Selasa, 19 Januari 2021

Genmuda – Milih pakaian yang pas bisa jadi tugas mencekam bagi para cowok. Karena isi lemari didominasi baju-baju nongkrong, milih pakaian buat situasi dan kondisi lain jadi sulit, katakanlah pakaian semi formal untuk ke kampus yang nantinya juga bisa dipake kerja sekaligus kondangan.

Cowok gak mungkin mau ribet dan buang-buang tabungan demi hal sesepele milih baju. Kecuali, saat diwajibkan sama anak-anak cewek. Karena itu, beberapa cowok selalu terancam yang namanya salah kostum.

Sebenernya koleksi baju casual di lemari juga bisa berubah jadi outfit yang cocok buat berbagai kebutuhan. Di bawah ini, ada beberapa tips penting buat lo yang memegang prinsip time is money dan money is money.

1. Kaos polos

Pastikan kaos-kaos casual lo gak banyak motif. Kaos polos dengan bahan katun adalah pilihan paing cocok, terutama apabila bahannya relatif tebal. Jangan takut keringetan karena tempat nongkrong, kampus, dan kantor kan punya AC.

2. Long sleeves

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kaos atau sweater lengan panjang juga terbilang cocok dipake di segala kepentingan. Saat menghadiri acara non-formal, long sleevesnya gak perlu didobel sama kaos dalaman. Kalo di acara formal, lo bisa mendobelnya dengan kemeja di dalam, biar kerahnya keliatan keluar.

3. Turtle neck

Steve Jobs saat nunjukin iPhone generasi pertama di tahun 2007 (Sumber: theatlantic.com)

Lo mungkin kesulitan bikin ponsel canggih, desain kece, atau menyihir publik dengan public speaking yang baik layaknya Steve Jobs. Tapi, bukan berarti lo gak bisa niru gaya berpakaiannya. Siapin aja turtle neck hitam, bro.

4. Blazer warna gelap

©Genmuda.com/2017 TIM
Blazernya Kang Emil nih keren juga. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Outer formal ini penting banget dimiliki supaya lo siap pergi ke kondangan, sidang skripsi, dan lamar pekerjaan tanpa perlu ribet. Gak perlu pake kemeja pun, blazer mengubah kaos polos yang biasa dipake tidur terlihat profesional kayak CEO-CEO start-up kekinian.

5. Jeans warna gelap

via thecoolist.com
(Sumber: thecoolist.com)

Males pake celana bahan? Makanya, sedia jeans warna gelap. Orang lain gak bakalan sadar kalo lo pake bawahan jeans, kecuali dia emang melihat, meraba, dan menerawang celananya. *canda. Ya, sesimpel itu aja, kok!

6. Desert shoes atau sneakers

Kamu bisa pakai banyak baju dan sepatu yang berbeda

Punya dua-duanya bagus, punya salah satunya juga gak apa. Desert shoes adalah pengganti sepatu formal yang mengilap yang juga bisa dipake nongkrong. Sementara itu, sneakers bisa masih jadi favorit karena fungsinya yang banyak, baik untuk gaya atau juga mobilitas.

7. Jam tangan

via kiosjam.com
(Sumber: kiosjam.com)

Daripada pake gelang karet, Power Balance abal, atau gelang rajut yang warna serta baunya apek, mending pake jam tangan. Bukan begitu?

Kalo udah siap sedia tujuh benda di atas, lo pasti gak perlu ribet milih baju. Mau ke acara formal banget? Pake blazer. Mau ke acara semi formal? Pake lengan panjang. Pengen nongkrong santai, pake celana pendek juga bisa. Jadi, lo anak santai dengan gaya kayak gimana nih? Share #OOTD lo dong! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.