Selasa, 27 Oktober 2020

Genmuda – Beredar pesan berantai kalo Indonesia akan mengalami peristiwa Equinox yang bikin masyarakat indonesia jadi takut keluar rumah. FYI, Equinox merupakan fenomena astronomi yang menyebakan peningkatan suhu udara secara drastis karena matahari melintasi garis khatulistiwa.

Publik jadi heboh karena takut efeknya bisa besar banget apalagi ditulis kalo jangan sampe naro lilin di dalam rumah karena memicu kebakaran. Terlebih lagi banyak netizen yang emang ngerasa panas banget akhir-akhir ini. Meski hal equinox benar adanya, ternyata hal tersebut adalah kejadian yang BIASA aja.

Equinox selalu terjadi selama 2 kali setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Namun, tiap tahun kenaikan suhunya engga sama, tapi selalu ada peningkatan suhu yang ekstrim seperti HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Menurut Kepala Sub-Bidang Informasi Meteorologi BMKG Hary Tirto Djatmiko dilansir dari Republika (15/3) peningkatan udara karena adanya equinox masih berkisar 32-36 drajat celcius makanya BMKG menghibau supaya masyarakat engga perlu khawatir.

Kawan Muda sih tetep bakal ngerasain yang namanya kepanasan, bahkan serasa matahari ada di atas kepala kamu. Supaya kamu tetep bisa beraktivitas di luar tanpa terganggu sama Equinox mendingan kamu siap-siap dengan 7 cara ini.

1. Sedia payung sebelum kepanasan

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Kalo payung biasanya digunain saat hujan, nyatanya fungsi engga cuman menangkis air doang. Payung juga bisa menutui wajah kamu dari sengatan matahari yang lagi jahat-jahatnya. Daripada kulit kamu menghitam terus jadi belang, yakan engga bakalan kece kalo mau jalan sama si doi. Mau perawatan di dokter mahal, tapi perawatan di rumah juga males. Makanya lebih baik sedia payung meski harus repot sedikit.

2. Ikutin gaya cewek-cewek kerajaan Inggris

Via Google
(Sumber: hellomagazine)

Taukan gaya ratu atau puteri Inggris yang tampil elegan dengan topi? Engga ada salahnya loh kamu ikutin gaya mereka, apalagi untuk menghindari sinar matahari langsung ke muka kamu. Kalo engga mau repot atau keliatan old school cari aja topi cap yang lagi kekinian.

3. Pilih baju dengan bahan katun

Via Google
(Sumber: theeverydayman)

Pakaian juga mempengaruhi kamu saat beraktivitas dalam fenomena Equinox. Sebaiknya kamu menghindari bahan-bahan tebal dan engga menyerap keringet. Gunain bahan katun juga udah cukup melindungi kamu dari masalah bau badan karena keringet berlebih.

4. Banyak minum air putih

Via Google
(Sumber: healthyfoodhouse)

Dehidrasi emang bisa terjadi sama siapa aja, karena itu di udara yang lagi panas kayak sekarang usahin kamu minum air putih lebih banyak dari biasanya. Biar engga keliatan letoy dan selalu sehat bawa aja botol minum buat ke kampus, sekolah, atau kantor.

5. Hindari baju dengan lengan pendek

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Sama halnya dengan muka, kulit tubuh lainnya perlu dijaga. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati. Makanya kamu gunain deh baju lengan panjang dan bawahan tertutup. Biarin aja sedikit panas, daripada kulit kamu belang-belang kayak zebra cross, emangnya mau? Engga mau dong.

6. Jangan makeup berlebih

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Karena bakalan terkena sinar matahari yang beda dari biasanya, cewek-cewek juga engga perlu make up berlebihan. Daripada nantinya kulit kamu berminyak, yang ada makeupnya luntur kan percuma. Yang kalo engga mau ribet, tampil natural sekali-sekali juga boleh.

7. Bawa kipas angin kecil kalo perlu

Via Google
(Sumber: wordpress)

Bawa kipas kecil engga jadi masalah kok, inget ya kecil ukurannya. Jangan kipas angin kondangan yang kamu bawa, bakalan repot. (Yekali) Jadi engga usah takut sama fenomena equinox, apalagi sampe engga keluar rumah. Plis engga perlu selebay itu ya. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela