Jum'at, 23 Februari 2024

Genmuda – Penduduk Tiongkok yang sejak pertengahan tahun lalu keki karena Pokemon Go engga tersedia di negaranya kini bisa tersenyum lebar. Sekarang, mereka bisa ngedownload game augmented reality seperti itu sekaligus dapet Angpao cuma dengan memainkannya.

Bukan cuma satupaling engga ada dua game yang udah dirilis sejak minggu kedua Januari. Masing-masing dibuat sama perusahaan e-dagang Tiongkok, yaitu Alibaba dan Tencent. Keduanya terkenal jor-joran loh kalo ngasih angpao jelang Imlek.

Tahun 2016, Alibaba tercatat ngebagiin ‘amplop merah’ setara dengan 519,7 miliar rupiah sementara Tencent ngebagiin 8 triliun ‘amplop merah.’ Tapi sayang, nominal totalnya engga dirilis sama Tencent ke publik.

FYI, keduanya mulai bagiin angpao secara digital ke dompet digital anggota e-dagang mereka. Tencent malah udah bagi-bagi angpao digital sejak 2014. Cuma, baru tahun ini mereka ngegabungin konsep bagi-bagi angpao dengan augmented reality ala Pokemon Go.

Bagi angpao juga bisa

via qz.com
Tampilan Alipay waktu pemain nemuin angpao liar. (Sumber: qz.com)

Bukan cuma berburu angpao hadiah, aplikasinya juga bisa dipake ngirim angpao. Kata reviewnya sih, tiap pengguna bisa bikin semacam ‘Poke Stop’ berbentuk amplop merah di setiap tempat.

Lokasinya bisa dimunculin ke publik supaya tiap orang bisa rebutan angpao. Bisa juga dirahasiain supaya yang nemu cuma orang tertentu doang. Tapi inget ya, kamu yang belum nikah jangan sok-sokan ngasih angpao. Pamali, nanti jodohnya jauh.

Main lewat dompet digital

via qz.com
Desain gamenya Tencent. (Sumber: qz.com)

Berdasarkan kabar Forbes, Minggu (15/1), ada 20 perusahaan gede di antaranya Coca Cola, P&G, dan Uniqlo udah nyiapin angpao digital buat disembunyiin di gamenya Alibaba. Total uangnya sampe setara 57,3 miliar rupiah, loh.

Kalo kamu mau mainin gamenya demi dapet tambahan duit jajan, kamu perlu download aplikasi Alipay (Alibaba). Aplikasinya tersedia di Indonesia, hanya saja full berbahasa Mandarin (anak Sastra China pasti lagi ketawa jahat).

Mainnya bisa juga sih pake aplikasi QQ Wallet (Tencent) yang bakal rilis 28 Januari di seluruh dunia. Semoga aja aplikasinya berbahasa Inggris berhubung Tencent selalu ngerilis aplikasi dengan format multi-lingual.

Duit angpao yang didapet otomatis masuk ke dompet digital masing-masing aplikasi dan bisa dicairin ke rekening tabungan. Jadi, engga usah beli celengan ayam mahal-mahal. Duitnya tabung aja buat beli permen karet Yosan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.