Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Samuel Alexander Pieter — dikit yang kenal kecuali kalo udah dibilangin itu adalah nama aslinya Young Lex — ngeluarin single rap baru berjudul “Office Boy” di YouTube, 26 April 2017. Gak kayak lagu-lagu sebelumnya yang kolaborasi sama penyanyi lain, Young Lex ngerap solo di lagu anyarnya.

Lirik lagunya dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, sementara lagunya diaransemen dengan keren sama Mo Carisma yang juga dapet bantuan dari Tatsuro Miller, –DJ yang lagi naik daun banget di Malaysia. FYI, DJ Tatsuro Miller itu sendiri udah termasuk salah satu DJ internasional yang keberadaannya diakui Red Bull dan berbagai sponsor rave party lainnya.

Masalahnya, single anyar ini bisa dibilang bagus sehingga gak banyak yang bisa dikata-katain dari lagunya. Kalo kamu bersedia dengerin lagunya dan perhatiin lebih lanjut, di bawah ini adalah perkembangan pesat Young Lex sebagai rapper yang terdengar di lagu terbaru doi. Pertahankan ya, boy!

1. Tampil sendiri lagi!

via giphy.com

Cowok kelahiran Jakarta, 18 April 1992 itu udah punya album rap solo berjudul “YOGS” tahun 2014. Fair aja, saat album itu berusia dua tahun, nama doi belum tenar meluas. Setelah bikin project bareng Awkarin, September 2016, baru deh nama doi naik melejit.

Tapi, sayang lagunya semacam jadi antagonis di dunia musik dan banyak yang berpikir doi gak bisa ngerap sekaligus “pengaruh buruk” bagi para penontonnya. Abis itu, doi duet sama Gamaliel di lagu “Slow” yang ratusan kali lebih baik daripada lagu sama Awkarin. Kini, doi kembali ke jalan yang benar dengan ngerilis lagu solo. Gitu dong.

2. Rapnya punya rima

via photobucket.com

Gak banyak sih, tapi Young Lex terasa makin jago bikin lirik yang punya rima dan gak kedengeran maksa. Sayangnya, doi kebanyakan mengulang kata “boy,” “boy,” “boy” di akhir bait, sehingga bisa dikira doi lagi kebingungan nyari diksi yang pas untuk bikin kalimatnya punya rima.

3. Nyanyinya mulai bernada

via tenor.co

Rap Young Lex suka kedengeran monoton karena ritme ngerapnya suka sama semua dari awal sampai akhir. Lagu sekarang gak gitu-gitu banget, kok. Ada bagian doi ngerap dengan nada yang gak fals. Mungkin karena setelah diedit mati-matian sama tim produksi, mungkin juga itu asli suara doi. Berpikiran positif aja, boy.

Kalo kamu penasaran, coba dengerin bagian bridge yang liriknya “Emang kita dari bawah, boy. Tapi kita punya hak buat sukses juga, boy” dan “Semua mulai dari bawah, boy. Gua juga pernah dulu di posisi elo, boy.”  Udah di bagian itu doang.

4. Gak banyak ngomel

via imgur.com

Lagu-lagu Young Lex terkenal berisi curhatan yang dibumbui banyak banget omelan sambil pamer dan mencela orang lain. Misalnya, kayak lagu ngomel doi “O Aja Ya Kan” di album “YOGS.” Tapi, yaudah. Isinya gitu doang. Gak ada pesan yang bisa diambil pendengarnya.

Baru deh di lagu “Office Boy” si Alexander ini mengurangi kata-kata kotor dan ngajak para pendengar supaya gak mengubur cita-citanya meski lagi di kondisi sulit. Terlepas dari liriknya yang begitu cheesy alias klise, Young Lex mengajak fansnya untuk melakukan hal positif adalah kemajuan besar.

5. Liriknya punya fakta

via istimewa

Yang paling menarik dari lagu “Office Boy” adalah doi secara gamblang ngajak pendengar buat mencontoh Pak Houtman Zainal Arifin. Siapa doi? Doi adalah office boy Citibank yang banyak belajar, berani, dan punya cita-cita hingga akhirnya ngeraih jabatan Vice President bank internasional itu setelah kerja selama lebih-kurang 19 tahun.

Sip lah. Young Lex mungkin masih harus banyak membenahi rap doi tapi doi udah nunjukin perkembangan pesat di lagu “Office Boy.” Buat Young Lex: Jangan mau kalah sama haters dan beli omongan mereka dengan prestasi, sesuai kata-kata lo di hampir semua lirik lagu lo.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.