Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Seperti tahun kemarin, Rabu (9/9/2015) Apple kembali meluncurkan dua varian iPhone, yaitu iPhone 6s dan iPhone 6s plus.

Kedua iPhone ini akan mendapatkan varian warna terbaru yaitu rosegold. Seperti rumor yang telah kita dengar sebelumnya, iPhone baru ini bakal dilengkapi dengan teknologi layar sentuh yang dapat mendeteksi daya tekan yang dinamai “3D Touch”.

Dengan teknologi ini, kita hanya cukup menekan dengan sedikit tenaga, sehingga fitur “mengintip” dapat digunakan. Fitur ini diimplementasikan di hampir seluruh sistem. Sangat berguna ketika kita hanya ingin melihat sebuah pesan atau informasi tanpa harus membuka pesan tersebut secara keseluruhan.

Fitur ‘3D Touch’ pada iPhone 6S dan iPhone 6S Plus (foto: Telangananewspaper)

Kedua iPhone ini memiliki prosesor A9 yang sama. Apabila dibandingkan dengan prosesor A8 yang terdapat dalam iPhone 6 tahun lalu, Apple mengklaim bahwa prosesor anyar mereka ini memiliki kemampuan 70% lebih cepat dan peningkatan sebanyak 90% dalam hal grafik.

Pemindai sidik jari pun juga mengalami peningkatan, dengan memperkenalkan Touch-ID generasi kedua, kecepatan pemindaian meningkat hingga dua kali lipat.

Kamera terbaru iPhone 6s (foto: The Verge)

Dalam sektor kamera, kedua iPhone ini mengalami peningkatan yang cukup drastis. Sensor yang digunakan adalah 12MP yang mampu merekam video 4K 30fps. Kamera depan juga di-upgrade menjadi 5MP, dan dilengkapi dengan cahaya tambahan yang disediakan melalui layar ponsel, cocok untuk kalian yang doyan selfie. Fitur LivePhotos juga disematkan untuk menambah UserExperience. Fitur ini membuat foto kalian bergerak ketika ditinjau.

Bagaimana dengan harganya? Menurut Apple, harganya akan sama dengan peluncuran iPhone 6 tahun lalu dan iPhone generasi sebelumnya tersebut akan mengalami penurunan harga sebesar $100 atau sekitar 1,2 juta rupiah.

Namun sayangnya detail harga untuk pasar Indonesia masih belum jelas, sehingga belum dapat dipastikan apakah iPhone 6s dan iPhone 6s plus di rentang harga kisaran 11 juta atau jauh lebih tinggi mengingat nilai tukar mata uang kita terhadap dolar sedang galau. Dengan upgrade yang cukup menarik ini, apakah GenMuda tertarik untuk ganti handphone kamu ke iPhone 6s dan iPhone 6s plus? [sdp]

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast