Sabtu, 25 Juni 2022

Genmuda – Engga kerasa tahun 2015 udah mau berakhir aja nih, Kawan Muda. Kira-kira apa aja sih yang udah terjadi di Twitter setahun belakangan ini?

Twitter bersama dengan rekan gambar eksklusifnya, Getty Images, baru-baru ini udah ngeluncurin 2015.twitter.com buat ngungkapin berbagai tren maupun momen paling berpengaruh dan berkesan di tahun 2015. Twitter pun udah ngerangkum siapa aja figur-figur penting yang baru bergabung ke media sosial itu di sepanjang tahun ini.

https://twitter.com/RenouJordan/status/670662509645406208

FYI, posisi puncak momen paling berpengaruh dan berkesan di Twitter 2015 ditempati oleh tagar #PrayForParis dan #JeSuisCharlie. Hal tersebut terbilang wajar, mengingat serangan yang kerap terjadi di Paris selama kurang lebih 10 bulan terakhir memang udah bikin banyak warga dunia tergerak buat nunjukin dukungan dan solidaritas mereka.

Di posisi berikutnya, ada tagar #BlackLivesMatter, yang udah di-tweet sampai 9 juta kali di tahun ini. Tagar tersebut jadi semacam kampanye sosial terhadap dugaan kebrutalan polisi yang ngelibatin warga kulit hitam di Amerika Serikat. Tagar itu pun kemudian diikuti oleh tagar #HomeToVote dan #LoveWins, yang nandain perayaan dan dukungan internasional bagi kesetaraan perkawinan.

Sementara itu, di posisi keempat ada #RefugeesWelcome, yang jadi tagar trending buat orang-orang dari Timur Tengah yang nyari perlindungan di Eropa. Sebaliknya, di posisi kelima giliran tagar #IStandWithAhmed yang jadi bentuk dukungan netizen terhadap seorang siswa 14 tahun yang ditahan dan diborgol di sekolahnya di Texas gara-gara dikira bawa bom.

Engga kalah heboh, habis itu ada juga tagar-tagar lain kayak topik seputar pemilu di beberapa negara, #FIFAWWC, #PlutoFlyby, #TheDress (sampai sekarang kamu mungkin masih bingung mau milih #BlueandBlack atau #WhiteandGold), dan topik @Caitlyn_Jenner yang gabung ke Twitter.

Well, bisa dibilang sebagian besar momen paling berpengaruh dan berkesan di Twitter 2015 udah nunjukin kalau sebenarnya warga dunia masih saling peduli satu sama lain. Walau mungkin ada juga yang awalnya cuma ikut-ikutan doang biar dibilang kekinian, setidaknya data yang dimiliki Twitter tersebut udah nunjukin kalau di dunia ini masih banyak manusia yang punya hati nurani.

Di sisi lain, data yang sama pun udah ngungkapin kalau popularitas para personil (dan mantan personil) One Direction selama 5 tahun ini memang engga ada matinya. Di urutan pertama kicauan yang paling banyak di-retweet di 2015, ada pesan Harry Styles buat para Directioners engga lama setelah Zayn Malik mutusin buat hengkang dari 1D.

2015 telah menjadi tahun fenomenal lainnya di Twitter. Di seluruh dunia orang-orang telah berkumpul bersama untuk merayakan, mendukung satu sama lain, menunjukkan solidaritas, dan tentu saja untuk tertawa,” kata Lewis Wiltshire, Senior Director of Media Partnerships Twitter.

So, gimana dengan kamu, Kawan Muda? Momen paling berpengaruh dan berkesan apa yang udah kamu alamin di Twitter 2015? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer