Sabtu, 26 September 2020

Genmuda – Baik datang dari tempat kerja atau dari orangtua, THR selalu jadi pendapatan tambahan yang ditunggu banyak orang. Soalnya, uang yang diistilahkan ‘gaji ketiga belas’ ini bisa bikin kita merasa lebih tajir (saat nerimanya).

Sayangnya, engga semuanya paham cara mengelola THR dengan baik, apa lagi kalo baru pertama kali mendapatkannya. Genmuda.com kembali melakukan eksperimen dibantu oleh Kawan Muda. Kasusnya sih simpel, “Kira-kira setelah dapet THR uangnya enak dipake buat apa ya…” Berikut ini adalah jawaban 10 mereka. Silakan disimak dan dipelajari biar tetep kaya. He-he.

1. Irani Tejaning (mahasiswi)

irani
(Sumber: dok. Irani)

Kalo dapet uang Lebaran, Irani bilang bakal menggunakannya buat mentraktir keluarga. “Traktirnya engga perlu yang mewah. Jajanin jagung bakar atau yoghurt yang kece di Bandung itu aja udah cukup buat gue,” Sisa duit THR itu kemudian bakal doi pakai buat nabung. “Kalo ada keperluan mendadak, bisa juga pakai uang lebaran.”

2. Asri Primadianti (mahasiswi)

asri riri
(Sumber: dok. Asri)

Mahasiswi yang lagi ngelanjutin studi di Tiongkok ini bakal gabungin uang Lebaran dari orangtuanya dengan uang jajan doi buat dizakatkan. “Kita harus inget kalo sebagian dari uang kita ada hak buat orang lain, jadi itu perlu dikeluarin dulu,” kata cewek yang akrab dipanggil Riri ini. Setelah itu, orang terdekat sebaiknya dikasih duit Lebaran juga. “Kalo dua hal itu udah dilakukan, baru foya-foya buat diri sendiri,” kata Riri. Doi sih bilang juga pengen belanja tiket balik ke Chengdu, Tiongkok.

3. Silatomo Panji (pegawai swasta yang udah sukses)

sila
(Sumber: dok. Silatomo)

Cowok macho yang baru banget nikah ini bakal bagi-bagi duit Lebaran buat orang tua, keponakan, dan anak-anak tetangga. Kalo ada sisanya, barulah doi tabungin. “Bukan apa-apa. Biar berkah aja rezeki yang gua dapet,” ungkapnya tanpa banyak basa-basi.

4. Talita Yakin Putri (arsitek go internasional)

talita
(Sumber: dok. Talita)

Hal pertama yang disebut Talita adalah nabung. Cewek yang udah menangin sejumlah lomba arsitektur internasional ini lagi pengen banget jalan-jalan ke Jepang atau negeri lain. “Buat gue, itu penting karena bisa mempelajari banyak hal. Terus, gue juga bisa dapet sudut pandang dan inspirasi baru buat menyikapi permasalahan yang dihadapi sehari-hari,” kata doi. Tapi, sebelum jalan doi bakal nyisihkan sebagian buat sedekah.

5. Firdha Widyantari (pendaki yang nyamar jadi pegawai pemerintah)

wewe
(Sumber: dok. Firdha)

Seperti halnya talita, cewek jangkung ini bakal nabungin uang THRnya. “Tahun ini engga ada kebutuhan yang mengharuskan gue buat belanjain THR,” kata doi sesimpel itu. Doi menyarankan Kawan Muda buat engga terbakar nafsu dan beli ini-itu. “Kalo uangnya mau dipake, mending kasih keluarga atau ditabung. Wajib banget ditabung,” kata doi.

6. Kharisma Tauhid (tukang neliti)

moy
(Sumber: dok. Kharisma)

Peneliti yang satu ini punya rencana lain. Doi bakal mengalokasikan uang THR buat nabung, investasi, ngasih keluarga, renovasi rumah, dan buat diri sendiri. “Aliran dan investasinya juga bakal dibagi dua. Yang satu untuk investasi tanam modal, satu untuk investasi pengembangan diri,” Sementara untuk diri sendiri, doi bakal beli helm baru. “Kalo engga bijak ngatur uang Lebaran, nanti hanya akan menguap dan sia-sia. Apa lagi kalo dapet THR-nya dikit!,” kata doi.

7. Mega Janis (entrepreneur)

mega
(Sumber: dok. Mega)

Buat Mega, uang THR tuh sepatutnya dijadikan tambahan modal investasi. “Tahun ini kebutuhannya memang sedang ngembangin usaha. Kalo duitnya dipakai buat jalan-jalan sayang aja karena bukan prioritas tahun ini,” kata doi. Cewek ini emang sedang gerak buat bikin usaha minuman susu kekinian yang lagi digandrungi anak muda.

8. Harini Ratna (wirausahawati)

harini ratna
(Sumber: dok. Ratna)

Seperti halnya Mega, Ratna juga bakal gunain uang THR buat berinvestasi. “Kalo langsung dipakai kan sayang. Habis engga ada jejaknya. Sementara investasi tuh bagus buat masa depan,” kata doi. Tahun ini, uang lebarannya emang bakal doi pakai buat modalin usaha hijab barunya. Well, kita doain aja semoga sukses.

Meski delapan Kawan Muda itu punya rencana masing-masing buat memakai uang THR mereka, ada satu ‘benang merah’ yang terlihat dari jawaban mereka, yakni kamu perlu atur skala prioritas kamu sebelum menggunakan uang THR. Kalo emang kamu butuh, kamu tinggal pake. Kalo belum butuh, sebaiknya ditabung. That’s it. Yang udah dapet THR bagi-bagi dong ke Genmuda.com. *canda (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.