Jum'at, 19 April 2024

Genmuda – Menahan makan, minum, dan hawa nafsu dalam berpuasa aja sebenernya engga cukup. Ibarat main game, tiga larangan itu cuma misi dasar sementara banyak misi lain yang perlu dituntaskan supaya puasanya sempurna 100%.

Kalo misi tambahan itu gak dilakuin, puasa kehilangan pahalanya. Males juga kan cuma dapet lapar dan haus setelah seharian berjuang mati-matian. Oleh karena itu, banyak orang berbuat baik, menyumbang, dan lakuin beribadah tambahan demi dapat pahala yang berlipat ganda.

Tapi, gak jarang juga yang tanpa disadari ngelakuin hal terlarang sehingga semua amalan baiknya sepanjang hari hangus sia-sia. Kira-kira, apa aja ya perbuatan yang tergolong perusak pahala puasa? Simak di bawah ini, yuk.

1. Korek kuping

via YouTube.com
(Sumber: YouTube.com)

Ada sumber yang bilang kalo mengorek kuping tuh gak batalin puasa karena bukan termasuk makan, minum, dan hawa nafsu. Tapi, ada juga yang bilang batal karena memasukkan benda ke dalam lubang-lubang di tubuh tuh salah satu kelakuan yang batalin puasa. Jalan tengahnya, satu sumber bilang kalo mengorek kuping bisa batalin puasa hanya jika mengoreknya hingga nembus ke gendang telinga.

2. Mengorek hidung

via: Ask.fm
(Sumber: Istimewa)

Mengorek hidung (ngupil) juga sering diperdebatkan. Ada yang bilang ngupil tuh batalin puasa, ada yang bilang gak. Seperti mengorek kuping, kasus yang satu ini juga ada jalan tengahnya. Mengupil bisa merusak puasa kalo dilakuin tanpa ada manfaatnya dan bikin puasa batal kalo ngupilnya terlalu dalam.

3. Berbohong

via cosmopolitan.co.uk
(Sumber: cosmopolitan.co.uk)

Pahala puasa bakal hangus meski ngibulnya sedikit. Misalnya, saat bilang gak pernah bolong tarawih padahal di hari pertama aja udah madol. Bohong kecil aja ngilangin pahala puasa, apalagi yang besar. Bisa-bisa nambah dosa kali.

4. Ngomel

Hawa nafsu yang harus ditahan bukan cuma yang berhubungan sama selangkangan loh, gaes. Emosi juga harus ditahan. Meski marah gak ngebatalin puasa, tapi pahala kamu hangus kebakar emosi. Jadi, kurang-kurangin deh mengumpat dan ngomong ngegas.

5. Bertindak bodoh

(Sumber: Youtube)

Bertindak bodohnya kayak apa sih? Banyak banget. Misalnya, bikin prank, konyol-konyolan demi medsos, atau perang komentar di dunia maya yang gak jelas sebab akibatnya.

6. Ngomongin orang

via positivechick.com
(Sumber: Istimewa)

Bergosip di hari biasa aja udah gak boleh, apa lagi bergosip pas berpuasa. Kalo udah berbuka, silakan deh ngomongin orang sampai mulut berbusa juga gak ada yang ngelarang. Etapi itu tetep aja dosa ya.

7. Keras hati

via: Google
Pacarnya minta maaf tapi dia gak mau maafin. Itu keras hati. (Sumber: Istimewa)

Keras hati tuh kayak gimana sih? Ngotot tuh contoh keras hati yang paling hakiki. Ketika kamu lagi diskusi tapi engga mau dengerin pendapat orang lain tuh yang namanya keras hati. Hati-hati ya buat kamu yang puasa masih harus berorganisasi.

8. Kebanyakan bengong

via hgabmag.com
Bengong mulu. Awas kesurupan. (Sumber: hgabmag.com)

Kenapa kebanyakan bengong merusak puasa? Karena bengong sama aja dengan ngelakuin hal yang sia-sia. Udah gitu, bayangan yang jorok-jorok bisa muncul ketika bengong.

FYI, Kelakuan yang nomor 3-8 berasal dari pendapat ulama yang Genmuda.com rangkum, gaes. Jadi, jagalah hati dan perbuatan ya selama berpuasa. Menurut kamu, kelakuan sepele apa lagi nih yang ngerusak pahala puasa? Share komentar kamu di bawah dong biar bisa sama-sama nambah pahala di bulan puasa. *asik (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.