Jum'at, 24 September 2021

Genmuda – Kalo ada satu kegiatan yang engga boleh kamu lewatin setiap kali mandi, abis makan, atau mau tidur, maka itu (seharusnya) adalah ngegosok gigi. Sayangnya, walau udah ngelakuin seumur hidup, banyak di antara kamu mungkin masih belum tau gimana cara gosok gigi yang baik dan benar.

Sama kayak keramas, gosok gigi sebetulnya juga bukan kegiatan yang bisa kamu lakuin dengan seenaknya. Dengan kata lain, gosok gigi bukan cuma sekedar ngegunain sikat gigi yang udah dikasih odol, lanjut kumur-kumur, dan abis itu ya udah selesai. Kalo kamu mikirnya kayak gitu, ya kamu engga usah heran kalo kamu masih suka sakit gigi atau gigi kamu engga bisa putih kayak model di iklan odol.

So, kalo kamu khawatir akan kesehatan gigi dan mulut kamu, ada beberapa hal nih yang harus kamu perhatiin, Kawan Muda. Sebagian hal tersebut mungkin terkesan sepele, tapi efeknya bakal berasa banget di kemudian hari. Berikut ini adalah 5 kesalahan saat ngegosok gigi dan cara ngehindarinnya:

1. Gosok gigi cuma sebentar

via Grolsch

Berapa lama waktu yang kamu butuhin buat gosok gigi? 10 detik, 30 detik, atau lebih dari itu? FYI, sebuah survei British Dental Health Foundation di tahun 2010 nemuin bahwa orang-orang rata-rata cuma ngabisin waktu 45 detik buat gosok gigi. Padahal, waktu yang direkomendasiin buat gosok gigi adalah 2 menit.

2. Kurangnya kandungan fluoride pada odol

JSYK, fluoride merupakan kandungan penting pada odol yang ngebantu ngejaga gigi kamu tetap bersih dan nyegah kerusakan gigi. Odol tertentu, khususnya odol anak-anak, biasanya punya kandungan fluoride yang lebih sedikit. Namun demikian, orang dewasa disaranin buat gosok gigi seengganya dua kali sehari dengan odol yang punya kandungan fluoride sebanyak 1350-1500ppm.

3. Gosok gigi kekencengan

via metro.co.uk

Ngegosok gigi secara menyeluruh sampai ke bagian yang sulit dijangkau emang penting. Tapi, kalo kamu ngegosok giginya terlalu napsu, yang ada kamu malah bakal ngerusak jaringan lunak pada gusi. Biasain ngegosok gigi dengan gerakan ngelingkar yang lembut dan singkat serta perhatiin garis gusi kamu. Selain itu, bersihin gigi bagian luar dulu, lalu bagian dalam, dan akhiri dengan bagian geraham.

4. Kumur-kumur abis gosok gigi

Iya sih kamu emang udah kelar gosok gigi. Meski begitu, bukan berarti fluoride di odol kamu udah kelar ngebersihin dan ngelindungin gigi kamu. Oleh karena itu, sebisa mungkin coba deh hindari berkumur dengan air setelah gosok gigi buat ngejaga konsentrasi fluoride tersebut. Dengan kata lain, semburin aja sisa-sisa odol dari mulut kamu, tapi jangan dibilas lagi.

5. Langsung gosok gigi segera setelah makan

via giphy.com

Gosok gigi buat ngebersihin sisa-sisa makan emang engga salah. Yang salah itu adalah kalo kamu terlalu terburu-buru dan ngegosok giginya benar-benar tepat setelah kamu makan. Apalagi kalo kamu abis ngekonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula dan asam yang tinggi kayak buah jeruk dan kawan-kawannya, kamu justru bakal berisiko ngerusak enamel penting yang ngelindungin gigi kamu. So, minimal tunggu dulu aja sekitar satu jam setelah makan sebelum kamu ngegosok gigi. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer