaan belajar di SMA saat masuk ke dunia universitas. Bukan maksudnya sok tau atau menggurui kamu, tapi 10 kebiasaan ini emang susah buat diaplikasi di dunia kampus. Suka atau enggak, mulai kurang-kurangin deh ngelakuin…

1. Cuma belajar dari bahan yang dikasih dosen di kelas

©Genmuda.com/2017 TIM
Lagi ngerjain apa sih, kak? Sini aku bantuin. ©Genmuda.com/2017 TIM

Sebenernya ada tipe dosen yang dengan sangat murah hati memberikan tugas atau soal ujian sesuai dengan materi kuliah mereka. Itu kalo lagi mujur, kalo lagi apes, kamu bisa aja ketemu sama dosen yang hobinya kasih cobaan hidup. Di kelas dikasihnya apa, pas ujian keluarnya beda. Ada kok dosen kayak gitu!

2. Gak punya jadwal kegiatan

Salah satu perbedaan jelas antara jadi mahasiswa dan anak SMA itu ada di waktu belajar kamu. Kampus gak bakal peduli kamu ada kesibukkan lain di luar yang gak ada hubungannya sama kampus. Jadi penting aturannya buat punya jadwal selama satu minggu penuh. Jadi mulai kurangi hidup yang serba dadakan, apalagi kalo kamu merantau dan jauh dari keluarga.

3. Males baca

Inget ya, bahan bacaan itu bukan cuma dari materi kuliah kamu di kampus. Kamu bisa perkaya diri kamu lewat bahan bacaan lain, entah itu novel, koran, atau mungkin website Genmuda.com. Asik.

4. Baca doang gak cukup, masih ada kegiatan lainnya

Jadi mahasiswa udah bukan jamannya lagi disuruh-suruh buat buka buku atau pergi ke perpustakaan, dosen pasti masa bodo soal itu. Inisiatif dong buat cari bahan materi di kelas. Mau lewat internet boleh, atau sekedar belajar dengan senior juga boleh.

5. Malu bertanya

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Jangan dibisain bertanya kalo udah disuruh sama guru. Sekarang waktunya kamu buat aktif bertanya kalo ada materi atau hal yang gak kamu tau. Bertanyanya gak cuma urusan akademik ya, buat sosialisasi sama lingkungan baru juga perlu. Emangnya mau dicap anak sombong? He-he.

6. Ngerjain tugas sebelum masuk kelas

Kebiasaan ngerjain PR di sekolah juga harus kamu buang saat masuk ke kampus. Percaya aja, ada kok dosen yang gak ragu ngasih nilai jelek gara-gara gepin kamu ngerjain tugas di kampus saat injury time masuk ke kelas mereka.

7. Nyontek saat kuis/ujian

(Ilustrasi: The Haute Mess)

Gak usah dijelasin panjang lebar, selain dosa, nyontek bisa membuat kamu susah saat lulus kuliah nanti. Kenapa? Karena kamu gak berhasil dapet 100 persen materi yang dikasih saat kuliah. Kan nyontek kerjaan orang, bukan hasil jerih payah otak kamu sendiri.

8. Belajar sambil dengerin musik

Ada yang cocok dan engga cocok belajar sambil dengerin musik. Tapi yang pasti, belajar dengan suasana tenang justru bikin otak bisa lebih fokus merima materi kuliah.

9. Belajar SKS

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ada yang bilang sistem kebut semalam lebih berhasil daripada belajar rutin tiap hari. ITU NGACO BANGET! Biarpun kamu tetep bisa lulus atau dapetin nilai bagus, cara belajar ini justru cuma bisa bertahan sebentar di otak kamu. Udahnya? Kamu bakal lupa jika materi itu diulang di kemudian hari.

10. Gak punya tujuan

Saat mayoritas anak SMA cuma punya keinginan lulus dan diterima di PTN Favorit, anak kampus justru harus punya tujuan yang jelas. Tujuannya gak usah muluk-muluk, buat semester 1-6 minimal IPK kamu bagus, sedangkan di semester akhir pastiin kamu udah punya tujuan mau jadi apa setelah lulus. “Jangan cuma mikir liat aja entar deh!”

Bonus: Belajar di kamar doang

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ini juga kebiasaan yang harus mulai kamu hilangkan. “Maksudnya gimana nih?” Iya, Tau kok kamar kamu PEWE banget, tapi belum tentu juga kamu harus terus-terusan belajar saat harus di kamar atau kosan kamu doang. Kalo misalkan kamu ada tugas kelompok atau harus KKN ke pedalaman Indonesia nanti gimana coba?

Well, pada intinya semua kebiasaan itu bisa kamu hilangin kalo diri kamu emang bener-bener serius ngejalaninnya. Cocok atau enggaknya balik lagi ke kamu ya.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.