Kamis, 29 Juli 2021

Genmuda – Usai proses negosiasi panjang dan alot, akhirnya Paul ‘Labile’ Pogba resmi menjadi amunisi tambahan Manchester United. Pemain muda yang bersinar bersama Juventus ini resmi pulang kampung ke Old Trafford pada hari ini, Selasa (9/8).

Meski belum diketahui secara rinci mahar yang harus dibayar Setan Merah ke Nyonya Tua, namun banyak media Inggris memprediksi ‘ongkos mudik’ pemain Prancis itu ke MU melebihi 100 juta pound streling (Kalo dirupiahin digitnya banyak deh Kawan Muda).

Menariknya kepulangan Pogba ke Theater of Dream juga diramaikan dengan hashtag #Pogback. Yup, sebagaimana yang banyak kalian tau, Pogba adalah salah satu pemain muda dari akademi MU yang dilepas ke Juventus di era kepelatihan Sir Alex Ferguson.

Sekarang di bawah asuhan The Special One pemain 23 tahun ini resmi berseragam MU dengan masa bakti selama lima tahun. Selain itu cerita #Pogback turut menelurkan sejumlah cerita. Berikut rangkuman dari Genmuda.com:

1. Pemain termahal dengan harga rasional

Dengan mahar melebih 100 juta pound sterling, Pogba berhasil mengalahkan rekor transfer Gareth Bale pada tahun 2013 ke Real Madrid. Namun, dengan potensi yang cukup menjanjikan harga Pogba masih terbilang rasional kok. Dibandingkan Bale, pengalaman Pogba di level timnas turut menjadi faktor utama besarnya biaya yang digelontorkan oleh Manchester United ke Juventus.

2. Penyesalan Fergie

via: Mirror.co.uk
(Sumber: Mirror)

Memulai debut dalam skuat akademi MU tahun 2009, potensi Pogba emang udah bisa bikin Sir Alex kepincut. Sayangnya, kala itu sang arsitek merasa Pogba masih belum punya banyak jam terbang untuk masuk skuat reguler. (Ditambah doi juga minta kenaikan gaji). Atas pertimbangan itulah dua tahun kemudian Pogba dibuang Fergie ke Juventus dengan status bebas transfer.

3. Engga jadi jaminan buat Mou

Dengan harga yang cukup fantastis, Mou justru menekankan kalo hal tersebut engga jadi jaminan Pogba bisa masuk skuad utama. “Ia [Pogba] harus kerja keras untuk masuk dalam tim,” ujar Mou kepada The Sun usai meraih gelar Community Shield pekan kemarin.

4. MU selalu di hati

via: Manchester United
(Sumber: Manchester United)

Terlepas dari keputusan Fergie, Pogba mengaku cukup senang bisa kembali membela MU. Dalam wawancaranya di situs resmi klub doi mengaku cukup senang dan siap memberikan kontribusi bagi klub debutnya tersebut. “Saya senang dapat kembali ke (Manchester) United. Klub ini selalu menempati posisi istimewa di hati saya dan saya tidak sabar bekerja sama dengan Jose Mourinho.”

5. Debut di laga pembuka

Kalo engga ada kendala, Mourinho berharap Pogba bisa segera meruput pada laga perdana Liga Premier Inggris, saat MU melawan AFC Bournemouth di Vitality Stadium, 14 Agustus 2016. Pemain Prancis itu pun menjadi pemain keempat dalam pembelian MU di bursa transfer musim panas setelah Eric Bailly, Henrikh Mkhitaryan dan Zlatan Ibrahimovic.

6. Juventus menang banyak

via: Metro.co.uk
(Sumber: Getty Images)

Kalo ada pihak yang paling diuntungin dari cerita transfer kali ini jawabannya pasti Juventus. Selain modal free transfer saat memboyong Pogba ke Juventus Arena, peran vital Pogba di Turin turut memberikan banyak kontribusi dari gelar yang diraih Si Nyonya Tua. Puncaknya sih, modal membeli Higuain dari Napoli sebesar 90 juta pound streling, masih bisa ketutup dengan transfer Pogba. Menang banyak kan?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.