Sabtu, 28 Januari 2023

Genmuda – Kawan Muda mungkin udah engga asing lagi sama yang namanya startup. Sederhananya, startup itu merupakan suatu usaha atau bisnis yang dibangun kurang dari 3 tahun.

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis startup lagi ngetren dan gencar banget di kalangan industri kreatif di Indonesia. Bahkan, sebagian besar pemiliknya adalah remaja yang punya ide unik untuk bisnisnya. Selain bisa menjadi wadah kreativitas kamu, bisnis startup pun bisa menjadi jawaban untuk lapangan pekerjaan di Indonesia.

Kamu sendiri kepikiran buat bikin bisnis startup engga, Kawan Muda? Supaya makin lancar dan engga galau di tengah jalan, lebih baik kenali dulu deh apa produk yang mau kamu jual. Kamu pilih produk vitamin atau aspirin?

Vitamin yang Bikin Sehat

(Sumber: spark10.com)

Jenis startup yang pertama adalah vitamin. Seperti yang Kawan Muda tahu, kegunaan vitamin adalah untuk ngejaga kesehatan tubuh agar engga mudah terkena penyakit. Oleh karena itu, produk startup yang tergolong vitamin artinya konsumen bisa ngedapetin dan ngegunain atau ngekonsumsi produk kamu kapan aja. Contoh sederhananya adalah aplikasi komputer.  Namun demikian, kalau Kawan Muda memilih produk dengan kategori vitamin, penjualan kamu akan lebih sulit. Kenapa? Karena, biasanya pesaing kamu pasti lebih banyak.

Aspirin yang Menyembuhkan

(Sumber: startupmanufactory.com)

Di dunia medis, aspirin sangat diandalkan untuk nyembuhin penyakit terutama dengan kondisi yang berbahaya. Bisnis startup dengan kategori aspirin artinya bisnis Kawan Muda tergolong bisnis yang mampu nyelesain masalah konsumennya. Produk atau jasa dari bisnis kamu diperlukan karena memang sangat dibutuhkan. Sebenarnya, engga jauh beda dengan kategori vitamin, kategori aspirin pun sedikit susah pada saat penjualan karena butuh edukasi yang kuat.

Selain dua jenis startup yang utama tersebut, Kawan Muda masih punya satu pilihan lagi, yakni Candy. Kategori ini bersifat pleasure seeking, artinya cocok ditargetkan untuk konsumen yang doyan belanja hanya karena lapar mata.

Nah, buat Kawan Muda yang sudah siap jadi pebisnis, kira-kira rancangan bisnis startup kamu masuk kategori mana nih? Engga usah khawatir, asal bisa ngenalin dan ngejual bisnis kamu dengan benar, kamu pasti bisa sukses kok. Kalau engga sekarang, kapan lagi kamu bisa buat lapangan pekerjaan ya ‘kan? (gac)

Comments

comments