Senin, 17 Januari 2022

Genmuda – Ngomongin soal film horor, yang langsung kebayang di kepala biasanya pasti sosok nyeremin yang jadi karakter utamanya, entah itu hantu, iblis, roh jahat, makhluk halus, psikopat, maniak, atau apapun itu namanya. Saking nyereminnya, berbagai sosok itu pun bahkan suka sampai kebawa mimpi.

Hal nakutin yang ada di film horor pada dasarnya dibangun dari banyak unsur, baik itu musik, akting, kostum, lokasi, maupun yang lainnya. Namun demikian, engga bisa diungkiri pula bahwa kebanyakan film horor tetap aja engga bakal ada apa-apanya tanpa sosok nyereminnya yang ikonik.

Lantas, siapa aja sih sosok nyeremin di film horor yang selalu sukses bikin bulu kuduk merinding disko? Dari Indonesia kira-kira ada engga ya? Well, biar kamu engga makin penasaran, berikut ini adalah 7 karakter nyeremin di film horor yang bakal bikin kamu mimpi buruk seburuk-buruknya:

1. Chucky

via Blumhouse.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo ada boneka yang jauh lebih nyeremin dari Annabelle, maka itu adalah Chucky. Boneka ini muncul pertama kali di film ‘Child’s Play’ (1988). Jangakan pas mukanya udah penuh jahitan, pas masih mulus aja boneka ini udah nakutin abis. Ditambah lagi sama boneka Bride of Chucky, makin sempurna aja deh mimpi buruk kamu, Kawan Muda.

2. Freddy Krueger

via YouTube
(Sumber: Istimewa)

Muncul di seri film ‘A Nightmare on Elm Street’, karakter nyeremin ini merupakan pembunuh berantai dengan luka bakar di sekujur tubuhnya dan tangan kanan yang dilengkapi pisau cukur di kelima jarinya. Doi bakal ngebunuhin para korbannya lewat mimpi mereka. Doi punya kekuatan yang luar biasa di alam mimpi, tapi bakal berubah jadi rapuh layaknya manusia biasa kalo berada di dunia nyata. Waspada sama mimpi kamu ya!

3. Sadako/Samara

via Blumhouse.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo di versi Jepang seri film ‘The Ring’, nama sosok nyereminnya adalah Sadako Yamamura. Sebaliknya kalo di versi adaptasi Amerika-nya, namanya berubah jadi Samara Morgan. Terlepas dari itu, dua-duanya sama-sama bakal bikin kamu takut melek. Apalagi pas mereka lagi ngerangkak keluar dari sumur dan TV, penampilan mereka yang pucat banget plus rambut panjang hitam lebat mereka yang nutupin muka jelas engga ada duanya.

4. Leatherface

via wheresthejump.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo ngelihat gergaji mesin, kamu yang udah nonton seri film ‘The Texas Chainsaw Massacre’ dijamin bakal kebayang-bayang terus sama karakter nyeremin yang satu ini. Sesuai namanya, doi ngegunain topeng yang terbuat dari kulit manusia. Doi juga terlibat dalam aksi pembunuhan dan kanibalisme bersama keluarganya. Kurang gokil gimana lagi coba?

5. Jason Voorhees

via ComingSoon.net
(Sumber: Istimewa)

Masih dengan karakter nyeremin di balik topeng, ada pula Jason Voorhees dari seri film ‘Friday the 13th‘. Entah dengan nge-stalk dan ngebunuh atau ngancam karakter lain secara psikologis, yang jelas ada aja yang doi lakuin demi balas dendam atas tenggelamnya dirinya di danau. Yang lebih parahnya lagi, nyokapnya sampai ikut terlibat segala dan bikin keadaan jadi makin rumit.

6. Boneka jelangkung

via dimensilain.com
(Sumber: Istimewa)

Nah, sekarang giliran dari Indonesia nih, Kawan Muda. Boneka permainan tradisional yang bersifat ritual supernatural ini sempat booming banget pas diangkat ke layar lebar lewat film berjudul sama garapan sutradara Rizal Mantovani dan Jose Poernomo di awal tahun 2000-an. Saat itu, boneka ini sukses nyiptain kengerian yang luar biasa di kalangan masyarakat. Pocong sama kuntilanak doang mah lewat lah!

7. Suzanna

via Mubi
(Sumber: Istimewa)

Suzanna emang bukan karakter khusus di film horor, melainkan pemeran ikonik dari sejumlah film horor Tanah Air di tahun 70 sampai 90-an. Bahkan, mendiang aktris kawakan ini sampai dijuluki sebagai Ratu Film Horor Indonesia saking banyaknya film horor dan mistis yang udah doi peranin. Mulai dari karakter kuntilanak, sundel bolong, Nyi Blorong, sampai Nyi Roro Kidul sekalipun semua udah beliau taklukin. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer