Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Lagi seru komen-komenan di salah satu postingan temen, tau-tau ada satu akun bernama (katakan saja) Adul ikut nimbrung. Kamu akhirnya timbrungin komennya Adulkarena mengira itu temen SMP kamu.

Tau-tau, temen kamu yang punya postingan ngejapri bilang, “Eh, lo kok kenal senior gue.” Sialnya, ternyata kamu salah orang. Apa yang bisa kamu lakukan buat menghindari Awkward Moment yang bakal dibahas mungkin sampai akhir jaman? Di bawah ini adalah trik mengelak dari situasi itu dan momen-momen lainnya.

1. Saat salah manggil orang, kamu perlu….

via giphy.com

Langsung minta maaf dan let it go. “Jangan dipanjang-panjangin atau dijadiin bahan becandaan karena awkward moment akan berlangsung makin panjang,” kata Caroline Tiger, penulis How to Behave: A Guide to Modern Manners for the Socially Challenged.

“Misalnya salah manggil nama orang berkali-kali dan orang itu berhubungan dekat, permohonan maaf yang tulus sangat dibutuhkan. Kalau perlu, traktir orang itu untuk cairkan suasana,” tambah Tiger.

2. Saat papasan sama orang tapi males nyapa, kamu perlu…

Jalan aja terus, belok ke toilet, atau tempat melarikan diri lainnya. Engga usah disapa pun engga apa-apa. “Kalau memang terpaksa berbincang karena dia orang penting, cobalah obrolkan hal-hal yang disukai,” tulis Leil Lowndes di How to Talk to Anyone.

3. Saat ketemu orang yang mukanya familiar tapi kamu lupa, kamu perlu…

via giphy.com

Perkenalkan diri dan beramah tamah. Misalnya gini, “Hai, saya Mamet basisnya band Taji dan Magi. Wajah kamu kayaknya familiar ya. Kita pernah ketemu di mana ya?” Abis itu, biarin orang itu ngejawab. Kalo pernah ketemu, langsung kenalan dan minta maaf karena lupa namanya. Kalo ternyata belum pernah ketemu, yaudah salah orang dan move on. Begitu kata Jodi R Smith, pimpinan konsultan etika Mannersmith seperti RealSimple.com.

4. Saat ketemu orang yang chat/teleponnya engga kamu bales, kamu perlu…

Langsung bilang lebih kurang kayak gini, “Nah, ini dia nih. Untung ketemu di sini jadi engga usah telepon/chat lagi.” Abis itu, lanjut ngomong hal yang tertunda. “Kalau semua sudah dibicarakan, langsung aja salaman dan say goodbye biar bisa move on ke kesibukan masing-masing,” kata Shannon Donnelly, penulis senior Palm Beach Daily News.

5. Sial. Orang yang paling engga jelas mulai ngajak ngomong. Kamu perlu…

via popsugar.com

Tarik satu atau dua orang lagi biar engga ngobrol beduaan doang. Donnelly bilang kalo obrolan yang boring bisa berubah jadi seru saat libatkan banyak orang. Selain itu, kamu bisa melipir hingga kabur ketika perhatian temen yang engga pernah jelas saat cerita itu teralihkan ke dua korban yang kamu tarik.

6. Saat digebet orang yang engga disuka, kamu perlu…

Jujur dan bilang dengan sopan kalo kamu engga bisa pacaran ataupun didekati. “Jangan pernah mengarang punya pacar sendiri atau mencari-cari alasan. Ketika kebohongan itu terungkap, dia bisa maju lagi makin pantang mundur,” tutur Lesley Carlin pada buku More Things You Need to Be Told.

7. Saat dateng kondangan sendirian, kamu perlu…

via gfycat.com

Engga usah lama-lama. Langsung aja salaman kepada yang punya pesta, makan-minum secukupnya, dan cabut. Sesimpel itu, gaes. Kecuali, kamu yakin dengan kemampuan sosial kamu dalam menggaet temen hingga gebetan baru. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.