Senin, 23 Mei 2022

Genmuda – Force. Sebuah kekuatan magis yang mengalir bebas, mengendap, dan dimanfaatin dalam pengisahan “Star Wars.” Ketika orang pengen bilang “hati-hati di jalan,” “Semoga sukses,” atau “Semangat!” yang diucap adalah “may the force be with you” (Semoga force selalu bersamamu).

Lama-lama, semua fans film dan buku karya Lucas Film itu mempelesetin frasa tadi jadi “May the 4th be with you.” Terjemahan Bahasa Indonesianya adalah “Semoga 4 Mei bersama kamu.” Sejak saat itulah, tanggal 4 Mei secara gak resmi jadi Hari Star Wars sedunia.

Kalimat pelesetannya udah dipakai sejak 4 Mei 1979. Tepat di tanggal itu, Margaret Thatcher diangkat jadi Perdana Menteri Inggris dan media-media lokal pada ngomong “May the 4th be with you, Maggie.” Tahun 2015, astronot seluruh dunia yang lagi tugas di International Space Station mengadakan nobar semua film “Star Wars.”

Berlangsung 2 hari

Kehadiran Darth Vader dan Stormtroopers di ‘May the 4th Hospital Visit’ di RSCM, Rabu (4/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Liki)

Bagi fanboy/girl, Hari Star Wars sedunia engga berlangsung tanggal 4 tapi juga dipanjangin sampai besoknya. Kenapa? Karena 5 Mei adalah “Revenge of the Fifth.” Istilahnya lahir (lagi-lagi) dari pelesetan di film “Star Wars” yang judulnya “Revenge of the Sith” (2005).

Makanya, acara peringatan harinya para nerd dan geek ini juga berlangsung lama meski engga semua orang tau “Star Wars” dan ngerayain hari besarnya. Meski begitu, kemeriahan festivalnya tetep terasa, bahkan sampai menular ke lembaga-lembaga pemerintahan negara tetangga. Kayak apa ya? Liat aja di bawah ini.

1. DPR-nya Australia ngasih selamat

Sedikit latar belakang buat yang belom tau. Dikisahkan, tiap ras di galaksi nun jauh di sana dalam film “Star Wars” hidup di bawah satu pemerintahan. Masing-masing planet dan kelompok ras punya perwakilan di sebuah Senat Galaksi.

Meski begitu, senat ini pada akhirnya dibubarin paksa ketika Palpatine mengkudeta pemerintahan, mengubah sistem demokrasi perwakilan jadi kekaisaran tiran.

2. Bandara Sydney

Bandara Sydney aja ngucapin selamat hari Star Wars, tuh.

3. Perpus Daerah New South Wales

Karena perpustakaan umumnya jadi tempat belajar, Perpus New South Wales, Australia tampilin mainan Yoda, makhluk hijau yang jadi gurunya Luke Skywalker waktu lagi belajar caranya mengelola force dengan baik.

4. R U OK

R U OK (baca: are you ok?) adalah sebuah LSM yang tujuannya mengurangi jumlah kasus bunuh diri di Australia. Buat mencegah orang hilang akal, mereka menganjurkan supaya sesama teman tuh harus saling peduli dan nanya kabar. Gampangnya, dengan ngomong, are you ok? Lalu, kenapa tulisan R U OK pada meme mereka dibalik jadi OK R U? Yah, karena si Yoda emang ngomongnya suka membalik-balik susunan kalimat.

4. AGResearch

Anak-anak AG Research, pusat riset agrikultur Selandia Baru emang kreatif. Mereka mempelesetkan lagi ucapan yang munculnya jadi pelesetan. FYI, “ewe” itu adalah Bahasa Inggrisnya biri-biri betina.

5. Departemen Pariwisata Irlandia

Irlandia unjuk gigi! Akhirnya, kita semua tau di mana lokasi syuting “Star Wars: The Last Jedi” yang tayang Desember 2017.

6. NY Philharmonic

Nonton bareng semua film “Star Wars” sih standar. Nonton bareng semua film “Star Wars” sambil diiringi orkestra New York Philharmonic secara live baru epik. Tunggu update selanjutnya ya kalo mau liat foto-foto serunya acara ini.

7. Sandiego Beer House

Sementara orang NY bikin acara “borjuis” buat rayain Hari Star Wars, anak-anak San Diego punya cara yang lebih “merakyat.” Merakyatnya buat orang sana, sih bukan buat orang Indonesia karena mereka mengadakan nobar sambil pesta bir.

8. Duel Piano di San Diego

Star Wars identik dengan duel, begitu pula dengan Bar The Shout House San Diego. Bedanya, tarung face to face di film “Star Wars” berlangsung pakai light saber, di bar Rock n Roll itu berlangsung lewat piano. Maka, tepat di Hari Star Wars, barnya ngadain lomba duel piano dengan tema Star Wars. Lucu juga.

9. Singapura

via straittimes.com
Supertrees di Gardens by the Bay mau dijadiin light saber. (Sumber: straittimes.com).

Negara mungil di Asia Tenggara ini emang terkenal mewah kalo bikin acara. Tahun ini aja, Disney berjanji kerjasama dengan pengelola Gardens by the Bay dan mau mengubah pohon-pohon buatan di sana jadi Light Saber raksasa.

10. Taipei

Peringatan Hari Star Wars di Taipei berlangsung di teater nasional sana. Ratusan warga cosplay, bawa umbul-umbul, dan properti Star Wars sambil nobar filmnya dari episode 1 hingga episode 7.

Kalo kamu masih penasaran sama kemeriahan perayaan ini, pantengin terus Genmuda.com karena pasti bakal diupdate terus. Jadi, “may the 4th be with you,” gaes! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.