Selasa, 25 Juni 2024

Genmuda – Kata orang, generasi milenial itu udah kecanduan banget sama yang namanya hp dan media sosial sampai-sampai engga peduli lagi sama dunia nyata. Tapi siapa sangka, anggapan tersebut ternyata berhasil dibantah lewat sebuah riset loh, Kawan Muda.

Kamu mungkin udah berulang kali disuruh sama orang tua atau orang-orang terdekat kamu buat berhenti mainan hp dan mulai berusaha buat ngehargain momen yang seharusnya lagi kamu nikmatin. Gara-gara itu, kamu pun akhirnya jadi ngerasa engga enak sendiri setiap kali mau update Instagram.

Well, kabar gembira buat kita semua, nge-update tiap makanan, anjing-anjing lucu, maupun tempat-tempat keren ke Instagram itu sebenarnya malah bisa ngasih keuntungan buat kita. Manfaat dari rajing nge-update momen ke Instagram bahkan jauh dari sekedar dapat likes dan nambah followers.

Lah, apa alasannya bisa sampai kayak gitu? FYI, sebuah riset terbaru udah nunjukin bahwa ngeluangin waktu buat ngedokumentasiin suatu momen ketimbang cuma ngejalanin justru bisa bisa bikin kita lebih nikmatin momen tersebut. Dengan kata lain, kenikmatan momennya jadi berlipat ganda.

Nah, buat sampai di kesimpulan akhir itu, para peneliti awalnya ngelakuin sembilan eksperimen. Tujuan dari berbagai eksperimen tersebut adalah buat ngukurin sejauh mana orang-orang nikmatin dirinya saat ngelakuin kegiatan-kegiatan yang nyenengin kayak pergi ke museum, makan, atau ngejelajahin kota.

(Sumber: rd.com)

Dari situ, para peneliti berhasil nemuin kalau orang-orang cenderung lebih nikmatin diri mereka saat mereka ngabadiin pengalaman mereka di hp ketimbang saat mereka beraktivitas tanpa hp sama sekali. Hal itu pun terkait dengan sejauh mana mereka benar-benar tertarik dengan apa yang lagi terjadi.

Singkatnya, terlepas dari omongan orang bahwa kita engga bisa benar-benar ngalamin sesuatu karena ada hp, para peneliti malah nemuin yang sebaliknya. Para peneliti nemuin bahwa orang-orang yang bisa ngambil foto cenderung lebih terlibat dengan hal yang lagi berlangsung di hadapan mereka.

Lebih tepatnya, orang-orang yang suka ngabadiin momen pakai hp secara sadar ngarahin perhatian mereka ke hal yang memang lagi mereka lihat. Itulah yang akhirnya ningkatin kesenangan yang dialamin sama orang-orang yang katanya sibuk sendiri sama hp mereka daripada fokus ke kegiatannya tersebut.

Apa yang kami temukan adalah Anda sebenarnya melihat dunia dengan sedikit berbeda, karena Anda melihat hal-hal yang ingin Anda abadikan, yang kepadanya mungkin Anda ingin bertahan,” kata Kristin Diehl, salah seorang peneliti riset tersebut, kepada TIME.

Namun demikian, kalau kamu bukan tipe yang Instagram banget, kamu engga perlu khawatir, Kawan Muda. Justru, yang lebih ngasih kamu banyak kesenangan adalah tindakan perencanaan kamu buat ngambil foto ketimbang tindakan kamu saat benar-benar ngeklik tombol capture. So, kuncinya ada pada gimana kamu terikat dengan apa yang lagi kamu lihat. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer