Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Ngomongin soal nahan pipis, banyak di antara kamu pasti udah engga asing lagi, bahkan sering banget ngelakuin hal tersebut. Padahal, nahan pipis itu sama sekali engga baik buat kesehatan kamu loh, Kawan Muda.

Dari pas masih bocah sampai sekarang pas udah akil balik, kamu pasti udah sering banget diingetin sama ortu kamu buat engga nahan pipis. Terlepas dari itu, engga bisa diungkiri pula kalo kemungkinan buat nahan pipis bakal selalu ada, entah karena kamu mager, lagi ada hal penting yang dikerjaan, lagi di tengah jalanan macet, atau kondisinya emang lagi engga ada toilet bersih di sekitar kamu.

Lantas, sebetulnya sebahaya apa sih nahan pipis buat kesehatan? Well, sebelum ngebahas hal itu lebih jauh, satu hal yang perlu kamu tau adalah kandung kemih kamu dirancang buat nahan maksimal 15 ons urin alias hampir dua gelas urin. Kalo lebih dari itu dan kamu maksain ngebiasain diri buat terus-terusan nahan pipis, barulah kamu bakal ngerasain efek sampingnya yang berbahaya, kayak 5 contoh berikut ini:

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya bakteri. Bakteri tersebut seharusnya bisa keluar dari tubuh kamu saat kamu pipis. Dengan demikian, kalo kamu nahan pipis, bakteri tersebut juga bakal tetap berada di saluran kemih kamu dan ngakibatin infeksi pada uretra dan kandung kemih kamu.

2. Batu ginjal

via: Metro.co.uk

Selain bisa bikin bakteri jadi makin banyak dan nimbulin infeksi, nahan pipis juga bisa bikin racun dan mineral jadi menumpuk seiring berjalannya waktu dan kemudian ngekristal jadi batu. Batu ginjal yang cukup besar biasanya harus dikeluarin dengan jalan operasi, sedangkan batu ginjal yang kecil justru bisa keluar lewat uretra saat kamu pipis. Ingat, BAB biasa aja kadang bisa sakit, apalagi kencing batu?

3. Cystitis

Cystitis merupakan inflamasi atau peradangan pada kandung kemih. Ini biasanya lebih sering dialami oleh cewek. Gejalanya hampir mirip sama infeksi saluran kemih, yaitu sakit pas pipis, pengen pipis lebih sering, dan demam ringan. Coba deh periksa ke dokter kalo kamu udah mulai ngalamin gejala-gejala semacam itu. Kalo engga ditanganin, ini bisa ngakibatin infeksi ginjal.

4. Pipis lebih sering

anigif_enhanced-buzz-15761-1365545781-3

Satu efek samping yang cukup unik dari nahan pipis adalah kamu justru bakal pengen pipis lebih sering. Ini terjadi karena saat kamu terlalu lama nahan pipis, hal itu bakal ngelemahin sfingter uretra kamu, yang merupakan otot terluar yang ngendaliin urin kamu. Ketimbang langsung pipis sekaligus, kamu pun akhirnya malah jadi lebih rentan buat pipis sedikit tapi berkali-kali di sepanjang hari. Bahkan, hal tersebut bisa aja terjadi secara engga sengaja, karena dipicu rangsangan kayak batuk atau lompat.

5. Bertemu Yang Kuasa

Yup, nahan pipis bisa bikin kamu meninggal, Kawan Muda! Hal ini bahkan udah terjadi dari dulu banget, dengan contoh kasusnya adalah seorang bangsawan dan astronom Denmark bernama Tycho Brahe. Lebih tepatnya, beliau meninggal gara-gara ngalamin uremia, yang merupakan keadaan toksik yang disebabin oleh gagal ginjal. Uremia terjadi saat fungsi ginjal engga bisa ngebuang urea keluar dari tubuh. Kamu tentu engga pengen  ngalamin hal serupa’kan? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer