Minggu, 9 Agustus 2020

Genmuda – Bali sering menjadi destinasi utama yang muncul pertama kali saat Kawan Muda ditanya, “Ingin liburan ke mana?”. Tapi niat liburan ke Pulau Dewata biasanya hanya sekedar wacana setelah memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan. Karena, sebagai destinasi wisata, Bali dianggap sangat mahal untuk segala pengeluaran termasuk penginapan, makan, transportasi dan lain-lain.

Salah satu cara untuk menekan pengeluaran kamu, mau gak mau bisa dilakukan dengan liburan ala backpacker. Kalo kamu baru pertama kali coba dunia per-backpacker-an dan mau menjajal serunya traveling hemat, yuk langsung ambil ransel dan penuhi dengan barang-barang kebutuhanmu secukupnya sambil baca 5 tips berikut ini.

1. Rencanakan Liburan bukan saat Akhir Pekan atau Musim Liburan

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Ini adalah tips paling dasar buat para backpacker. Jangan pernah pergi liburan saat high season. Udah pasti tempat wisata bakalan rame dan membuat berbagai harga item wisata—mulai dari penginapan, transportasi, makanan, hingga tiket masuk tempat wisata—menjadi serba mahal.

FYI, waktu-waktu yang termasuk high season adalah libur lebaran, liburan kenaikan sekolah, hari natal dan tahun baru. Pilih hari biasa yang gak terlalu ramai. Kalo kamu seorang karyawan, ajuin aja cuti dari jauh-jauh hari sebelumnya.

2. Pilih Mode Transportasi Paling Efisien

©Genmuda.com/2017 TIM
Petugas travel agent sedang mengajari pengunjung cara memesan tiket promo. ©Genmuda.com/2017 TIM

Kita biasa berpikir bahwa pergi naik pesawat lebih mahal ketimbang naik mobil. Eits, justru kalo kamu memilih naik mobil dari Jakarta ke Bali adalah cara yang boros dan membuang waktu. Inget aja tips nomor 1, “Tentukan cuti dan pesanlah tiket pesawat murah beberapa bulan sebelumnya.”

Biasanya maskapai penerbangan sering memberlakukan harga murah di luar high season. Kalo beruntung, kamu bisa mendapatkan tiket pulang pergi Jakarta-Bali hanya Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribu aja.

3. Pilih Tempat Wisata yang Ekonomis

via: Google
Pantai Pasih Uug (Sumber: Instagram)

Namanya juga backpacker jangan takut untuk berpetualang, gengs. Lupakan tempat wisata mainstream yang sering disebutkan di situs-situs perjalanan, selain gak ada hal baru, tempat wisata mainstream umumnya lebih mahal.

Jangan takut menjelajahi tempat-tempat baru, siapa tau kamu akan menemukan surga tersembunyi di Pulau Dewata. Pantai Pasih Uug (Broken Beach), Pantai Nyang Nyang dan Pantai Gunung Payung adalah beberapa lokasi yang belum banyak diketahui wisatawan, dan tentu aja lebih murah.

Saat di lokasi wisata, tahan juga keinginan kamu untuk makan di lokasi wisata atau bermain watersport, jika tidak, rencana penghematanmu akan gagal total karena kegiatan tersebut udah terkenal cukup mahal buat kantong.

4. Sewa Motor untuk Bepergian

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Mengunjungi Bali ala backpacker, tantangannya adalah menjelajah tempat-tempat yang tersembunyi. Hal tersebut tentunya akan sulit dilakukan kalo menggunakan mobil, bus atau travel.

Oleh sebab itu, sewa aja motor untuk menjelajah dari tempat satu ke tempat yang lain. Selain biaya sewanya lebih murah—sekitar Rp 350 ribu untuk tujuh hari— kamu pun bisa berkeliling sepuasnya. Jangan lupa juga buat anggaran buat isi bensin.

5. Pilih Penginapan yang Murah

via: airyrooms.com
(Sumber: Airyrooms.com)

Denpasar sering dipilih untuk mencari penginapan. Selain dekat dengan banyak obyek wisata, kota Denpasar sangat identik dengan pura-pura khas Bali yang menonjolkan budaya setempat. Kamu gak perlu khawatir gak mendapatkan hotel murah di Denpasar. Karena selain banyak terdapat hotel berbintang, kawasan ini pun banyak menyediakan penginapan murah.

Salah satu alternatif penginapan murah yang bisa dipilih adalah Airy Rooms. Jaringan hotel budget dan guest house terbesar di Indonesia ini gak cuma menawarkan tarif menginap yang ringan di kantong, namun juga berbagai fasilitas dan kemudahan cara pembayaran.

Meski murah, fasilitas yang diberikan sangat memadai, mencakup tempat tidur bersih, kamar mandi dengan shower air panas dan perlengkapan mandi, air minum, AC, TV , juga wifi gratis. Proses pemesanannya pun relatif mudah. Cukup melalui website atau instal aplikasi Airy Rooms di android atau iOS. Kini pembayaran pun tidak hanya transfer bank atau kartu kredit saja, melainkan juga bisa dilakukan di gerai Indomaret.

Gimana? Siap untuk merencanakan perjalanan backpacker ke Bali? (adv)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.