Senin, 22 Juli 2024

Genmuda – Dune: Part Two kembali melanjutkan perjuangan Paul Atreides di planet Arrakis. Film fiksi ilmiah ini sendiri merupakan lanjutan dari film Dune: Part One (2021).

Buat pengingat Kawan Muda, Dune merupakan film adaptasi dari novel berjudul serupa karya Frank Herbert. Di film sebelumnya diceritakan bahwa konflik film saat seorang pejuang Freman bernama Jamis tewas dan di sisi lain keluarga Atreides harus turun tahta karena konflik politik.

Nah, apa saja yang kali ini ditawarkan sama Dune: Part Two? Berikut review lengkap dari Genmuda.com.

Pencarian Jati Diri Paul Atreides

©WarnerBros Pictures/2024

Cerita berlanjut di mana Paul Atreides (Timothee Chalamet) dan ibunya, Jessica (Rebecca Ferguson), berjuang bersama masyarakat Freman di Sietch Tabr untuk melawan pemerintahan korup yang dipimpin oleh House Harkonnen dan Kaisar Shaddam.

Paul pun perlahan membaur dan diyakini sebagai Lisan Al-Gaib atau seorang nabi yang akan membawa Freman ke Surga. Dengan bantuan Stilgar (Javier Bardem) dan Chani (Zendaya), Paul lantas jadi sosok pemimpin yang sangar dan mulai disegani.

Sementara keluarga Harkonnen yang memonopoli rempah mulai mencium tanda-tanda Paul dan ibunya. Jika di film sebelumnya perat Beast Rabban (Dave Bautista) begitu bengis, maka kali ini giliran Feyd-Rautha (Austin Butler) yang diplot buat jadi karakter antagonis.

Bisa suka, bisa juga engga

©WarnerBros Pictures/2024

Suka atau engga, Dune: Part Two mungkin aja bisa terasa ngebosenin buat sebagian orang. Dengan durasi 2,5 jam lebih, film ini emang lebih banyak dialognya ketimbang actionnya. Bahkan, penulis menemukan banyak penonton yang terasa ngantuk di pertengahan film.

Bahas alur cerita yang panjang pastinya juga gak lepas dari buku aslinya ‘yang emang udah panjang dan penuh dialog’. Namun tentunya buat kamu yang belum nonton film pertamanya pasti film ini bisa bikin kepala kamu ngejelimet.

Akan tetapi dengan bertaburnya pemain bintang dan budget produksi yang luar biasa, film ini jelas gak cuma kasih efek audio visual spektakuler. Sebut aja Josh Brolin, Lea Seydoux, Florence Pugh, Christopher Walken, Stellan Skarsgard, hingga Charlotte Rampling punya peran vital di film ini. Ibarat obrolan, ‘semuanya full daging’.

Namun demikian, penulis ngerasa kompleksitas cerita Dune: Part Two jelas punya sisi positif dan negatif. Kamu yang ngikutin buku atau sekedar nonton film sebelumnya mungkin bisa enjoy dan terpuaskan sama film keduanya. Sedangkan buat yang masih awam, film ini bisa aja terasa membosankan.

Kesimpulan

©WarnerBros Pictures/2024

Namanya film adaptasi novel pastinya emang gak bisa plek-ketiplek sama persis dengan kemauan fans. Namun demikian film garapan Denis Villeneuve jelas berusaha merangkumnya secara baik.

Dengan durasi yang panjang, penulis ngerasa Dune: Part Two mungkin bisa aja bikin kamu ngantuk. Tapi yang jelas paruh terakhir film siap membuat penonton kagum.

Di Indonesia film ini tayang mulai Selasa (27/2/2024). Buat yang penasaran simak aja trailernya di bawah ini!

Our Score

Comments

comments

Velesya Dea
A charmwoman