Rabu, 8 Februari 2023

Genmuda – Finally, malem yang ditunggu-tunggu semua pecinta musik K-Pop (dan juga para musisinya) SEPANJANG TAHUN ini akhirnya dateng juga. Mnet Asian Music Awards atau yang dikenal dengan MAMA 2015 selesai digelar! Siapa aja yang berhasil menyabet penghargaan hingga Grand Prize, dan ada penampilan + kejadian fenomenal apa aja tahun ini? Semua rekapannya lengkap di Genmuda.com!

Buat industri musik Korea Selatan alias K-Pop, MAMA adalah ajang penghargaan yang prestisius banget. Diadakan setiap akhir tahun (biasanya Bulan Desember), MAMA selalu menghadirkan suguhan acara yang fenomenal! Bukan cuma bagi-bagi piala dan dengerin pemenang pidato aja, tapi penampilan-penampilan para boyband, girlband, dan musisi-musisi papan atas K-Pop jadi momen yang pasti di tungggu-tunggu.

MAMA 2015 baru aja selesai diselenggarain di Hongkong, dimana ini adalah tahun keenam penyelenggaraannya dilakuin di luar Korea Selatan. Bersama ribuan fans, –dari berbagai negara– ratusan musisi bahkan aktris dan aktor papan atas Korea Selatan berkumpul di Asia World Expo. Hasilnya? BOOOOMMM, semalam jadi malam yang super fantastic baby! Inilah 10 hal fenomenal yang ada di #MAMA2015, yang pastinya bakalan bikin kamu susah move on. Check it out!

 

  1. Best New Artist (Male and Female)

Penghargaan sebagai rookie atau artis pendatang terbaru di MAMA tahun ini banyak di tunggu-tunggu dan bikin penasaran. Kenapa? 2015 jadi tahun yang super rame di industri musik K-Pop dengan banyaknya comeback dan debut-debut artis baru. Tapi setelah ngelewatin persaingan yang ketat itu, penghargaan Best New Male Artist MAMA 2015 akhirnya jatuh kepada iKON! Sementara Best New Female Artist diraih oleh TWICE! Congratulations, guys!

  1. Kolaborasi EPIK dari GOT7 dan BTS!

https://youtu.be/KFmDCvCpOGM

Di setiap tahunnya, MAMA selalu ngasih kejutan dengan kolaborasi-kolaborasi dari berbagai artis dan entertainment. Tahun ini, giliran dua hot boyband, GOT7 dan BTS yang didapuk buat bikin seluruh arena acara teriak-teriak histeris lewat duet Virtual Dance + performance ‘If You Do’. Tonton videonya di atas ya, Kawan Muda, dan siap-siap kesenengan!

  1. Penampilan seksi J.Y.Park

Engga lengkap kalau MAMA tanpa penampilan hot di atas panggung. Kalau tahun-tahun sebelumnya, sexy performance ini didominasi sama artis-artis muda, tahun ini giliran musisi senior Korea, J.Y.Park atau Park Jin Young yang unjuk gigi. Walaupun udah engga muda lagi, doi ngebuktiin kalau dirinya engga kalah HOT dari junior-juniornya. Plus, tahun ini bos JYP Entertainment tersebut juga ngebawa pulang penghargaan sebagai Best Male Artist!

  1. Show Me The Rapstar – special stage

https://youtu.be/Ryc2yfLpXyE

Dua acara survival show buat para rapper dari Mnet, ‘Show Me The Money’ dan ‘Unpretty Rapstar’ juga nyajiin kolaborasi epik di MAMA 2015. Pemenang-pemenangnya, Basick, Lil Boi, Truedy, serta Yezi sukses ngebakar World-Asia Expo semalam!

  1. Best Dance Performance

K-Pop identik sama dance-dance yang super keren. Engga heran, soalnya, para artisnya di-training bertahun-tahun buat bisa nyanyi sekaligus ngedance di atas panggung, dan bikin para fans kagum. Makanya, susah banget nentuin siapa sih yang berhak buat nyabet penghargaan Best Dance Performance, soalnya semua boyband dan girlband punya gerakan-gerakan dance yang kece abis! Tapi, akhirnya pemenang Best Dance Performance tahun ini direbut oleh SM Entertainment, baik buat kategori Male maupun Female, yaitu SHINee dan Red Velvet!

  1. SURPRISE PERFORMANCE: 2NE1!

Ini mungkin highlight dari MAMA semalam, bahkan ngalahin pemenang-pemenang awards apa pun! Gimana engga, semua penonton shock abis ketika ngelihat empat personil 2NE1 (iya, empat-empatnya gaes, termasuk Park Bom yang selama ini ngilang setelah terkena skandal narkoba) tiba-tiba muncul di atas panggung. Awalnya, cuma CL, sang leader aja yang dikonfirmasi dateng ke MAMA 2015, tapi di tengah-tengah penampilannya, tiba-tiba lampu mati dan BOOMMM! It’s 2NE1, anyone! Check the video out, Kawan Muda, kalau kamu mau liat gimana hebohnya para fans ketika CL dan 2NE1 tampil.

  1. f(x) dan Pet Shop Boys

Girlband f(x) yang datang minus Victoria berkolaborsi dengan Pet Shop Boys, elektronic pop duo asal Inggris. Dengan bernuansa musik EDM, f(x) ngebawain lagu terbaru mereka, ‘4 Walls’ dan dilanjutin sama lagu-lagu hits yang diremix lagi bareng Pet Shop Boys. Di MAMA semalam, f(x) juga meraih penghargaan sebagai Global Fans Choice Female, sementara Pet Shop Boys didapuk sebagai Worldwide Inspirational Awards.

  1. Best Asian Artist: Indonesia – RAN!

Tahun ini, grup RAN yang beranggotakan Rayi, Nino, dan Asta berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Asian Artist – Indonesia. Video ucapan terimakasih ketiga cowok ini pun diputer di tengah-tengah acara MAMA berlangsung. Congratulations, RAN!

  1. EXO

EXO emang fenomenal. Dan engga akan lengkap ngomongin *apapun* tentang K-Pop tanpa boyband yang punya buanyak banget fans cewek di seluruh dunia ini. Ikut memeriahkan MAMA 2015, EXO tampil maksimal dengan ngebawain empat lagu mereka, termasuk dua lagu hits ‘Call Me Baby’ dan ‘Love Me Right’, nyanyiin lagu ‘Lightsaber’ yang merupakan soundtrack film Star Wars, sampe ngebawain lagu ‘Drop That’ versi Korea buat pertama kalinya. Tahun ini, EXO juga menang banyak dengan ngebawa pulang empat penghargaan! Yaitu: Best Asian Style, Global Fan’s Choice Male, Best Male Group, serta Album of The Year!

  1. Grand Prize(s) Winner: BIGBANG!

Kalau banyak yang nyebut BIGBANG is KING, rasanya engga berlebihan. MAMA 2015 jadi pembuktian lagi kalau tahun ini emang tahunnya BIGBANG banget! Setelah ngebakar panggung MAMA dengan ngebawain lagu ‘Loser’, ‘Bae Bae’, dan ‘Bang Bang Bang’ berasa di konser sendiri (liat lightstick kuning yang menuhin arena acara guys!), BIGBANG juga jadi pemenang utama semalam. Kayak yang udah diprediksi banyak orang, BIGBANG berhasil meraup empat penghargaan prestisius, yaitu Best Music Video, Worldwide Favorite Artist, dan DUA Grand Prize sekaligus: Song of The Year dan Artist of The Year! Wow, congratulations, BIGBANG dan VIP!

 

Bonus: Closing stage dari… PSY!!!

List pemenang MAMA 2015:

Next Generation Asian Artist: MONSTA X
Best Asian Style: EXO
Best New Male Artist: iKON
Best New Female Artist: Twice
Best Music Video: BIGBANG – “Bae Bae”
Best Solo Dance Performance: HyunA – “Roll Deep”
Best Rap Performance: San E – “Me You”
Best Female Artist: Taeyeon
Best Male Artist: Park Jin Young
Worldwide Favorite Artist: BIGBANG
Best Asian Artist – Japan – AKB48
Best Asian Artist – Thailand – POTATO
Best Asian Artist – Vietnam – Dong Nhi
Best Asian Artist – Singapore – Stefanie Sun Yanzi
Best Asian Artist – Indonesia  – RAN
Best Asian Artist – Mandarin – Jolin Tsai
Global Fans’ Choice Female: f(x)
Global Fans’ Choice Male: EXO
Best Vocal Performance: Zion.T
Best Dance Performance Female: Red Velvet
Best Dance Performance Male: SHINee
Worldwide Inspiration Award: Pet-shop Boys
Best Collaboration: Zion.T & Crush
Best Band Performance: CNBLUE
2015 MAMA World Performer: BTS
Best Female Group: Girls’ Generation
Best Male Group: EXO
*
Song of the Year: BIGBANG: “Bang Bang Bang”
*
Album of the Year: EXO – “Exodus”
*
Artist of the Year: BIGBANG

* Daesang (Grand Prize) Awards

(sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥