Minggu, 4 Desember 2022
Kekinian

Gowes Sepeda Sampai ‘Bersihin’ Laut, Ini Cara Unik Para Artis Buat Peduli Lingkungan

Nadine Chandrawinata, Nugie, dan Oppie Andaresta di acara acara Malam Penutupan Pesta Sains 2015 dan pre-launching Konferensi Tingkat Tinggi Iklim Paris Climate 2015/COP 21 di Jakarta, Kamis (26/11) (Foto: Genmuda.com/2015 Gabby)

Genmuda – Di sela-sela ngejalanin kesibukan di panggung hiburan, sejumlah artis ternyata masih nyempetin buat jadi pegiat lingkungan hidup loh, Kawan Muda. Siapa aja sih mereka?

Para artis tersebut antara lain penyanyi  Oppie Andaresta dan Nugie serta Puteri Indonesia 2005 Nadine Chandrawinata. Di acara Malam Penutupan Pesta Sains 2015 dan pre-launching Konferensi Tingkat Tinggi Iklim Paris Climate 2015/COP 21 di Jakarta, Kamis (26/11), ketiganya pun udah ngungkapin gimana cara mereka nunjukin kepedulian masing-masing terhadap lingkungan.

Oppie misalnya, doi lebih milih buat bikin buku anak tentang lingkungan. Menurut doi, anak-anak memang perlu diedukasi soal lingkungan sedini mungkin dengan cara yang nyenengin supaya nantinya bisa jadi kebiasaan baik yang kebawa sampai dewasa.

Nomor satu saya adalah seorang ibu. Lalu di 2011, saya juga ditunjuk sebagai duta oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Jadi berhubungan dengan dua label saya sebagai ibu dan duta, saya buat buku,” kata Oppie.

Di samping buku, Oppie juga udah bikin karya lain yang masih berhubungan dengan anak-anak dan lingkungan, yaitu sebuah lagu berjudul ‘Pohon Teman Kita’. “Lagunya sederhana. Saya menggunakan lirik personifikasi supaya anak-anak mudah mencernanya,” tambah Oppie.

Lain halnya dengan Nugie, adik dari penyanyi Katon Bagaskara yang juga seorang Duta Lingkungan Hidup UNESCO. Doi ternyata lebih milih buat nunjukin kepedulian terhadap lingkungan dengan bersepeda kapanpun dan kemanapun doi pergi.

Saya kemana-mana selalu pakai sepeda. Datang ke sini pun saya pakai sepeda. Bahkan saat ke acara di Istana Presiden, saya juga pakai sepeda. Sepeda sudah jadi alat transportasi saya,” aku Nugie.

Nugie pun lalu nambahin kalau awalnya bersepeda jadi kegiatan yang terasa cukup nguras tenaga. Meski begitu, doi tetap berusaha latihan supaya bisa terbiasa. “Memang capek sih, tapi harus dilakukan. Sekaligus memberi contoh gaya hidup yang lebih cinta lingkungan ke teman-teman,” tutur Nugie.

Bukan cuma itu, Nugie juga mau ngajak kamu buat ikutan kampanye #BeliYangBaik dari World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, Kawan Muda. “Beli barang-barang yang ramah lingkungan itu salah satu gaya hidup yang bisa kita terapkan sehari-hari,” ujar Nugie.

Sementara itu, kalau Nugie maupun Oppie lebih fokus pada lingkungan darat, Nadine justru lebih fokus pada lingkungan laut. Sebagai seorang penyelam, doi ngerasa ikut bertanggung jawab saat ngelihat laut sekarang udah dipenuhi sampah dan ngebahayain penghuninya.

Saya melihat sampah tersangkut di terumbu karang dan di badan pari. Penyu pun makan sampah karena dikira itu ubur-ubur. Saya menyelam dikelilingi sampah. Jadi kenapa laut? Karena semua berakhir di laut dan memang harus dilakukan sejak sekarang,” kata Nadine.

Engga lupa, Nadine bersama Nugie dan Oppie juga negasin kalau segala bentuk kepedulian terhadap lingkungan sebenarnya harus dimulai dari diri sendiri dulu. So, gimana dengan kamu, Kawan Muda? Tertarik buat ngikutin jejak mereka?

Nadine Chandrawinata dan pembuat mural, Adi Darma (Foto: Genmuda.com/2015 Gabby)

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer