Jum'at, 7 Agustus 2020

Genmuda – “Dia cuek banget sama gue. Dia engga perhatian. Dia engga romantis. Mendingan putus aja!” Tunggu sebentar, sis. Jangan buru-buru ambil keputusan, pasalnya kalo kamu gegabah yang ada nanti kamu nyesel sama keputusanmu.

Daripada negative thinking engga jelas, mendingan kamu baca dulu artikel ini, karena Genmuda.com bakal ngebahas pendapat ilmiah soal cara kerja otak cowok sekaligus ngejawab 8 fenomena seputar cowok yang sering dirasain cewek.

1. Kenapa cowok suka berantem rebutan cewek?

(Sumber: CNN)

Kamu mungkin pernah liat dua orang cowo berantem gegara ngerebutin satu orang cewek. Menurut ahli syaraf otak Amerika Serkat Louann Brizendine, “Setelah beratus-ratus tahun evolusi, ada satu bagian otak cowok yang mendorong mereka untuk menjaga hak kepemilikan apapun caranya.”

Di otak cowok, bagian itu lebih besar dari pada di otak cewek. “Oleh karenanya, cowok cenderung cepat kasar ketika menghadapi situasi yang mengancam kekasih atau tempat tinggalnya,” kata Brizendine. Makanya cowok gampang banget ngegas kalo ceweknya digodain orang lain.

2. Kenapa cowok suka ngelirik cewek lain?

otak cowok
(Sumber: lovelifetbd.com)

Bagi cowok melirik cewek lain ibarat kebiasaan yang sulit dihindari. Bukan karena ingin selingkuh atau berbuat engga senonoh, melainkanlebih karena dorongan hormon testosteronnya. Hormon itu sering dikaitkan dengan nafsu.

Majalah Live Science, Maret lalu bilang, “Hormon itu yang membuat otak cowok lebih impulsif atau serba spontan dan agresif.” Karena itulah dia ngelirik tanpa niatan apapun. Meski begitu, cowok cenderung cepat melupakan cewek yang diliriknya begitu cewek itu hilang dari pandangan.

3. Kenapa cowok suka banyak aturan?

otak cowok
(Sumber: keamanan-global.blogspot.com)

Brizendine juga ngejelasin, paduan hormon dan susunan otak cowok membuat mereka lebih menyukai keteraturan, paling engga ada prosedur yang jelas dalam ngelakuin sesuatu. Oleh karena itu, cowok bisa sesuai banget berada dalam sebuah hierarki militer atau aturan pokok dalam sebuah perusahaan.

Karena itu, cowok sering ngomel dan resah kalo rantai perintah yang mereka hadapi engga jelas. Misalnya, waktu lagi ngerjain tugas, ada dua orang yang ngotot ngasih perintah dan anggep diri mereka sebagai ketua. Atau, seperti waktu lagi menyetir dan perlu menghadapi banyak orang yang nunjuk arah jalan.

4. Kalo lagi ngegame kok engga bisa diganggu?

otak cowok
(Sumber: lerablog.org)

Otak cowok emang didesain buat ngebatasin fokusnya. Jadi, kalo cowok lagi fokus sama sesuatu, hal lain di sekitarnya tuh bakal diabaikan. Cewek cakep di sebelah pun bakal terabaikan kalo cowok lagi fokus sesuatu. Serius.

Majalah Psychology Today, Februari 2014 menuliskan hal itu ada hubungannya sama Gray Matter (Partikel Kelabu) di otak cowok. Partikel itu membuat otak memproses aksi dan informasi. Itu yang membuat cowok ibarat pakai kaca mata kuda kalo lagi fokus.

FYI, jumlah partikel itu di otak cowok 7 kali lebih banyak dari cewek. Makanya cowok susah diajak ngapa-ngapain kalo lagi fokus, tapi susah juga buat multi-tasking.

5. Cowok kok engga romantis? Buat ketemuan aja susah! BETE!

otak cowok
(Sumber: Istimewa)

Kasus ini sering banget ditemui di anak muda yang pacaran. Si cewek anggep cowoknya engga romantis dan susah diajak ketemuan, padahal cowoknya ngerasa biasa aja. Apa yang terjadi di otak si cowok?

Kata majalah Psychology Today, kandungan zat oxytocin di otak cowok lebih sedikit daripada cewek. Senyawa oxytocin itu adalah zat kimia yang mendorong seseorang untuk bonding dengan pasangannya. Tapi, pada usia 30 tahun ke atas biasanya prilaku tersebut akan diprogram ulang oleh otak, sehingga doi bakal bertekad jadi tulang punggung pasangannya.

6. Cowok tuh cuek banget!

(Sumber: ciricara.com)

Next time cowok atau gebetan kamu cuek, kamu engga perlu baper. Soalnya, desain otak cowok bikin mereka lebih cuek daripada cewek. Itu ada hubungannya sama salah satu bagian otak yang namanya hippocampus, alias pusat ingatan.

Hippocampus cowok jauh lebih sedikit daripada cewek. Sehingga para cowok sulit mengingat hal-hal trivial, sementara cewek bisa inget banget bahkan inget sampai warna baju yang dipakai cowoknya waktu kencan pertama. Malah, mungkin kamu perlu membiarkan si dia sendiri. Soalnya, kesendirian bisa bikin bagian hippocampus seseorang berkembang. Semakin bagian itu berkembang, bakalan semakin care kan doi sama kamu.

7. Cowok engga enak dijadiin tempat curhat. Engga ada perasaannya.

otak cowok
(Sumber: bestdatenight.wordpress.com)

Fenomena ini udah terjadi sejak jaman baheula. Ketika cewek curhat ke cowok, otak si cowok cenderung langsung nyari solusi yang baik daripada berusaha memahami perasaan si cewek. Padahal, cewek maunya cowok memahami perasaannya. Minimal didengerin dulu.

Kalo fenomena ini ada hubungannya dengan aliran darah ke otak cowok. Aliran darah ke bagian cingulated gyrus di otak cowok tuh engga sebanyak dan selancar cewek. Bagian otak itu tuh yang bikin seseorang mengingat emosinya. Jadi, otak cowok cuma memproses perasaannya sebentar doang, kemudian langsung memikirkan langkah selanjutnya. Biasanya, langkah selanjutnya ini muncul dalam bentuk solusi bukan empati yang diinginkan cewek.

8. Cowok gampang banget move on dan cari cewek lain. NAJONG!

otak cowok
(Sumber: independent.co.uk)

Sebenernya, pendapat yang bilang cowok gampang move on itu salah. Desain otak cowok membuat anak cowok lebih mudah kesepian. Dengan kata lain, lebih gampang baper ketimbang cewek. Nah, di tengah kebaperannya itu cowok butuh cari pacar baru karena engga kuat sepi.

Brizendine bilang, cowok yang terlalu terpuruk dalam sepi bisa membuat otaknya kacau, bahkan mengancam kesehatannya. Makanya, cowok yang punya pasangan tuh cenderung lebih sehat daripada yang menjomblo. Bukan karena “susunya cocok” atau apa, tapi karena desain otak cowok dibuat sedemikian rupa. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.