Selasa, 25 Juni 2024

Genmuda – Kita hidup dimana gadget sama pentingnya sama cinta. Semua orang butuh gadget, malah banyak juga yang ngejadiin gadget sebagai barang super penting yang harus dibawa kemana-mana dua puluh empat jam. Pokoknya satu menit jauh-jauhan sama gadget aja rasanya udah nyakitin. Huf.

Gadget emang punya peranan besar dalam mendukung aktivitas kita sehari-hari, dari mulai HP, laptop, tab, dan segala macemnya. Kita bukan cuma bisa komunikasi aja pake gadget, tapi juga nyari informasi sampe ngelakuin banyak pekerjaan. Tapi, bukan berarti kamu bisa ngegunain gadget terus-terusan loh Kawan Muda.

Pasti kamu udah sering banget baca berita yang ngasih tau bahaya gadget buat kita. Semua itu bener banget, apalagi kalau kamu suka mainan gadget sebelum tidur. Kenapa? Soalnya gadget bisa ‘menyabotase’ tidur kita. Serius. Kok bisa, dan kenapa kita harus berhenti main gadget kalau udah waktunya tidur? Ini dia penjelasannya.

  1. Gadget “ngebohongin” kita kalau belum malem-malem banget
(Sumber: uratex.com)

Maksudnya gini, bahkan kalau kamu udah matiin lampu kamar yang nandain waktunya tidur, cahaya dari gadget kamu bisa menipu. Dr. Kent Smith, seorang dokter ahli tidur dari Dallas mengatakan bahwa gadget memancarkan cahaya biru yang ngirim sinyal ke suprachiasmatic nucleus (sel yang berfungsi sebagai alarm buat kita, kayak jam internal di dalam tubuh gitu) bahwa pas kamu lagi main gadget, belum malem-malem banget kok.

Jadi, walaupun udah jam dua pagi, kamu gak bakal berasa sama sekali pas lagi mainan gadget “Ketika otak kita tertipu, mereka tidak mengeluarkan hormon melatonin yang biasanya membantu kita untuk memulai tidur,” kata Dr Smith. Tuh!

  1. Punya hutang tidur banyak banget efek sampingnya
(Sumber: time.com)

Semua orang juga tau kalau kurang tidur tuh bener-bener gak baik buat kesehatan. Waktu tidur kita yang cukup adalah sekitar 6-8 jam sehari guys, kalau kamu tidur kurang dari waktu tersebut, tandanya kamu masih berhutang kan.

Nah hutang tidur ini banyak banget efek sampingnya, dari mulai bikin gemuk dan obesitas, kehilangan memori, gangguan mood, sampe penyakit-penyakit yang berbahaya. Selain itu, kalau kamu terus-terusan kebiasa mainan gadget sampe malem banget dan gak tidur-tidur, kamu bisa terkena penyakit insomnia onset.

  1. Bahkan naro HP di sebelah kita pas tidur aja bisa bahaya banget
(SumberL monitor.co.ug)

Kebanyakan orang pasti naro HP nya di sebelahnya ketika tidur. Padahal, bukan cuma bisa ngegoda kamu buat mainan HP terus, naro ponsel di sebelah pas lagi tidu tuh bahaya banget buat kesehatan secara fisik.

“Ponsel yang ditaruh di dekat kepala saat kita tidur telah dibuktikan oleh penelitian bisa mengurangi kelelapan dalam tidur dan membuat sakit kepala.” Kata Dr. Smith. Nah kan, Kawan Muda!

Udah deh, berenti mainan HP kalau udah waktunya tidur. Toh jomblo juga gak ada yang bakal nyariin kan? He-he. Terus gimana cara kita mengatasinya biar tidur kita gak kesabotase? Caranya cuma satu, dan gampang abis: STOP. Udah, itu aja. Dimulai dari sekarang ya!

 

Sumber: Her Campus | (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥