Senin, 22 Juli 2024

Genmuda – Engga cuma banyak jumlahnya, netizen Indonesia juga aktif bikin aplikasi dengan fitur yang engga kalah keren dari buatan developer luar negeri. Misalnya aja kayak aplikasi LiteBIG, –yang dirintin oleh M. Tesar Sandikapura yang sekarang menjadi founder dan CEO perusahan tersebut.

Bersama dua co-founder lainnya, Andreas Harnindito, selaku Group Head Operation, dan Stephen Daniel, selaku Group Head Solution Architect aplikasi anak bangsa ini justru bisa menyaingi WhatsApp, Line, atau BBM.

Berita soal LiteBig ini sebenernya udah mencuat sejak 2014 lalu, tapi di awal 2016 infonya mulai beredar lagi. Aplikasi anak bangsa ini udah diunduh lebih dari 100 ribu kali loh. Reviewnya pun lumayan bagus baik di Playstore maupun di Apps Store.

Lantas apa aja sih kelebihan aplikasi buatan anak dalam negeri ini dibandingin aplikasi serupa? Berikut ini Genmuda.com rangkumin buat Kawan Muda. Simak langsung di bawah ini!

1. Ngedit pesan yang udah terkirim

via genmuda.com
Pesan yang ada simbol pensil hijau berarti udah pernah diedit. (Sumber: istimewa)

Yoi. Kalo kamu ternyata salah ngetik pesan (typo) dan terlanjur kekirim, pesannya bisa diedit ulang. Diedit loh, bukan ditiban pakai tanda (*) seperti yang selama ini terjadi. Cara ngeditnya juga gampang banget, tinggal tahan krusor di dalam pesannya yang mau diedit, terus tulis koreksiannya.

2. Bisa ngirim semua jenis file

Berarti engga cuma gambar doang yang bisa dikirim. File aplikasi, file yang formatnya .jpg, ppt, doc, zip, bahkan mp3 dan mp4 juga bisa dikirim. Ketauan banget nih fungsinya buat anak sekolah dan mahasiswa yang lagi bikin tugas kelompok dari jarak jauh.

3. Menghapus pesan salah kirim

via genmuda.com
Pesan yang kehapus ada tanda (message has been removed). (Sumber: istimewa)

Pesan yang udah dikirim juga bisa dihapus dan hilang dari servernya, engga cuma dari tampilan ponsel yang ngapus doang. Jadi, pesan-pesan salah kirim yang udah diapus engga bakal keliatan lagi sama penerimanya. (Begitu juga chatingan selingkuhan yang diapus supaya engga ketawan pacar)

4. File attachmentnya cukup besar

Lebih tepatnya, sampai 50 MB. Bukan cuma ngirim satu lagu, file video pendek juga bisa dikirim dengan limit kapasitas file segede itu. Pastiin dulu kuota kamu cukup. He-he.

5. Quote pesan

Fitur ini emang udah ada di WhatsApp. Fungsinya supaya chating di grup tuh engga ribet dan tetep bisa saut-sautan, terutama nyautin chat yang udah jauh ketiban percakapan baru.

6. Ngedit gambar sebelom dikirim

via genmuda.com
Lagi ngedit foto nih sebelom dikirim. (Sumber: istimewa)

Sama kayak Line, sebelum di-upload ke server fotonya bisa kamu diedit dulu. Selain itu fotonya juga bisa dicrop dan dirotate dulu biar pas sesuai keinginan kamu.

Overall, buat penulis aplikasi satu ini keren banget. Kalo misalkan ada hal yang kurang mungkin karena saat ini penggunanya belum terlalu banyak. Kawan Muda udah coba belum? Yuk, buruan di-download. (sds)

*Genmuda.com sebelumnya menyebutkan aplikasi ini buatan mahasiswa UGM, namun direvisi karena Tesar, Andreas, dan Stephen berasal dari tiga kampus yang berbeda. (3/10)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.