Selasa, 4 Agustus 2020

Genmuda – Setiap cewek emang dikasih tamu spesial setiap bulannya. Walau durasinya cuma dateng sekitar satu mingguan, tapi problem tamu bulanan emang bisa bikin cewek uring-uringan. Mulai dari mood yang naik turun hingga berbagai macam pantangan yang bikin rasa khawatir buat para cewek.

Dari sekian banyak pantangan kamu selama dateng bulan, nyatanya banyak yang bisa dikaitkan dengan fakta ilmiah dan sisanya cuma mitos semata. Supaya kamu engga gagal paham lagi soal pantangan dateng bulan, sekarang Genmuda.com bakal kasih tau perbedaannya.

1. Dilarang minum air es

Fanny: Siang-siang gini minum es kopi seger nih Gab.

Gabby: Gue lagi dapet tau. Gak boleh mimun es nanti darah gue ikutan dingin.

Fanny: Masa? Kalo kata ahli Dr Frits Max, SpOG, ‘Minum es saat menstruasi gak bakal mengahalangi darah kotor keluar. Yang salah minum es itu gak bagus buat daya tahan badan aja.’

Jawabannya: Itu cuma mitos.

2. Nafsu makan makin bertambah

Saat mau dapet, cewek perlu mengonsumsi 110-500 kalori lebih banyak dari biasanya. Jumlah itu bisa aja bertambah pas lagi dapet. Secara ilmiah itu ada kaitannya sama hormon yang engga stabil. Jadi jangan heran kalo abis dapet, cewek males liat timbangan.

Jawabannya: Ini baru fakta.

3. Moody

Bona: Kok kamu gendutan ya? Apa prasaan aku aja.

Eve: Iya, terus kenapa? Kalo gendut jadi jelek?

Bona: Bukan itu maksudnya…

Eve: Gak tau apa aku lagi dapet, mana laper, perut sakit, badan pegel, dikatain gendut lagi. KAMU JAHAT!

Yaudah, itu sih emang situasional aja girls. Walaupun hormon lagi engga stabil, tapi bukan jadi alasan kamu jadi moody saat PMS. Kalo emang kamu orang suka drama dan lebay, tanpa lagi dapet pun hal sepele bisa jadi gede. Setuju kan?

Jawabannya: Itu cuma mitos.

4. Minum susu biar engga nyeri

Kalo lagi nyeri pas dateng bulan, para ahli kesehatan justru nganjurin para cewek buat minum susu. Fungsinya sih buat mengurangi rasa nyeri selama haid karena kandungan magnesium dan kalsiumnya bisa mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

Jawabannya: Ini baru fakta.

5. Suka didekati sama makhluk halus

Percaya engga percaya, masih ada loh kepercayaan di Indonesia yang bilang bahwa cewek yang lagi menstruasi disukai oleh makhluk halus. Terus pengaruhnya apa coba? Kalo badan kamu mendadak lemes ya emang lagi siklusnya aja. Dan kalo pun ada pesan moral dari pantangan ini adalah supaya kamu rajin menjaga kebersihan saat dateng bulan.

Jawabannya: Itu cuma mitos.

6. Berenang dan mandi air hangat

Saat lagi dapet para cewek justru dianjurin buat olahraga supaya aliran darahnya teratur. Dan air hangat pun bisa mengurangi rasa pegal di tubuh kamu.

Jawabannya: Ini baru fakta.

7. Engga boleh keramas

via StyleCraze
(Sumber: Istimewa)

Pantangan ini punya argumen kalo saat dateng bulan pori-pori kulit kepala akan terbuka lebar dan bikin kamu sakit kepala. Tapi itu semua engga ada kaitannya sama dateng bulan. Masa sih kamu cuek ngebiarin rambut lepek, berminyak, dan ketombean karena engga keramas selama satu minggu? Pasti engga mau kan.

Jawabannya: Itu cuma mitos.

(sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela