Minggu, 12 Juli 2020

Genmuda – Dubai lagi-lagi pengen bikin gedung pencakar langit baru, yang lebih tinggi lagi dari Burj Khalifa. Kalo sebelumnya Burj Khalifa punya tinggi hampri 830 meter, maka ‘The Tower’ punya tinggi hampir 1 km, yaitu 928 meter. Pengerjaan konstruksi gedung yang bakal dibangun di Dubai Creek Harbour ini udah dimulai dari tahun 2016 lalu, dan diperkirakan akan selesai di tahun 2020 nanti.

Masih banyak lagi hal yang cuma ada di Dubai dan bikin kamu mikir ‘hah? kok bisa?’. Selain gedung pencakar langit yang bisa melihat keseluruhan pemandangan kota secara 360 derajat, dan bahkan punya 3 waktu jam buka puasa karena saking tingginya, beberapa hal keren ini juga cuma ada di Dubai loh! Catet dulu, siapa tau kamu bisa ke sana.

1. Jeep ukuran extra, ‘King Size’

Image result for king size jeep in dubai

Ini bukan jenis ukuran tempat tidur, tapi Jeep unik dengan desain ngeyel. Gimana gak, desainnya sih kayak 2 mobil disambungin jadi satu. Iya, serius. Jadi mobilnya gandengan kayak di atas.

Setirnya cuma ada 1 sih, tapi bangku depannya dan belakangnya menjadi 4. Wah muat banyak ya Jeepnya. Bisa buat mudik nih.

2. Mobil patroli polisinya pake Lamborghini

Kayanya orang-orang di Dubai emang kebanyakan uang ya, dan begitupun sama orang-orang di pemerintahannya. Bahkan polantas di Dubai udah pake mobil pabrikan Italia, yaitu Lamborghini.

Entah biar keren aja atau gimana, tapi emang Dubai punya banyak jenis mobil mewah yang dijadiin sebagai mobil patroli polisi ‘aja’. Bayangin ngejar maling di Dubai pake Lamborghini yang punya kekuatan 691 tenaga kuda, dan bisa mencapai kecepatan 60 km/jam dengan cuma 3 detik.

3. ‘Vending machine’ emas batangan

Image result for gold vending machine

Kamu gak akan bisa cari vending machine yang isinya aneh-aneh kayak di Jepang, atau vending machine yang isinya standar kayak minuman atau boneka di Indonesia. Karena orang-orang di sana terlalu tajir, makanya sampe disediain vending machine yang bisa ngeluain emas batangan. Iya, emas batangan cuy!

Namanya “Gold To Go – The Gold ATM,” dan baru ada pertama kali di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi. Di sini, kamu bisa ambil emas 24 karat, semudah ambil uang Rp 50.000 di ATM biasa. Emas yang dikeluarin adalah dengan berat 1, 5 dan 10 gram. Gak cuma emas, ada pula vending machine alat kecantikan hits yaitu Huda Beauty. Duh, pengen!

4. Pelihara cheetah, macan dan singa

Image result for cheetah pet in dubai

Bukan pelihara binatang mainstream kayak ikan, kura-kura, kucing, dan anjing, masyarakat di Dubai lebih memilih buat memelihara binatang-binatang liar sebagai hewan peliharaan. Bukan ular atau buaya yang udah banyak dipelihara sama orang Indonesia, melainkan cheetah, macan dan singa.

Jadi jangan kaget kalo kamu ke Dubai nanti terus liat ada kepala cheetah, singa, atau macan tutul yang nongol dari sebuah mobil mewah. Pelegalan binatang-binatang sebagai hewan peliharaan udah disahkan dari Januari 2017 lalu oleh pemerintaha. Tapi setelah itu, akhirnya pemerintah melarang lagi buat melihara ketiga hewan tersebut dengan alasan, makin boleh pelihara hewan yang buas, nanti orang tersebut makin sombong. Nggggg…

5. Taman bunga terbesar di dunia

Image result for flower garden in dubai

Kamu pernah ke Taman Bunga Nusantara di Cianjur? Kalo udah, pasti kamu ngerasa kelelahan banget kan menjelajahi semua kawasan taman itu. Eits, jangan ngaku cape kalo belum dateng ke Dubai Miracle Garden. Ini adalah taman bunga yang paling besar dan luas sedunia.

Kenapa paling besar dan paling luas, karena taman ini punya 109 juta bunga, yang cantik kayak karpet di lahan seluas 72.000 meter persegi. Ada pula taman kupu-kupu sehingga kamu bisa main sama kupu-kupu di taman bunga yang cantik banget ini. Taman ini dibuka dari jam 10 pagi sampe 10 malem, tutup di akhir Mei, dan buka lagi di bulan Oktober. Tiket masuknya gak tanggung-tanggung, yaitu 20 Dhs, atau sekitar 1,5 juta rupiah. Wadaw!

6. Ski di dalam Mall

Image result for sky in dubai mall

Tau kan kalo Dubai itu dikelilingi sama padang pasir di padang tandus? (ayat-ayat cinta kali ah) Nah kalo mau ngadem, kamu bisa nih mampir ke Mall of the Emirates, dan cobain wahana di Ski Dubai, tempat main ski indoor pertama di dunia yang punya gunung es buatan setinggi 85 meter, bahkan ada gondolanya juga loh.

Luas total dari wahana ini adalah 22.500 meter persegi, atau setara sama 225 kali ukuran lapangan bola. Suhu di Dubai yang bisa mencapai 37 derajat seketika langsung berada di bawah 0 derajat ketika kamu main kesini. Salju yang ada di sini pun salju asli loh, jadi aman buat anak-anak juga. Kalo mau main ke sini seenggaknya kamu harus siapin uang sebanyak hampir 2 juta ya!

7. Main tenis di rooftop

Image result for playing tennis in rooftop in dubai

Bosen main tenis dilapangan hijau atau lapangan aspal yang standar? Coba main tenis di Dubai deh, pasti bakal ngasih sensasi main tenis yang beda dan gak bakal kamu rasain dimanapun. Lapangan tenis ini adalah lapangan tenis tertinggi di dunia, yang berada di Burj Al Arab, yang merupakan hotel keempat tertinggi di dunia, dengan tinggi 321 meter.

Lapangan ini sebenernya berfungsi sebagai helipad juga, makanya tempatnya tinggi banget. Andre Agassi dan Roger Federer pernah nyoba main di lapangan ini, sebelum mereka bertanding di turnamen tenis di Dubai. Kebayang dong main tenis di udara terbuka dan tinggi banget? Banyak angin dan deg-degan tuh pastinya.

8. Tersedia makanan gratis buat yang gak punya uang

Image result for free food for no money people in dubai

Jangan takut kelaperan walaupun kamu gak punya uang selama tinggal di Dubai. Karena saking kayanya, orang-orang di sana bahkan nyediain makanan buat orang yang gak punya pekerjaan atau gak punya uang. Makanan-makanan kaleng itu tersedia di kulkas dan siapa aja bisa ambil. Tapi ya gitu, kalo kamu ambil makanan di situ, kamu keliatan gak mampunya.

Karena di atas kulkasnya ada tulisan “makanan gratis, hanya untuk yang gak punya uang buat beli makanan, dan juga gak punya kerjaan.” Dan dibawahnya, ada tulisan tambahannya “kami minta 1 orang hanya mengambil 1 barang saja”. Wah, orang kurang mampu di Dubai sejahtera ya.

9. Kalo kebanyakan uang juga bisa abisin dengan hal sepele ini

Image result for gold dessert in dubai

Kebalikan sama diatas, kalo kamu kebanyakan uang dan gak tau mau ngabisinnya gimana, di Dubai tersedia dessert termahal di dunia. Gimana gak mahal, harga 1 ‘golden cupcake’-nya aja mencapai 18.713 dolar Amerika, atau seharga 261 juta rupiah. Itu baru cupcake, kalo kamu beli burger, harganya 293 dolar Amerika atau setara dengan 4 juta.

Cupcake-nya mahal karena bikinnya pake cokelat asala Italia asli, dan makanan lainnya dilapisi sama emas 23 karat. Kamu tau dari mana biji vanillanya didapatkan? Berasal dari Urganda tcoy!

10. Balap unta

Image result for camel race in dubai

Kalo di Indonesia ada karapan sapi yang melegenda di tanah Madura, maka di Dubai adanya balapan unta. Kenapa balapan unta, ya karena di daerah Dubai yang diliputi sama padang pasir itu cuma ada binatang unta yang bisa dijadikan balapan.

Ternyata balap unta ini adalah tradisi dan juga kebudayaan yang udah turun temurun dilakuin di Dubai sana. Seekor unta jantan di sana harganya mahal banget, bisa mencapai 35 juta dirham, atau setara 125 miliar. Goks! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.