Jum'at, 27 November 2020

Genmuda – ‘Now You See Me 2’ bisa dibilang jadi salah satu film underdog yang paling di nanti kelanjutannya. Setelah berhasil menarik perhatian publik lewat film pertamanya, kini The Four Horsemen kembali beraksi dengan trik sulap andalan mereka nih.

Dalam sekuel keduanya, Lionsgate, memberikan tongkat estafet sutradara Louis Leterrier kepada Jon M. Chu (G.I. Joe: Retaliation, Step Up 2: The Streets, Step Up 3D). Engga cuma sutradara doang, dua bintang utama Isla Fisher dan Melanie Laurent juga ikutan absen dalam proyek kali ini. Sebagai gantinya Lionsgate menggandeng Lizzy Caplan dan Daniel Radcliffe.

Dari gagal move-on sampe motif balas dendam

(Sumber: Black Film)

Kisah The Four Horsemen masih jadi daya tarik inti cerita yang dikembangkan dalam sekuel ini, tak ayal J. Daniel Atlas (Jesse Eisenberg), Merritt McKinney (Woody Harrelson), Jack Wilder (Dave Franco), Lula (Lizzy Caplan), serta Dylan Rhodes (Mark Ruffalo) mampu menunjukan aksi dan trik yang engga kalah ciamik dari sekuel perdananya.

Awal cerita, grombolan pesulap dengan aksi Robin Hood ini pun harus berhadapan dengan ilmuan psikopat, Walter Mabry (Daniel Radcliffe). Tanpa diketahui oleh The Four Horsemen, diam-diam Mabry justru telah menyusun jebakan dalam misi pertunjukan mereka dalam menyabotase pameran IT. Merasa ditipu mentah-mentah oleh Mabry, Atlas akhirnya menyetujui permainan yang diminta oleh Mabry, sembari mencari tau siapa dalang dari penjebakan tersebut.

Di sisi lain, Dylan ibarat orang gagal move-on dan engga habis-habis menuntut kebenaran kepada Thaddeus Bradley (Morgan Freeman) atas kematian sang ayah. Harus diakui, motif balas dendam jadi premis jalan cerita pada sekuel kedua ini. Selain itu pula, M. Chu juga tetap mengajak penonton bertualang lintas dunia, mulai dari Macau hingga London.

Selain tokoh-tokoh di atas, ‘Now You See Me 2’ turut diramaikan oleh kehadiran Jay Chou dan Michael Caine. Keduanya bisa dibilang jadi pemeran pembantu yang layak diperhintungkan loh. Kalo bahas Caine pastinya aktor senior tersebut udah engga diraguin lagi buat meranin karakter antagonis atau protagonis, tapi khusus Jay Chou penulis merasa kalo doi mampu mengimbangi kualitas akting para aktor di The Four Horseman.

Terlalu lebar dan mengurangi unsur trik yang digunakan

(Sumber: Istimewa)

Kendati diramaikan oleh nama-nama beken, sayangnya jalan cerita yang terlalu melebar serta berkurangnya trik sulap yang digunakan justru membuat durasi 120 menit terasa percuma, bahkan dipaksain. Wajar, mungkin M.Chu berusaha menitikberatkan masalah Dylan yang belum dipecahkan di film pertamanya. Namun sekali lagi, penulis merasa hal tersebut kurang bisa menjawab kemauan penonton.

Pun pada peran Lizzy Caplan, walaupun punya tugas berat sebagai suksesor Isla Fisher yang tengah berbadan dua, aktris 33 tahun ini terasa kurang mengimbangi rekan-rekannya di The Four Horseman. Hal yang sama juga dapat dilihat bagaimana chemistry Dylan dan Atlas seperti menguap ‘hampa’, ditambah berkurangnya trik sulap memaksa panggung mewah para The Four Horseman seolah berubah menjadi pesulap di pinggir jalan. Padahal itu semua justru jadi daya tarik di sekuel pertamanya.

Terlepas dari itu semua, peran Daniel Radcliffe dan Morgan Freeman di film ini juga layak diacungin jempol. Pasalnya kedua aktor tersebut mampu mengaduk-aduk emosi penonton dari awal hingga ending film. Kawan Muda penasaran seperti apa? Langsung aja tonton ‘Now You See Me 2’ di bioskop-bioskop kesayangan kalian.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.