Rabu, 30 September 2020

Genmuda – Indonesia baru aja menggelar perhelatan bergengsi di bidang bulutangkis, yaitu BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017. Bertempat di JCC Plenary Hall, Jakarta, pertandingan ini udah berlangsung dari tanggal 12-18 Juni kemarin.

Meskipun Indonesia jadi tuan rumah, atlet kita cuma bisa nyumbang 1 juara aja, yaitu dari ganda campuran, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Untuk tunggal putra dimenangkan sama Kidambi Srikanth dari India, dan tunggal putri berhasil disabet oleh Sayaka Sato dari Jepang.

Selanjutnya, ganda putri dimenangkan sama Cheng Qingchen dan Jia Yifan dari China, sementara ganda putra dijuarai oleh Li Junhui dan Liu Chen yang juga dari China. Ada yang menarik dari pertandingan penyisihan di babak semifinal, sebelum ganda putra Denmark ketemu sama ganda putra China.

Yaitu di pertandingan antara Mathias Boe dan Carsten Mogensen asal Denmark yang melawan pebulutangkis asal Indonesia, yaitu Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Pertandingan tim ganda putra ini dilakukan sampai 3 set karena sengitnya permainan kedua tim.

Di set pertama, tim Denmark berhasil mengalahkan Indonesia dengan hasil 21-17. Seakan gak mau nyerah, Fajar dan Rian akhirnya memenangkan set kedua dengan skor 18-21. Entah karena faktor apa, tim Indonesia akhirnya dikalahkan sama Boe dan Mogensen dengan skor yang cukup jauh yaitu 21-12.

Tapi bukan itu yang jadi sorotan netizen. Bukan soal pertandingannya yang akhirnya dimenangkan sama tim Denmark, tapi justru karena aksi Boe yang dinilai gak sopan. Di akhir pertandingan menuju skor 21, emang udah terjadi ketegangan di kubu supporter Indonesia, dan akhirnya Indonesia gak bisa mengejar ketertinggalan dan menyerahkan gelar semi finalis ke Denmark.

Boe yang waktu itu mungkin kesenengan, akhirnya bikin aksi goyang dan juga melempar raketnya. Supporter Indonesia yang waktu itu udah teriak-teriak ‘Go Home Denmark’, mungkin langsung tersulut emosinya ketika Boe malah ngeledek mereka. Kayak gini nih.

via: Kompas
Pemain ganda putra Denmark, Mathias Boe – Carsten Mogensen meluapkan kegembiraan setelah berhasil mengalahkan pemain ganda putra Indonesia, Fajar Alfian – Muhammad Rian Ardianto pada pertandingan semifinal BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Sabtu (17/6/2017). (Sumber: KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)

“Mereka berteriak, ‘Go home, Denmark!’ (Pulanglah Denmark). Ada yang menghina negara saya, ada juga yang menghina saya. Untuk yang menghina saya, saya bisa terima itu karena itu bagian dari permainan bulutangkis. Tapi komentar yang sampai mengancam atau mengganggu kehidupan Anda, itu tidak lucu. Jika Anda anggap itu lucu, Anda juga perlu mendapat pendidikan dari orang tua Anda. Terima kasih,” katanya, dikutip dari CNN Indonesia.

Selain itu, doi juga bikin klarifikasi di Instagram resminya, @mathias.boe.


Jadi gimana menurut kamu, doi itu beneran ngeledek atau ya cuma selebrasi karena kemenangannya aja ya? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.