Selasa, 30 November 2021

Genmuda – Daya gedor Persib Bandung bertambah drastis. Bukan mendapat meriam lagi, “Maung Bandung” dapet peluru kendali yang dilengkapi bom atom sekelas bom Hiroshima-Nagasaki. Michael Essien sang legenda Chelsea bergabung merumput di Gelora Bandung Lautan Api.

Kedatangannya di Bandung bisa jadi sebuah angin segar buat pemain berusia 34 tahun itu karena udah nganggur sekitar 6 Bulan. Klub terakhirnya adalah Panathinaikos Athens di Yunani. Karena kedatangan orang penting yang pasitnya jadi andalan, Persib Bandung perlu banyak berbenah. Di bawah ini, adalah rencana besar Persib soal Essien dan beberapa hal yang disiapin demi pemain berbadan besar itu.

1. Fasilitas mewah

via gadinggreenhill.com
Apartemen dan kolam renang. (Sumber: gadinggreenhill.com)

Gelandang yang pernah ngerasain trofi Liga Champion itu langsung dicariin fasilitas mewah berupa apartemen atau rumah yang ada kolam renangnya, Kamis (16/3), dua hari setelah direkrut. Kepindahan pemain yang bakal bawa keluarganya ini baru fix 25 Maret nanti, setelah doi ngurus administrasi di Inggris.

2. Fisioterapi buat Essien

via panditfootball.com
Cedera tulang kering Essien di Chelsea bikin doi rehat dua bulan. (Sumber: panditfootball.com)

Di Panathinaikos, cedera berkepanjangannya bikin doi istirahat selama tiga bulan dalam satu musim. Riwayat cedera sebelumnya dan usia yang engga muda lagi bikin doi terbilang rentan saat beradu sama pemain Indonesia yang haus prestasi. Karena itu, Pelatih Persib Djadjang Nurjaman siapin fisioteraphist biar Essien engga kambuhan.

3. Tingkatin mental dan kepercayaan diri semua anak Persib

via juara.net
Akankah Kim Kurniawan grogi dan passingnya makin berantakan? Semoga aja engga. (Sumber: juara.net)

Kedatangan bintang sekelas Essien diakui sebagai tantangan bagi Djadjang. Beliau bakal tingkatin komunikasi anak-anak Persib lainnya supaya bisa imbangi kepercayaan dirinya sang Legenda di Indonesia.

4. Dua pilihan posisi

via pojoksatu.id
Shohei Matsunaga yang diandelin Persib di depan. (Sumber: pojoksatu.id)

Antara gelandang menyerang atau gelandang bertahan. Dua posisi itu yang nantinya ditempati pemain kelahiran Ghana ini. Kalo doi di depan, berarti perlu rajin kontak-kontakan sama Febri Haryadi, Sergio van Dijk, dan Shohei Matsunaga atau Atep. Kalo di belakang, doi perlu kerja bareng Hariono, Dedi Kusnandar, atau Kim Kurniawan.

5. Gaji yang terbilang gede

via Istimewa
Setelah dibeli 800 ribu euro dan terima gaji satu musim nanti, Essien bisa buka usaha batagor – cilok di Bandung. (Sumber: Istimewa)

Sang legenda dibebasin dari masa penganggurannya dengan budget 800 ribu euro (11 miliar rupiah). Petinggi Persib masih ngerahasiain besaran gajinya. “Nilainya sama dengan kemarin,” kata Umuh Muchtar, manajer Persib. Kalo artinya gaji Essien sama dengan gaji plus tunjangannya di Panathinaikos, Persib perlu siapin 1,6 juta Euro (22 miliar rupiah) dalam semusim.

Kira-kira, itu lima hal yang udah disiapin buat imbangi kehadiran Persib. Pasti bakal banyak lagi trik-trik spesial dalam menangani Sang Legenda. Pantengin terus Genmuda.com supaya kamu tau update-update selanjutnya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.