Sabtu, 16 Januari 2021

Genmuda – Di tengah pandemi dan kehidupan new normal anak muda gak cuma harus menyesuaikan barang bawaan buat perpergian, tapi juga kondisi fisik yang selalu fit. Meski kelihatan sepele tapi sekarang adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Gak harus yang berat-berat kok gengs, seenggaknya lo bisa menjaga imunitas dengan pencernaan yang sehat.

Gangguan pencernaan secara langsung dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga bisa berakibat fatal kalo engga mendapat penanganan yang tepat. Nah, tanpa banyak anak muda sadari sebenarnya banyak banget aktivitas dan kebiasaan mereka yang bikin masalah gangguan penceraan hingga sulit BAB. Kayak gini contonya!

1. Makanan junk food

Kandungan junk food jelas berisiko untuk kesehatan usus lo. Hasilnya sisa zat berbahaya bagi tubuh gak bisa dibuang secara alami. Selain berisiko menimbun berbagai penyakit kronis di masa depan makanan junk food secara engga langsung dapat membuat lo sulit untuk BAB. Makanya banyak dokter dan pakar kesehatan lebih menganjurkan kita mengonsumsi sayuran alami, buah-buahan, dan banyak minum air putih.

2. Stres

Tanpa disadari anak muda, gangguan psikologis atau stres berlebih dapat mengganggu pencernaan loh. Kata Dr. Askhan Farhadi, gastroenterolog asal California, saat seseorang stres saluran pencernaannya akan mengalami kejang hingga mengakibatkan diare.

3. Menunda-nunda BAB

Percaya deh, segala sesuatu yang ditunda-tunda dari waktu alaminya bakal mengakibatkan efek jangka panjang yang lebih berbahaya, termasuk panggilan alam buat buang air besar. Tubuh lo selalu punya waktu dan siklusnya sendiri secara rutin untuk BAB. Jadi saat panggilan alam tersebut lo tunda, itu sama dengan menunda membuang sampah di depan rumah. Bahaya dari kebiasaan ini bisa menimbulkan konstipasi dimana tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan dari anus.

4. Jarang minum dan makan makanan berserat

Masih berkaitan dengan poin pertama, pola makan seimbang jelas mempengaruhi kesehatan penceranaan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan antara lain dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur, menjaga hidrasi dengan minum air minimal 2 liter per hari, membatasi makanan berkadar lemak tinggi, dan membiasakan untuk makan sesuai jadwal.

Kawan Muda juga bisa mengakali kebutuhan tersebut dengan rutin mengonsumsi yogurt yang kaya akan protein A2. Menurut Anton Budiharjo, Marketing Manager KIN, dalam pengenalan terbaru KIN Fresh Yoghurt, kandungan protein A2 dapat membantu tubuh melindungi pencernaan agar dapat bekerja optimal, serta menjamin asupan nutrisi harian penting dalam memelihara daya tahan tubuh untuk mereka yang berjiwa muda, aktif dan dinamis.

(Sumber: KIN)

“Selain mengandung Protein A2, KIN Fresh Yogurt juga diperkaya dengan kalsium dan Vitamin A, B2, dan D, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang membantu menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Tanpa mengandung pemanis buatan, KIN Fresh Yogurt hadir dalam tiga varian rasa yang terbuat dari buah pilihan yang menyegarkan, yaitu Strawberry, Blueberry dan Tropical Fruits. KIN Fresh Yogurt diproduksi dengan teknologi modern aseptic cold filling yang pertama di Industri Yogurt di Indonesia, sehingga memiliki kualitas tinggi tanpa bahan pengawet.” tambah Irfan Handeputra, selaku Brand Manager KIN.

Namun perlu diingat jika Kawan Muda sudah mulai mengurangi kebiasaan di atas dan masih mengalami susah BAB segara kunjungi dokter ya. (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.