Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Pernah ngalamin maslah kembung dan buang-buang angin alias kentut setelah makan makanan tertentu? Tenang, kamu engga sendirian kok. Kita semua pasti pernah ngalamin hal yang sama.

Selain karena “faktor alam”, kembung dan kentut-kentut ini juga bisa disebabkan karena makanan yang kita konsumsi Kawan Muda. Dan engga cuma makanan-makanan engga sehat aja yang bikin perut kita bermasalah, bahkan makanan-makanan yang berbahan dasar alami aja juga bisa punya efek yang sama loh.

Kembung dan gas yang disebabkan oleh gangguan pencernaan dari beberapa makanan ini akhirnya mengarah pada akumulasi gas di perut kita. Jadi, bukan cuma bikin kentut-kentut aja, tapi juga bisa bikin perut kita sakit, dan engga baik buat usus.

Nah makanan sehat apa aja sih yang bisa menyebabkan gas di perut kita, dan gimana caranya kita tetep bisa mengkonsumsi makanan tersebut, tapi engga bikin orang di sekitar mabok gara-gara nyium bau yang aduhai dari kita?

  1. Kacang

Salah satu makanan sehat kacang-kacangan. Kacang kaya protein, serat, dan nutrisi lainnya engga bisa kita tinggalin. Masalahnya, sebagian besar orang bisa terkena kembung dan buang angin gara-gara makanan sehat yang satu ini.

Terus gimana caranya kita bisa tetep makan kacang, tapi bisa terhindar dari efek tersebut? Ternyata, kita bisa ngerendam kacang dalam air selama satu malam sebelum dimasak guys. Ini bikin perut kita lebih gampang buat mencernanya.

  1. Bawang putih

Coba bayangin, udah bikin kita bau, bawang putih juga bisa bikin kentut-kentut pula. Kan kasian orang yang ada di deket kita kalau kita kentut abis makan bawang. Baunya bisa bikin vampir mati dua kali. Tapi jangan sedih, bawang putih cuma bisa bikin kentut dan kembung kalau belum dimasak aja kok, apalagi digadoin. Jadi, konsumsilah bawang putih setelah matang dan dicampur makanan lainnya ya.

  1. Bawang merah

Bawang putih dan bawang merah cuma musuhan di cerita dongeng aja. Aslinya, mereka berdua kompak banget bikin kita-kita kembung dan buang angin. Sama kayak sodaranya si bawang putih, bawang merah juga punya efek serupa.

  1. Brokoli, kubis, dan kembang kol

Brokoli, kembang kol, dan teman-temannya punya nutrisi dan vitamin yang bagus banget buat tubuh. Apalagi, sayur-sayuran ini juga bikin kita turun berat badan. Makanya banyak yang kalau lagi diet, makannya ya brokoli aja. Sayangnya, ternyata brokoli juga hobi bikin manusia menerima banyak gas di dalam perut. Jadi kalau perut kamu termasuk lemah, hindari sayur-sayuran jenis ini, dan bisa diganti pakai bayam atau selada.

  1. Gandum

Walaupun sehat, ada juga beberapa orang yang alergi terhadap gandum. Ini disebabin adanya protein yang dikenal sebagai gluten. Kalau kamu punya intoleransi gluten, kamu bisa ngerasa kembung, buang-buang angin, sampe munculnya ruam di kulit. Selain gandum, kamu bisa ngegantinya dengan oat atau haver yang punya kandungan sama kayak gandum.

  1. Produk dari susu

Kenapa kalau habis makan keju atau minum susu, kita jadi kembung dan mulas? Itu karena mereka mengandung banyak gas Kawan Muda. Jadi kalau kamu gak tahan sama produk dari susu, kamu bisa coba yang udah dicampur sama bahan lain, kayak chocolate milk, almond milk, atau coconut milk.

  1. Ubi

Yang terakhir dan paling terkenal bikin kita kentut-kentut adalah makan ubi. Makanya engga heran, ubi dilarang keras banget dikonsumsi kalau kamu lagi dalam perjalanan jauh. Soalnya, efeknya bukan kamu doang yang ngerasain, tapi juga orang-orang yang ada di sekeliling kamu. Kalau lagi engga bisa makan ubi, kamu bisa ngegantinya dengan singkong, roti, atau nasi ya. Inget, jangan maksain makan!

 

Sumber: Boldsky | (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥