Kamis, 13 Juni 2024

Genmuda – Ini benar-benar berita buruk, Kawan Muda! Apa jadinya dunia kalo engga ada pisang? Hah? RIP roti bakar pisang keju, milkshake pisang, pisang bakar, pisang goreng, pancake pisang, dan pisang-pisang lainnya :’(

Benar engga sih, buah pisang bakalan punah? Hmm… sedihnya, menurut sebuah penelitian terbaru, ada indikasi yang mengarah kesitu guys. Sebuah penyakit yang mematikan buat pisang, yaitu jamur Panama, sekarang udah berkembang pesat banget.

Penyakit ini awalnya ditemuin di Asia Tenggara dan Asia Timur pada tahun 1960-an, dan sejak tahun 2013, jamur mematikan ini udah berekspansi lintas benua, dan menyerang tanaman-tanaman pisang di Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, dan Australia.

Menyebarnya penyakit Panama jelas jadi bukti kalau strategi buat mencegah perkembangan penyakit tersebut engga bekerja dengan baik. Dan karena jamur tidak bisa dibunuh, kemungkinan besar tinggal masalah waktu aja sebelum Panama nyampe di Amerika Latin, tempat di mana lebih dari sepertiga populasi pisang di bumi ini berada. Dengan kata lain, kita harus siap-siap kehilangan pisang kalo masalah ini engga bisa diberesin.

Berita suram tentang nasib pisang ini diungkapkan oleh studi baru di PLOS Pathogens. Dengan menelusuri genetik dari jamur yang ditemukan di berbagai tempat tanaman pisang yang terinfeksi analisis tim peneliti menegaskan penyebabnya adalah klon tunggal penyakit Panama yang disebut “Tropical Ras 4″. Dan yang lebih bikin shock, Tropical Ras 4 ini ternyata berasal dari Indonesia!

“Kita tahu bahwa asal [Tropical Ras 4] adalah dari Indonesia dan menyebar dari sana, kemungkinan besar pertama ke Taiwan dan kemudian ke China, lalu penyakit ini menyebar seluruh Asia Tenggara,” kata Gert Kema, seorang ahli pisang dari Wageningen University and Research. Kema juga mengatakan bahwa jamur mematikan tersebut sekarang telah berkembang di Pakistan, Libanon, Yordania, Oman, Mozambik, dan Australia.

Terus, apa ini artinya kita harus puas-puasin makan pisang sekarang sebelum nantinya buah kuning ini hilang ninggalin kita? Berita (sedikit) bagusnya, pisang katanya engga akan punah dalam waktu dekat kok guys, soalnya penyebaran Tropical Ras 4 membutuhkan waktu yang engga sebentar.

Sejak ditemuin tahun 1960 di Taiwan, butuh waktu 55 tahun buat jamur Panama membasmi hampir seluruh populasi pisang di negara tersebut. Kini, Taiwan cuma bisa mengekspor 2 persen pisang aja, dibandingin dari jumlah ekspor tahun 1960 lalu.

So, kira-kira kita masih bisa nikmatin pisang sampe 50 tahun ke depan. Mudah-mudahan! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥