Rabu, 19 Juni 2024

Genmuda – Rata-rata 66% pemuda di 29 negara terbukti engga setia. Mereka berencana cabut dari kerjaannya sekarang dalam kurun waktu 6 bulan-5 tahun buat pindah kantor atau ngelakuin hal lain yang lebih sesuai minatnya.

Penelitian itu dilakukan lembaga penelitian Deloitte terhadap 7.700 anak muda yang lahir setelah 1982, punya ijazah kuliah, lagi punya kerjaan tetap di perusahaan swasta yang terbilang hype di negaranya (istilahnya disebut anak millenial).

Alasan ketidaksetiaan itu terjadi karena anak-anak muda ngerasa dianggurin sama kantornya. “Mereka merasa kemampuan kepemimpinan mereka tidak diasah lebih lanjut oleh pihak kantor,” kata penelitian Deloitte 2016 tersebut.

Engga suka orang egois

via YouTube
Indorelawan bisa naik daun di kalangan anak muda karena millenial pengen hidupnya bermakna. Salah satu caranya dengan jadi relawan. (Sumber: YouTube)

Riset tadi menyimpulkan kalo anak muda kecewa sama tempat kerjanya yang terbilang ‘egois’. Maksudnya ada 64% responden yang bilang kalo, “Perusahaan terlalu fokus sama urusan pribadi daripada mempertimbangkan masyarakat pada umumnya.”

Keinginan anak-anak muda itu padahal udah ditunjukin sejak 2013, namun kantor-kantor hingga sekarang dinilai belom mengikuti keinginan mereka. Bahkan lebih dari setengah pemuda bahkan bilang kalo perusahaan cuma mementingkan uang.

Engga memperdulikan tampilan

via webershandwick.com
Millenial di tempat kerjanya. (Sumber: webershandwick.com)

Lain dari pendapat umum yang beredar, para pemuda yang diteliti Deloitte sama sekali engga peduli soal image dan pencitraan kantor ataupun jumlah aset/kekayaannya. Sementara itu, “energi positif” dari kantor lah yang pengen dimiliki anak muda dari kantornya.

Padahal, materi dan pencitraan jadi dua hal yang diperhitungkan generasi sebelumnya dalam pekerjaan. Itu sama sekali engga berarti orang jaman dulu tuh jahat ya. Semua itu terjadi karena perbedaan sudut pandang aja kok gaes.

Idealis

via slashgear.com
(Sumber: slashgear.com)

Idealisme juga jadi salah satu ciri khas para millenial. Deloitte nyimpulin kalo anak muda kepengen banget ngelakuin kerjaan sesuai nilai-nilai yang dianutnya. Selain itu, mereka juga pengennya kantor mempertimbangkan pandangan-pandangan mereka.

Karena itu, anak muda kepengen banget kerja di tempat yang punya tujuan mulia, menyenangkan, dan yang pasti engga suka nyuekin pegawainya. Dengan begitu, millenial bisa betah kerja di sebuah kantor hingga lebih dari 5 tahun.

Jadi bisa disimpulin kalo anak muda millenial engga suka kalo cuma dijadiin ‘laler’ di kantor atau cuma ‘magabut’. Secara engga langsung, riset itu juga ngasih saran buat Kawan Muda soal cara ngejaga hubungan sama doi biar engga gampang ditinggal pergi. Selamat mencoba!

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.