Senin, 23 Mei 2022
Hiburan

Teater KataK Sukses Gelar Konser Musik Perdana, Penonton Bernostalgia Bersama

via Dok. Teater KataKAnak-anak Teater KataK lagi pentas "ENCORE: KataK's Highlight Concert" di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 11 Februari lalu. (Sumber: Dok. Teater KataK)

Genmuda – Ada yang beda dari pementasan Teater Katak di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta, 11 Februari lalu. Hari itu, mereka buktiin kepada dunia seni kalo mereka engga cuma jago berteater tapi juga menghelat pagelaran musik. Pementasan ke-48 itu digelar dalam bentuk konser bertajuk “ENCORE: KataK’s Highlight Concert.”

Sebanyak 26 kompilasi asli dibawain di konser itu. Semuanya merupakan nomor yang muncul pada pementasan “Perkawinan (Marriage)” karya Nikolai Gogol, “Dokter Gadungan (Le Medecin Malgre Lui)” karya Moliere, “Les Miserables” karya Victor Hugo, “Hamlet” karya Shakespeare, dan pastinya “The Three Musketeers” karya Alexandre Dumas.

Di antara lagu-lagu itu, ada juga yang merupakan nomor asli naskah original KataK, seperti soundtrack-nya “Apakah Cinta Sudah Mati (ACSM)” dan “Mustika Perkasa.” Bagi anak-anak Teater KataK, konser perdana itu jadi bentuk apresiasi ke seluruh fans dan keluarga besar KataK selama tujuh tahun berkarya.

“Kami ingin menyajikan kembali kisah pementasan terdahulu untuk mengobati kerinduan penonton setia, sekaligus mengisahkan kembali ceritanya melalui iringan musik dan suara merdu,” tutur keterangan pers Teater KataK yang Genmuda.com terima, Senin sore (20/2).

Peralatannya lengkap

Dok. Teater KataK
(Sumber: Dok. Teater KataK)

Konser itu digelar layaknya mereka menggelar teater. Ada kru properti dan kostum yang khusus mengurus tata rias penampil. Para musisi dipasangin pakaian formal/semi-formal, terkadang juga mengenakan dasi kupu-kupu. Suasananya terasa seperti di Broadway, Amerika Serikat.

Permainan drum, gitar, dan bass mereka melantun harmonis sama alunan saxophone, keyboard, dan biola. Paduan alat musiknya bikin konser serasa pentas jazz di New Orleans Jazz & Heritage Festival.

Sementara pemain instrumen dan penyanyi bermusik, para penari latar tampilkan gerakan modern-kontemporer dengan kostum tematis. Pencahayaan dan tata panggung yang pas bikin konser perdana mereka makin nagih.

Dapet bantuan

Dok. Teater KataK
Selain musik, ada juga aksi koreografi tari ala KataK. (Sumber: Dok. Teater KataK)

“ENCORE: KataK’s Highlight Concert” bisa berlangsung juga karena bantuan anak-anak Reverb Band, Tunecraft, Serenity Dance Club, dan Teater Cassava SMA Ricci Jakarta, baik di atas panggung atau sebagai kru pendukung acara.

Anak-anak Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pun patut diberi applause karena setia ramaikan pentas teater sejak penampilan pertama bertahun-tahun lalu. FYI, Teater KataK tuh awalnya merupakan komunitas teater kampus tersebut yang sekarang berdiri sebagai organisasi mandiri.

Karena aspirasi penonton sangat positif, mereka pengen lagi bikin ENCORE-ENCORE selanjutnya. Waktu dan tempat pelaksanaannya belom ditentuin, tapi mereka udah nyiapin pementasan ke-49 yang berjudul “Cleopatra.” Apakah kisahnya bakalan mirip seperti yang tertulis di Sejarah Mesir ataukah mereka tambahin banyolan khas KataK? Kita lihat nanti. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.