Senin, 17 Januari 2022

Genmuda – Di jaman modern seperti ini banyak anak muda kehilangan minat menggali informasi karena dicengin kepo sama temen-temennya. Padahal, sifat kepo bisa bermanfaat di dunia kerja loh, gaes. Soalnya, kepo tuh melatih otak orang terus mempertanyakan sesuatu.

Nah, sering mempertanyakan apapun itulah, sifat kepo besar juga manfaatnya dalam pengembangan diri seseorang. Berikut ini adalah 7 hikmah terselubung yang dirasain mereka-mereka yang kepo meski mereka sendiri engga sadar.

1. Banyak belajar hal baru

Karena orang yang kepo gemar berburu informasi baru, doi punya banyak koleksi ilmu pengetahuan yang besar di dalam kepalanya. Mulai dari gosip selebriti, berita terbaru di tongkrongan, hingga ciri-ciri temen nyebelin yang perlu dihindari. Kalo ibaratnya perpustakaan, orang kepo tuh seperti Library of Congress Amerika Serikat, lengkap banget informasinya.

2. Kamu sulit dibohongi

Para jurnalis percaya, mengajukan pertanyaan-pertanyaan jadi cara terbaik supaya engga dibohongi narasumber yang diwawancarainya. Jurnalis bilang itu sikap skeptis. Lihat kan? Kepo bisa bikin kamu selamat dari kebohongan orang lain. Soalnya, orang yang suka ngibul bakal kelelahan mengarang kisah dusta ketika dihujani pertanyaan. Paling-paling mereka bakal marah karena takut kebohongannya terungkap.

3. Lebih bijak

Karena orang kepo sering mengumpulkan banyak informasi sebelum menyimpulkan sesuatu, mereka juga jadi orang yang lebih bijak. Kekepoan mereka membuat mereka tau berbagai sudut pandang dalam sebuah isu. Kalo dalam sebuah konflik, orang kepo tuh tau cerita dari dua kubu yang sedang berseteru. Mereka yang kepo pun jadi punya banyak sudut pandang dalam memandang sebuah permasalahan. Engga jarang mereka bisa menemukan solusi terbaik buat masalah itu.

4. Engga gampang nyalahin orang

Ketika ada temen yang curhat soal kejelekan orang lain, orang kepo bakal penasaran dan mencari tau cerita versi orang yang lagi dijelek-jelekan itu. Setelah itu, doi bakal cari tau kisah versi pihak ketiga yang engga ada sangkut-pautnya. Karena itulah orang kepo terbiasa engga suka menyalahkan orang. Buat mereka, mencari info lebih menggairahkan daripada jelek-jelekin orang lain.

5. Rajin

Secara engga sadar, kepo tuh nunjukin tingkat kerajinan tertinggi yang bisa dimiliki manusia. Bukannya duduk manis terima info dari satu sudut pandang, orang kepo malah ‘go the extra mile’ buat menemukan fakta lain tentang informasi yang diterima sebelumnya. Sadar atau engga, itu adalah hal yang biasa dilakukan para peneliti di universitas bergengsi di seluruh dunia.

6. Dapat teman baru

Karena menjadi gudang informasi, orang kepo selalu punya bahan pembicaraan. Mereka bisa menceritakan kembali informasi yang pernah ditemukannya (agak ngegosip memang) atau malah mengkepoin lawan bicaranya. Karena itulah mereka selalu bisa ngobrol dengan orang baru.

7. Hubungan asmara tahan lama

Percaya engga kalo pasangan yang kepo tuh lebih harmonis dan bertahan lama daripada pasangan yang adem ayem dan stay cool aja? Ketika kepo terhadap pasangannya, orang itu secara engga langsung nunjukin perhatiannya. Doi pun jadi makin kenal pasangannya.

Karena kepo, pacaran pun engga bakal ngebosenin. Kadang emang mungin muncul percekcokan kalo keponya engga terkontrol. Tapi, bukankah api asmara engga bakal tercipta tanpa adanya gesekan? (*tsah!)

Itulah 7 kelebihan yang bisa dimiliki orang-orang kepo, gaes. Jadi kalo kamu udah tertarik akan suatu hal, engga ada salahnya kamu berusaha dapat informasi soal hal itu. Engga perlu gengsi dikatain kepo. Lebih baik jadi orang kepo yang hidupnya berwarna daripada jadi orang cool yang hidupnya hambar ngebosenin, kan? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.