Minggu, 20 September 2020

Genmuda – Panggung hiburan, terutama grup band emang engga pernah sepi dari sejumlah talenta berbakat. Mulai dari eranya The Beatles, Rolling Stones, Queen, Nirvana, sampe Foo Fighter pun semuanya punya karakter dan ciri khas masing-masing.

Dan salah satu sosok yang berada di garis depan yang mengenalkan karakter sebuah band adalah vokalis. Kalo menurut kamu siapa sih vokalis yang paling keren sampe sekarang? Penulis percaya jawabannya relatif, karena musik kembali kepada serela pribadi masing-masing. Tapi nih, kamu harus tahu bahwa ada sebuah penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa Freddie Mercury adalah vokalis terbaik sepanjang masa loh.

Performa dan gimmick khasnya di atas panggung menjadikan nama Freddie dikenal banyak orang sampe sekarang (Kalau kamu engga tahu doi, mungkin ada yang salah denganmu). Namun salah satu yang dikenang sampe sekarang dari sosoknya adalah karakter suaranya yang tinggi dan melengking. Iya kan?

Nah, keistimewaan (suara) inilah yang sedang dijadikan bahan penelitian oleh sejumlah ilmuan dan diterbitkan di Logopedics Phoniatrics Vocology. Guna membuktikan kualitas suara Freddie, mereka menggunakan sampel kaset yang berisi suaranya saat berbicara dan bernyanyi. Setelah itu mereka mengutus Daniel Zangger-Borch, –seorang musisi sekaligus ilmuan suara, buat menirukan suara mantan vokalis Queen tersebut.

Hasilnya? Diketahui kalo suara Freddie adalah jenis Bariton dengan rentang vokal yang besar, bukan tenor. Selain itu, penelitian ini menghasilkan sebuat teori menarik bahwa Freddie menyanyi dengan cara subharmonik –gaya bernyanyi di mana lipatan ventrikel (modulasi) bergetar bersamaan dengan pita suara, dan ini adalah hal yang langka.

Artinya vokalis yang wafat pada tahun 1991 ini punya pita suara yang dapat berpindah lebih cepat pada nada-nada tertentu ketimbang penyanyi pada umumnya. Simplenya rentan vokal doi bisa pada nada paling rendah dan tinggi gaes!

Penelitian ini pun sekaligus menjawab alasan kenapa lagu ‘Bohemian Rhapsody’ sangat sulit ditiru oleh orang lain. Buat Kawan Muda yang masih penasaran langsung aja coba jajal sendiri, dan coba cover. Kalau kamu bisa dapat semua nadanya dan engga fals, berati kamu penyanyi yang hebat!

Sumber: Digital Spy

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.