Selasa, 11 Agustus 2020

Genmuda – Sebuah penelitian baru-baru ini datang dengan hasil yang mengejutkan, Kawan Muda. Manpower Group, sebuah perusahaan yang bergerak di dunia bisnis dan tenaga kerja, meneliti tentang cara kerja generasi millenial, atau yang akrab disebut generasi Y. Hasilnya? Cukup untuk membuat kita menarik nafas.

Berdasarkan studi yang dijalankan, generasi Y lebih memilih bekerja pada satu perusahaan hingga akhir hayat mereka. Bahkan, keputusan untuk mengundurkan diri sama sekali tak tercetus di pikiran mereka.

Di Amerika Serikat, 12% dari generasi millenial –rentan usia 18-35 tahun, tidak merencanakan untuk pensiun atau mengundurkan diri dari perusahaan. Di negara lain, persentasi yang dihasilkan malah lebih tinggi, Kawan Muda.

(Sumber: Manpower Group)
(Sumber: Manpower Group)

Angka tertinggi jatuh di Jepang, 37% dari generasi x mengatakan bahwa mereka akan bekerja sampai hari di mana ajal menjemput. Jepang emang terkenal dengan kegigihan para pekerjanya. Sementara, di Tiongkok dan Yunani, masing-masing memperoleh hasil 18% dan 15%, yang mengatakan bahwa mengundurkan diri dari perusahaan adalah keputusan yang buruk.

Meskipun seringkali generasi Y disebut sebagai generasi pemalas, karena disuguhi pelbagai media praktis, namun data justru menunjukan hasil yang berbeda. Anak muda di beberapa negara yang diteliti ternyata lebih keras dalam bekerja daripada generasi sebelum mereka (generasi x). Bahkan, 83% remaja di negara Paman Sam bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu, dan 23% di antara mereka bahkan bekerja lebih dari 50 jam dalam sepekan. Tentunya bukan jumlah waktu yang sedikit.

Seperti diberitakan Bloomberg, Rabu (25/5), Cameron Huddleston, kolumnis untuk GoBankingRates mengatakan, “Kartu kredit, pinjaman mahasiswa, tabungan untuk pendidikan anak, dan hal serupalah yang menyebabkan mereka berpikir dua kali untuk mengundurkan diri,” ujar Huddleston. “Karena semua hal itu menjadi beban dalam anggaran mereka.”

Di Indonesia sendiri, tentunya hal yang tak jauh berbeda masih menjadi alasan kuat kenapa seseorang engga mau melepas gelar pekerja atau status sebagai pegawai hingga hari tua. Tapi sekarang Genmuda.com kembalikan lagi sama kalian, setuju atau engga sama riset di atas? Atau saat kalian baca tulisan ini udah ada rencana bikin usaha sendiri? (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis