Senin, 3 Oktober 2022

Genmuda – Belasan genset setinggi lebih dari dua meter, lebar lebih dari tiga meter berjajar di pagar selatan Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Jumat malam (4/5). Gerung alat penghasil listrik itu tersamarkan oleh jedak-jeduk panggung SHVR Ground Festival 2018 hingga Sabtu (5/5) dini hari WIB.

Tepat di balik pagar selatan, ada Panggung Diamond. Hentakan ritme bas panggung yang diisi para DJ rising star Tanah Air itu terdengar hingga area parkir beberapa meter jauhnya, menembus pepohonan rindang sekitar Ecopark dan udara dingin sehabis hujan.

Pada ujung utara Ecopark, ada panggung outdoor Frozen Galaxy yang diisi para penampil utama macam Dipha Barus, Rita Ora, juga Cash Cash. Di ujung lain taman super luas itu, ada panggung indoor Chilling Square yang diisi DJ-DJ chill macam FKJ juga Zimmer.

Area luas

©Genmuda.com/2018 TIM
Papan request DJ untuk SHVR tahun depan. ©Genmuda.com/2018 TIM

Hentakan ritme bas dari masing-masing panggung terdengar dari jarak beberapa meter. Untung aja Ecopark luasnya sekitar 34 hektar, jadi suara dari masing-masing panggung gak saling bersahutan.

Berdasarkan pengamatan Genmuda.com, area keseluruhan lebih besar ketimbang SHVR Ground 2017 yang terselenggara di sebagian lapak JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Dipha Barus makin banyak penggemar

©Genmuda.com/2018 TIM
Ini Nadjib, fans barunya Dipha Barus. ©Genmuda.com/2018 TIM

Begitu Genmuda.com tiba di lokasi, sekitar pukul 20.30 WIB, Dipha Barus lagi manggung di panggung utama yang jaraknya paling jauh dari pintu masuk utara.

Begitu Genmuda.com tiba di area panggung, DJ andalan Indonesia itu baru turun panggung ninggalin sisa-sisa pesta berupa confeti dan beberapa penonton yang pada duduk bersimbah keringat.

Salah satu penonton cowok, yang kebetulan datang dari Malaysia tersihir penampilan Dipha Barus. “Saya baru pertama kali lihat pentasnya langsung suka. Sepulang dari sini, saya akan langsung dengar semua lagunya,” tutur Nadjib Abdul Kadir (22).

Dengan bahasa Melayu campur Inggris dia lanjutin, “Di Malaysia tak ada musisi macam itu. Malah, tak ada jenis festival musik macam ini. Kami biasa hanya mengadakan satu panggung di satu acara musik. Bukan tiga seperti ini.”

Rita Ora suka crowd SHVR

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Sementara penonton istirahat setelah digenjot Dipha, kru berbaju putih mulai menata alat musik di atas panggung selama beberapa puluh menit. Kemudian, suara MC dengan lantang umumin kehadiran Rita Ora.

Penyanyi Inggris yang namanya melambung sejak 2012 itu pun genjot penonton. Doi bawain beberapa lagu hitsnya seperti “Poison,” “Body On Me,” “Lonely Together,” “Hot Right Now,” dan pastinya “Your Song.”

Dengan onesie hitam ketat dan gemerlap, Rita menari menggoda penonton. Di tengah penampilan, dia nampilin video tribute lagu “Wake Me Up” buat mengenang DJ Avicii yang meninggal April lalu.

Secara keseluruhan, Rita pun menyukai crowd. “Wah! Area kiri saya penuh betul sementara area kanan saya masih banyak yang kosong di belakang,” kata Rita Ora. “Namun, suara kamu lebih keras!” lanjut doi ke penonton di kanannya.

Emang benar. Sementara area sisi kiri Rita penuh membeludak, area kanan masih menyisakan sekitar 40% area kosong di belakang.

Banyak penonton yang telat dateng

©Genmuda.com/2018 TIM
Rombongan penonton yang datang setelah Rita Ora turun panggung. ©Genmuda.com/2018 TIM

Setelah Rita Ora menuntaskan penampilannya, penonton mulai memenuhi Ecopark. Saking penuhnya, sampai mustahil bisa berjalan tanpa bersinggungan tangan atau bahu dengan penonton lain.

Ada banyak alasan penonton pada datang di atas jam 21.00 WIB. Misalnya, karena pulang beraktivitas lebih malam atau karena terjebak macet di jalan plus antrean mobil masuk kawasan Ancol. Salah seorang penonton sampai suntuk banget karena keterlambatannya.

Johan (23) berharap nonton FKJ tapi doi gak kebagian. Dia dan kedua teman juga ingin banget nonton Disclosure tapi cuma kebagian di tengah-tengah.

“Jadwal penampilan artis favorit gue bentrok. Karena memaksakan ingin nonton keduanya, gue malah engga kebagian semuanya,” kata dia. Sementara penonton masih berpesta sampai jelang fajar, Johan dan dua temannya pulang tepat tengah malam.

Diskopantera berani gila

©Genmuda.com/2018 TIM
Diskopantera terhanyut musik medleynya sendiri. ©Genmuda.com/2018 TIM

Johann pun gak sempat menyaksikan kegilaan yang ditularkan Diskopantera ke penonton. Dari balik MacBook, Diskopantera yang mengenakan kaos hitam dimasukan ke celana olahraga yang menampilkan pahanya, memedley banyak lagu hits dari era 1980-an ke 1990-an.

Tercatat, ada 25 lagu yang dia medley. Di antaranya, “Ini Rindu” – Jamal Mirdad dan Iis N; “Asereje” – Las Ketchup; “Oops!… I Did It Again” – Britney Separs; “La Macarena” – Los Del Rio; “Tua-Tua Keladi” – Nicky Astria; dan ditutup sama “Mr Brightside” – The Killers.

“Gue cinta banget sama penonton di depan gue. Terimakasih banyak buat lo yang lebih memilih nonton orang gila macam gue daripada nonton Disclosure di panggung sebelah,” kata Diskopantera.

Dia kemudian menyapa salah satu penonton yang histeris dari awal Diskopantera menggila. “Diskopantera keren banget. Jarang ada DJ yang bisa memedley lagu-lagu hits dengan transisi pas seperti dia,” kata Maddy Pertiwi (32) setelah Diskopantera turun panggung.

Kegilaan macam itu masih akan berlangsung Sabtu (5/5) di Allianz Ecopark Ancol. Inget, ya. Gate dibuka dari jam 16.00 WIB. Jadi, buruan dateng karena ada Alison Wonderland, Alan Walker, dan Nicky Romero yang bakalan tampil. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.