Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Kamu yang menderita ponsel lemot karena kebanyakan nyimpen selfie mungkin bisa ngelirik Vivo V5s. Ponsel yang rencananya tersedia di pasar pada 13 Mei 2017 itu dilengkapi kamera selfie 20 megapixel, RAM 4GB, dan ROM 64GB.

Pada Rabu (10/5), tiga hari sebelum ponselnya tersedia di pasaran, Vivo ngadain peluncuran besar-besaran di Jakarta. Selain dihadiri James Wei selaku CEO, Kenny Chandra selaku Product Manager, dan Edy Kusuma selaku Brand Manager Vivo Indonesia, berbagai artis dan influencer juga dateng, loh.

Ambassador yang dateng komplit abis. Ada Agnes Monica, Afgan, Pevita Pearce, Al Ghazali, Prilly Latuconsina, Shireen Sungkar, dan Zaskia Sungkar. Beberapa seleb medsos yang dateng misalnya, Ria SW, Nikita Willy, dan Raditya Dika. Suasana acaranya jadi kayak arisan artis nih.

Oke. Jangan salah fokus ngomongin artisnya. Ini rubrik tekno. Saatnya ngebahas yang bagus dan yang mengecewakan dari ponsel Vivo V5s ini. Berdasarkan pengalaman singkat Genmuda.com merawanin, ponselnya emang oke buat foto dengan kamera depan dan muter musik. Pembahasan agak rincinya liat di bawah ini, ya.

Yang mantap dari ponselnya

1. Fitur softlight

©Genmuda.com/2017 TIM
Ini hasil jepretan kamera selfie Vivo V5s. Aslinya keren abis. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Dengan fitur softlight, kamu bisa ngejepret selfie kinclong meski dalam pencahayaan rendah. Kenapa engga pakai flash? Karena, kilatan cahaya flash bikin muka kamu yang mulus, bersih, dan cantik itu keliatan berminyak, kotor, dan butek.

2. Fitur Face Beauty

Engga berhenti di situ doang, muka kamu bisa keliatan lebih kece lagi berkat fitur Face Beauty yang mampu ngatur tone warna. Jadi, foto kamu selalu keliatan fresh dan bahagia. Jepret asal juga kayaknya bisa langsung jadi perfect profile picture.

3. Fitur group selfie

©Genmuda.com/2017 TIM
Jajaran artis yang jadi ambassador Vivo V5s, Rabu (10/5). ©Genmuda.com/2017 TIM.

Kamera depannya juga disiapin supaya mantap untuk selfie. Bukannya dengan kamera wide angle, fitur selfienya mirip kayak fitur foto panorama. Sebaiknya sih, pemilik Vivo V5s ada di tengah-tengah gerombolan selfie karena ponselnya harus dihadapkan ke kiri-kanan biar menghasilkan foto lebar. Sementara itu, foto panorama dihasilkan dengan ngegeser kamera dalam satu arah.

4. RAM dan ROM

Jeroan ponselnya dipasangi RAM 4 GB yang bikin ponselnya jarang lemot dalam pemakaian biasa. Sementara storage ponselnya tersedia sebanyak 64 GB, yang bisa dipakai nyimpen lebih dari 200 film, 20 ribu foto selfie, dan 10 ribu lagu.

5. Speaker Hi-Fi

Penggila multimedia bisa bergembira karena Vivo V5s dipasangi chip audio AK4376, (lain dari AK-47 #CSGO #cykablyat). Apa fungsinya? Chip keluaran Asahi Kasei Microdevice Corporation (AKM) itu bikin suara terdengar punya akustik yang bagus. Gampangnya, suaranya jernih dan garing di telinga. Kata situs AKM, chipnya berfungsi baik saat menyetel loud speaker atau lewat headphone.

6. Desainnya

©Genmuda.com/2017 TIM
Ki-ka: Punggung Vivo V5 dibandingin punggung Vivo V5s. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Bukan maksud membanding-bandingkan atau gimana. Tapi, ponsel yang memakai Agnes Monica sebagai bintang video promosinya itu berdesain mirip iPhone 7. Kap belakangnya dibuat menyatu dengan sisi samping ponsel (unibody).

Udah gitu, garis antenanya disamarkan ke pojokan sisi atas dan bawah ponsel, engga melintang kayak iPhone 6. Perbedaannya terletak di tombol home. Kalo iPhone identik dengan tombol bundar sempurna, tombol home Vivo V5s bentuknya lonjong.

7. Harganya

Buat yang cita-citanya emang punya ponsel pure buat selfie dan speaker yang bikin eargasm, Vivo V5s bisa didapat dengan harga kisaran 3,8 juta rupiah. Sejak acara peluncuran, ponselnya udah bisa dipesan lewat sejumlah situs e-dagang di Indonesia.

Yang biasa aja

1. Baterainya

©Genmuda.com/2017 TIM
Keterangan detil jeroan Vivo V5s. OS-nya pakai Funtouch 3.0 dengan basis Android 6.0 Marshmallow. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Meski RAM, ROM, dan kameranya udah kece badai, baterai ponsel ini masih berkapasitas 3.000 mAh. Engga jelek karena masih banyak ponsel yang baterainya 2.000an mAh. Tapi, gak kece juga karena ada ponsel yang berani masang baterai sampai di atas 4.000 mAh dan engga meledak saat dipakai.

2. Kamera belakangnya

Karena udah masang kamera 20 megapixel di depan, kamera belakangnya dipasang yang berkualitas 13 megapixel. Meski begitu, Vivo membayar kekurangan megapixelnya dengan nambahin fitur Ultra HD yang bikin kualitas gambar setara dengan jepretan kamera profesional 52 megapixel. Fiturnya berfungsi optimal saat ponselnya stabil dipegang dan pencahayaannya bagus.

3. Fitur App Clone

©Genmuda.com/2017 TIM
Ki-ka: Edy Kusuma selaku Brand Manager dan Kenny Chandra selaku Product Manager Vivo. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Dengan App Clone, kamu bisa menggandakan aplikasi Whatsapp, Line, BBM, dan Viber supaya bisa login pakai ID berbeda. Mungkin cocok buat kamu yang punya banyak toko online, kehidupan ganda, atau selingkuhan.

Dalam waktu dekat, pihak Vivo bakal mengusahakan supaya fitur unik itu bisa dipakai untuk lebih banyak aplikasi. Jangan khawatir karena Brand Manager dan Product Manager Vivo Indonesia bilang ke Genmuda.com kalo “kloning aplikasi” itu sah dan engga bikin ID kamu keblokir. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.