Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Banyaknya jenis kepanitiaan dan gampangnya akses internet bikin mahasiswa jadi jenis manusia paling magerTerus, paling gak punya uang juga karena mayoritas belum kerja dengan penghasilan setara karyawan.

Uniknya, tiap mahasiswa pasti punya keinginan bahkan kesempatan untuk jalan-jalan, mengurus banyak tugas, serta masih juga urban explore ke cafe-cafe. Di antara kesibukan itu, di bawah inilah tempat-tempat favorit yang nyaris gak akan bisa dilupain setiap mahasiswa.

1. Di atas tempat tidur

via tenor.com

Menghadapi kelas pagi atau siang, dengan cuaca terik atau hujan, untuk bertemu dosen baik atau killer, ngaku aja deh kalo kamu lebih suka leha-leha di kasur daripada berangkat ke kampus.

2. Percetakan murah

Berhubung mahasiswa sering ngeprint demi menunaikan tugas kampus, percetakan murah itu penting. Essensial banget dalam kehidupan. Dan, dengan aroma kertas baru dicetak, harga fotokopi dan print murah, serta hasil jilid yang bagus, tempat itulah favorit semua mahasiswa.

3. Kantin

via anakui.com
Pedagang kantin. (Sumber: anakui.com)

Gak usah dijelasin panjang lebar. Teman, tempat ngutang, dan tongkrongan seru tersedia di kantin.

4. Kelas dengan dosen asik

Mau pelajarannya masuk atau gak, kelas dengan dosen asik pasti seru, sih. Semua materi kuliah dibikin sehingga perluas sudut pandang tiap mahasiswa. Jangankan untuk cabut, ngobrol di kelas aja jadi gak mau gara-gara dosennya kayak gitu.

5. Tempat organisasi

via vistaeducation.com
(Sumber: vistaeducation.com)

Setelah selesai kuliah lalu masuk ke ruang himpunan jurusan, unit kegiatan mahasiswa, atau organisasi intra kampus lain, mumet mendadak hilang dan semangat tiba-tiba tumbuh lagi. Apalagi, kalo tempatnya terasa kayak area nongkrong dan ada gebetan.

6. Lokasi KKN / KKM

Mayoritas kampus negeri punya program kuliah kerja nyata (KKN) atau kuliah kerja mahasiswa (KKM). Program itu mengajak tiap mahasiswa untuk membantu warga yang tinggal di daerah terpencil, terbelakang, terluar, atau terdepan sambil hidup bersama mereka selama beberapa minggu.

Di tempat itulah cinta lokasi bermunculan, baik antar mahasiswa atau antara mahasiswa dengan penduduk lokal. Beneran! Misi sosial KKN / KKM yang terbilang berat pun pada akhirnya gak terasa, terutama karena mahasiswa menganggap kegiatan itu kayak jalan-jalan aja.

7. Kendaraan apapun yang bawa kamu pulang

via Istimewa

Bis atau kereta sesumpek apapun pasti terasa nyaman-nyaman aja saat membawa kamu pulang menuju ke atas kasur yang nyaman dan bikin mager itu.

8. Kosan gebetan

Ini satu-satunya tempat yang bikin mahasiswa rela cabut seharian dan pulang kemalaman. Gak usah bohong, deh. Kamu juga pasti seneng banget kan kalo diajak gebetan main ke kosannya, lalu ditahan-tahan supaya gak pulang hingga matahari terbenam.

9. Di tempat nyetak skripsi

via tenor.com

Akan tetapi, gak ada apapun di dunia ini yang ngalahin betapa indah dan bagusnya tempat nyetak skripsi. Bahkan percetakan bapuk yang komputernya suka lag dan operatornya lambat pun terasa sangat favorit.

Semua itu karena satu beban besar mahasiswa terangkat dari pundak. Tinggal nunggu sidang dan revisi dikit kalo ada. Kalo gak ada, tinggal tunggu waktu untuk ngucapin selamat tinggal ke kampus.

10. Di depan rektor, sambil pakai toga

Dengan kata lain, lagi wisuda, gaes. Di manapun upacara formalitas itu diadakan, gak mungkin ada pesertanya yang kecewa lulus dari kampus.

Seperti itu deh gambaran kehidupan kampus kamu selama kuliah. Semoga gak ada kejadian yang mengganggu kehidupan pribadi, edukasi, dan selebrasi masa muda kamu, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.