Selasa, 5 Juli 2022

Genmuda – Kemunculan teaser demo Switch, –konsol terbaru keluaran Nintendo langsung bikin netizen heboh, Kamis pagi (20/10) WIB. Engga cuma bisa dicolokin ke televisi rumah, konsol anyar itu juga bisa diubah jadi handheld console dan dimainin di mana aja.

Di Twitter, obrolan soal Nintendo langsung jadi tren di Jakarta. Berdasarkan statistiknya, ada sekitar 1,02 juta cuitan soal Nintendo pada Jumat pagi (21/10). Sementara itu, forum online seperti Kaskus dan 9gag juga langsung ngebahas konsol itu.

Berdasarkan keterangan dari pihak Nintendo, Nintendo Switch (NX) dirilisnya Maret 2017. Desainnya jelas udah jadi, tapi sekarang Nintendo lagi ngumpulin developer game yang bisa diajak kerja sama.

Sejauh ini, beberapa developer yang udah dideketin adalah Bethesda (dev. Skyrim dan Fallout), Capcom (dev. Resident Evil), Atlus (dev. Persona series), Ubisoft (dev. Assassin’s Creed), Square Enix (dev. Final Fantasy & Kingdom Hearts), juga CriWare (dev. Persona series). Konami dan SEGA yang udah jadi senior di dunia gaming juga dideketin.

Oke, developernya banyak. Terus, game di Nintendo Switch tuh apa aja?

via wired.com
Developer game yang lagi dilobi Nintendo. (Sumber: wired.com)

Developer yang tadi disebut tuh pengalaman bikin game dengan story-line keren, sob. Sejumlah game buatan mereka malah ada yang dapet predikat Game of The Year. Dengan kata lain game-game di NX berpotensi punya gameplay yang oke juga.

Berdasarkan video teaser NX, ‘The Legend of Zelda: Breath of the Wild’ bakalan rilis versi NX-nya. Selain itu, ada juga ‘Mario Kart 8’, ‘NBA Basketball’, ‘Super Mario’, ‘Splatoon’ sampai ‘Skyrim’ yang jadi game andalan Bethesda di PC. Gokil kan?

Game yang ‘makan’ performa VGA Card itu memungkinkan dimainin di konsol Nintendo karena NX dipasangi VGA Card keluaran Nvidia. “Perangkat grafisnya menggunakan teknologi yang sama dengan GeForce,” kata Nvidia. FYI, GeForce merupakan seri VGA Card paling canggih buat PC.

Nvidia turun tangan langsung

via wccftech.com
Nvidia GeForce GTX tuh ibarat #RelationShipGoals anak-anak PC. (Sumber: wccftech.com)

Bukan cuma merancang perangkat visual, Nvidia juga ikut ngembangin hampir semua elemen teknis NX. Misalnya aja, chip prosesor, algoritma, arsitektur komputer, desain sistem, software, mesin, dan peripherals alias kaset game beserta stiknya.

Ngomong-ngomong soal kaset, game-game NX dirancang buat tersimpan di sebuah kaset kecil yang bentuk dan ukurannya mirip banget SD-Card. Jadi kamu tetap bisa main dalam berbagai situasi meski jauh dari tv atau rumah.

Stiknya unik banget

via wired.com
(Sumber: wired.com)

Ada dua jenis stik NX yang bisa dimainin. Stik pertama bentuknya standar, kayak yang dimiliki PS4 atau Xbox. Sementara itu, ada stik kedua yang bener-bener unik dan ‘Nintendo banget.’

Namanya Joy-Con. Stik itu bisa dibelah dua dan jadi dua stik baru yang masing-masing berfungsi sendiri. Bisa juga dijadiin satu di layar bawaan NX hingga akhirnya jadi handheld console yang mirip PS Vita.

Masih belum cukup, stik ini juga bisa disatuin ke port utamanya sehingga menjadi Joy-Con utuh dan bertombol lengkap. Atas inovasi itu, NX langsung disebut sebagai ‘genuinely new’ oleh Forbes.com, Kamis (20/10) dini hari.

Well, itu dia info-info terkini yang bisa Genmuda.com rangkum seputar Nintendo Switch, alias NX. Kalo kamu masih penasaran, liat sendiri deh trailernya di bawah ini. Siapa tau bisa mulai nabung dari sekarang. He-he.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.