Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Kamu tau gak gengs kenapa kita libur di hari Senin yang biasanya hectic ini? Yes, tanggal 1 Mei selalu diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia. Di hari ini, biasanya para buruh dan juga mahasiswa berbondong-bondong turun ke jalan untuk menyuarakan suara dan hak-hak para kaum buruh.

Di Indonesia sendiri, para buruh memulai aksinya di tahun 1920. Tapi sejak masa Orde Baru, hari buruh gak lagi diperingati karena sering dikaitkan sama gerakan dan paham komunis. Walaupun sempet terhenti, gerakan para buruh ini bangkit lagi, dan terus terjadi di setiap tanggal 1 Mei, setiap tahunnya.

Gerakan yang massif biasanya digelar di Jakarta, karena bersatu sama para mahasiswa, yang notabene adalah “penyampai aspirasi” dari masyarakat. Gak cuma di Jakarta, gerakan-gerakan pro buruh ini juga terus digelar di berbagai kota di Indonesia, demi memperjuangkan hak-haknya.

Kawan Muda tau gak, beberapa publik figur di bawah ini awalnya juga berangkat dari seorang buruh, loh. Lewat semangat, keseriusan, dan kerja keras lah yang akhirnya bikin mereka menjadi inspirasi banyak orang.

1. Bob Sadino

via: Kompas.com
(Sumber: Istimewa)

Sebelum jadi pengusaha dan motivator, kehidupan almarhum Bob Sadino dimulai waktu jadi kuli bangunan. Setelah jadi kuli bangunan, beliau memutuskan buat membangun usaha peternakan ayam, dan ia pun sukses dengan bisnisnya ini. Gak cuma itu aja, beliau ternyata adalah orang pertama yang menggunakan perladangan sayur dengan sistem hidroponik di Indonesia.

Meninggalkan usaha dan menciptakan pasarnya sendiri yaitu Kemfood dan Kemchick, pengusaha nyentrik ini sering dijadiin patokan sama orang-orang yang gak terlalu bagus di bidang akademiknya, tapi pengen jadi pengusaha.

“Kalo mahasiswa IPK nya sudah 3 koma itu alamat jadi karyawan saja lah. Kalau mau jadi pengusaha, IPK jeblok saja. Karena dengan begitu, mau tak mau kamu akan ditolak perusahaan dan terpaksa membuka usaha sendiri”, ujar Bob Sadino.

2. Iko Uwais

via: Metro.co.uk
Iko Uwais sebagai Rama di film The Raid (Sumber: Istimewa)

Siapa sangka kalo Uwais Qorny atau yang kita kenal sebagai Iko Uwais ini dulunya adalah seorang supir di sebuah penyedia layanan telekomunikasi. Suami dari Audy Item yang kita kenal sebagai aktor laga ini mengawali karirnya dari hobi yang doi tekuni, yaitu seni bela diri.

Setelah bakat terpendamnya ini ditemukan sama seorang sutradara yaitu Gareth Evans, doi menandatangani kontrak untuk jadi pemain film pertamanya “Merantau,” dan akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai supir truk.

Sekarang doi udah banyak membintangi film action, yaitu “Merantau” (2009), “The Raid” (2012), “Man of Thai Chi” (2013), “The Raid 2: Berandal” (2014), dan “Headshot” (2016). Yang paling baru, doi sedang sibuk menggarap film terbarunya berjudul “Triple Threat” yang melibatkan banyak ahli bela diri dari sejumlah negara. Goks!

3. Sule

via: Genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Entis Sutisna atau Sule, mungkin udah jadi salah satu pelawak yang sangat diperhitungkan namanya, atau bahkan disejajarkan dengan nama-nama komedian senior kayak Eko Patrio, Parto, dan Tukul Arwana. Bakat ngelawaknya ini ternyata turunan dari ayahnya, seorang tukang bakso yang suka ngelawak di depan pembelinya.

Kehidupan awalnya sebelum sebesar sekarang ternyata layak dijadiin pembelajaran buat Kawan Muda. Dulu, doi tinggal di kontrakan petak dan upah ngelawaknya pun gak seberapa. Biar ‘dapur tetep ngebul’, doi nyari kerja sampingan yaitu jualan jagung rebus, ayam goreng, hingga baju kebaya. Tapi siapa sangka kalo kerja kerasnya sekarang berbuah hasil yang manis. Semua itu doi capai tentunya dengan usaha yang tekun ya guys.

4. Young Lex

via zetizen.com
(Sumber: zetizen.com)

Rapper yang diawal kemunculannya banyak menuai kontroversi dan sampe sekarang masih banyak kontroversinya ini ternyata memulai hidupnya dari bawah banget. Samuel Alexander Pieter atau lebih kita kenal sebagai Young Lex dulunya pernal jualan nasi uduk saat duduk di bangku SMP. Ketertarikannya sama musik hip hop berawal waktu doi menginjak bangku SMA.

Untuk ngumpulin modal rekaman, doi sampe rela buat kerja jadi staf gudang dan office boy. Kisah hidup doi inilah yang akhirnya dicurahkan ke single barunya yang berjudul “Office Boy”. Doi menyampaikan pesannya di lagu ini, bahwa segala sesuatu mesti dimulai dari bawah dan gak ada kata nyerah buat perjuangin apa yang kita impikan. Salut!

5. Joko Widodo

©Genmuda.com/2016 Gabby
Presiden Joko Widodo ngasih sambutan di acara pembukaan IFSE di JCC, Jumat (25/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Nah, ini gak kalah inspiratif. Dari kecil, Pak Jokowi udah terbiasa buat kerja keras dengan berdagang, ngojek payung, jadi kuli panggul, dan juga bantu bapaknya buat jadi tukang kayu di umur 12 tahun. Karena dulu rumahnya sering digusur bahkan sampe 3 kali, doi jadi punya pandangan yang beda soal penertiban permukiman warga waktu menjabat jadi Walikota Surakarta.

Gak ada yang nyangka kalo anak yang dulu sering bantuin bapaknya ngegergaji kayu, sekarang jadi orang nomor 1 di Indonesia. Kisah hidupnya yang  sangat inspiratif ini difilmkan dengan judul Jokowi di tahun 2013.

Di tahun 2014 silam, saat terpilih menjadi Presiden Indonesia ke-7, wajahnya pernah menjadi cover majalah kenamaan “Time” tulisan “A New Hope.” Alasannya sih sederhana gengs, sosoknya dikenal membangun paradigma masyarakat, bahwa semua orang boleh punya mimpi dan ketika mimpi ini terwujud mereka dapat menjadi harapan baru bagi orang lain. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.