Sabtu, 31 Oktober 2020

Genmuda – Rizal Djibran, Fachri Albar, Roro Fitria, Dhawiya Zaida, dan Jennifer Dun perpanjang daftar seleb Indonesia yang terjerat narkoba. Itu baru dalam dua bulan terakhir. Gawat abis.

Penyalahgunaan zat adiktif di kalangan seleb dari lama terjadi. Kalangan artis yang pernah ketangkep bilang, narkoba ngasih mereka tenaga dan daya tahan hadapi tuntutan profesi dan jam kerja dunia hiburan yang gak habis-habis.

Menyikapi pendapat itu, Polres Metro Jakarta Selatan bikin semacam program tanggung jawab sosial yang meminta para pelaku untuk berhenti jadi artis bila ketahuan pake narkoba.

Programnya disambut sama kalangan artis yang mendeklarasikan diri bebas dari zat perusak tubuh yang bikin ketagihan itu, 22 Februari lalu. Genmuda.com mengapresiasi mereka yang janji gak pakai narkoba dan pengen sepenuhnya bebas kayak 25 tokoh ini:

15. Slash

va alternativenation.net
(Sumber: alternativenation.net)

Pada masa “Live and Let Die,” semua anggota band Guns N Roses disinyalir ketagihan zat adiktif. Salah satu yang paling tenar adalah Slash. Tahun 2001, gitaris yang tenar karena pilihan nada (bukan kecepatan main gitarnya) itu sakit jantung.

Setelah disemangati cewek yang menjalin hubungan asmara dengannya, Slash akhirnya tobat. Kini, doi dinyatakan bebas dari narkoba dan zat adiktif berbahaya.

14. Eric Clapton

via metro.co.uk
(Sumber: metro.co.uk)

Saking ketagihan heroin, Eric Clapton konstan mengonsumsinya. Bisa dibilang, doi berkegiatan sehari-hari dalam keadaan “teler” daripada sadar sepenuhnya. Saking telernya, doi pernah pingsan di atas panggung konser.

Teman-temannya mengaku miris sama kondisinya. Gitaris band The Who, Pete Townshend akhirnya membujuk Clapton supaya tobat. Setelah dinyatakan bebas narkoba, keduanya bangun Crossroad, –sebuah pusat rehabilitasi narkoba dan alkohol.

13. Brian Welch

via wikimedia
(Sumber: wikimedia)

Cowok bertampang sangar ini hidup bergelimang uang dan narkoba saat sukses bawa band Korn peroleh plakat platinum dalam penjualan albumnya. Vokalis itu ketagihan banyak zat adiktif, seperti alkohol, pil tidur, dan Xanax. Saat masuk Kristen tahun 2005, doi tobat dan merehabilitasi diri.

12. Oprah Winfrey

via psychologies.co.uk
(Sumber: psychologies.co.uk)

Tahun 1980-an, jauh sebelum Oprah jadi presenter dan simbol harapan, doi adalah pengonsumsi kokain. Kini, doi sukses merehabilitasi diri dan dinyatakan bebas sepenuhnya dari narkoba.

11. Eminem

via NME.com
(Sumber: NME.com)

Eminem sang “Dewa Rap” juga sempat tersandung kasus narkoba. Setelah dibujuk teman sesama musisinya, Elton John sekitar 2001, doi berhenti memakai. Ironisnya, Elton John tuh termasuk salah satu musisi pengonsumsi narkoba juga, loh.

10. Steven Tyler

via usmagazine.com
(Sumber: usmagazine.com)

Sejak SMA, vokalis Aerosmith ini udah ketagihan narkoba. Akibatnya, doi gak fokus bersekolah, susah menikmati kesuksesan band, sehingga mustahil menjalih hubungan serius lantaran lebih sering teler daripada sadar. Tahun 1986 doi dan anak-anak bandnya sepakat ikut rehabilitasi.

9. Sanjay Dutt

via hindustantimes.com
(Sumber: hindustantimes.com)

Aktor yang telah tampil di lebih dari 100 film Bollywood ini mulai mengonsumsi narkoba setelah nyokap meninggal karena kanker, sekitar 1982. Doi dihukum lima bulan karena memiliki narkoba, lalu dikirim ke panti rehabilitasi di Amerika Serikat oleh keluarganya.

8. Robert Downey Jr

(Sumber: Marvel)

Kelakuan aktor Iron-Man pun merupakan pengguna berat narkoba. Saking ketagihannya, doi sampe dianggap menyusahkan, nyebelin, egois, dan dihindari oleh orang-orang filmnya. Salah satu project film bahkan sampe memutus kontrak doi. Untunglah doi ikut rehabilitasi hingga bersih.

7. Samuel Jackson

via boundingintoncomics.com
(Sumber: boundingintocomics.com)

Aktor yang berperan sebagai Nick Fury, superhero seniornya Iron-Man ini lebih parah. Jackson berkali-kali masuk rehab karena heroin, tapi selalu berhasil kabur dan ketagihan lagi.

Pada project film “Jungle Fever” (1991), doi berperan jadi pemuda ketagihan narkoba yang kemudian bernasib nahas. Peran itu bikin doi sadar hingga akhirnya ikut rehabilitasi sampai tuntas dan dinyatakan bebas narkoba.

6. Angelina Jolie

(Sumber: Istimewa)

Angelina Jolie mengakui kalo doi pemakai segala jenis narkoba. Setelah tunangan sama Brad Pitt, doi tobat. Supaya apa? Supaya bisa menjalin keluarga meski akhirnya kandas juga.

5. Ozzy Osbourne

via sofa-king-cool-magazine.com
(Sumber: sofa-king-cool-magazine.com)

Kayak anak-anak band di AS, Ozzy Osbourne pun pecandu narkoba. Namun, doi merupakan pecandu berat yang telernya begitu menyusahkan sehingga anak-anak bandnya memecat doi. Pada akhirnya, doi berhenti memakai narkoba dan minum alkohol.

4. Britney Spears

via tn.com.ar
(Sumber: tn.com.ar)

Mantan diva pop AS yang pernah jadi cem-ceman semua cowok penonton MTV ini ketahuan menyalahgunakan narkoba dan minuman keras. Sepanjang era 2000-an, doi bolak-balik ikut rehabilitasi dan sekarang dinyatakan bebas.

3. Demi Lovato

via wbnq.com
(Sumber: wbnq.com)

Tahun 2010, Demi Lovato ikut rehabilitasi untuk menyetop kebiasaan menyakiti diri , ketagihan alkohol, serta penyalahgunaan berbagai narkoba. Sekarang, doi bebas narkoba dan menjalani hidup sehat berolahraga.

2. Daniel Radcliffe

via pramborsfm.com
(Sumber: pramborsfm.com)

Ya. Pemeran Harry Potter ini pun sempat “tergelincir.” Doi mengaku kecanduan minuman beralkohol di antara kesibukannya syuting rangkaian film “Harry Potter” (2001-2011). Setelah itu, doi berhenti minum-minum dan jalani kehidupan jauh dari kebiasaan negatif Hollywood.

1. Roger Danuarta

via kumparan.com
(Sumber: kumparan.com)

Dalam sidang dakwaannya sekitar 2014, Roger mengaku mengonsumsi narkoba sejak masih SMA. Aktor kelahiran 1981 itu pun harus menjalani rehabilitasi.

Buat mereka yang katanya udah bebas dari narkoba, semoga gak balik lagi, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.