Senin, 13 Juli 2020

Genmuda – Mandi. Dalam KBBI artinya membersihkan tubuh dengan air dan sabun (dengan cara menyiramkan, merendamkan diri dalam air, dan sebagainya). Jadi percuma kalo kamu cantik atau ganteng, kalo engga mandi ya bakalan bau.

Intinya mandi itu udah jadi kebutuhan primer. Apalagi kalo kamu anak muda dan masih single. Mandi tuh penting banget buat narik perhatian calon jodoh kamu. #Eaaa

Jaman Kawan Muda masih dimandiin sama emak sampe bisa mandi bareng sendiri, biasanya kegiatan itu dilakuin dua kali sehari, siang dan sore. Namun sering bertambahnya usia mandi sore tuh biasanya berubah jadi mandi malam.

Tapi kamu wajib tau kalo mandi di pagi dan malam hari itu punya manfaat yang beda-beda. So, supaya kamu bisa pilih waktu mandi yang sesuai kebutuhan tubuh kamu, ini dia ulasannya:

Mandi di Pagi Hari

via: Giphy

1. Buat kamu yang mau bercukur

Mau itu jenggot, kumis, atau bulu-bulu lainnya yang menempel di tubuh kamu bisa lebih gampang dicukur saat kamu mandi pagi. Hal ini dikarenakan mandi pagi membuat tubuh manusia mendapatkan ransangan dari trombosit sehingga mengurangi resiko pendarahan saat bercukur.

2. Buat kamu yang susah bangun pagi

Buat kamu yang hobi snoze alarm di pagi hari, bisakan bangun tidur terus langsung mandi. Sebuah studi di Kansas menemukan kalo mandi pagi dapat membangkitkan gairah tubuh. Bahkan saat mandi pagi dengan air dingin tubuh kamu bener-bener terasa di-charge ulang sebelum beraktivitas.

3. Buat kamu yang dituntun kreatif

Dosen Psikologi Harvard, Shelley Carson bilang kalo mandi pagi itu seperti proses inkubasi. Ibarat pembangkit listrik, mandi pagi dapat memancing kreativitas seseorang lebih berkembang.

4. Buat kamu yang mau ketenangan

Selain memberikan semangat di pagi hari, mandi terbukti secara ilmiah bisa membuat jiwa kamu ebih tenang. Itu sebabnya meditasi dianjurkan saat pagi hari dan setelah mandi.

Mandi di Malam Hari

via: giphy

1. Buat kamu yang susah tidur

Pakar kesehatan dan alergi, Jeffrey Miller, merekomendasikan mandi malam bagi orang-orang yang mengalami masalah kulit dan kurang tidur. Hal ini karena mandi sebelum tidur mampu membersihkan kuman, debu, sel-sel kulit mati yang bisa aja menempel di kasur kamu, sekaligus menjadikan suhu tubuh stabil dan rileks.

2. Buat kamu yang ingin punya kulit sehat

Mandi dengan air hangat sebelum tidur merupakan obat paling mujarab buat kulit. Buat para cewek kamu bisa mendambahkannya dengan krim malam. Secara klinis bisa mengurangi minyak penyebab jerawat ataupun iritasi pada kulit.

3. Buat kamu yang mau menghilangkan alergi

Jika Kawan Muda punya masalah alergi tertentu pada hidung, kulit, hingga rambut, maka mandi di malam hari dengan air hangat bisa mengurangi alergi kamu. Paul Engright, seorang pakar paru-paru merekomendasikan untuk menghirup uap air hingga rongga hidung untuk menghilangkan alegri.

4. Buat kamu yang mau menghilangkan jerawat

Suka heran kenapa jerawat masih aja bandel nempel di muka kamu? Pakar Dermatologis, Carolyn Jacob mencatat bahwa mandi malam hari akan membantu membersihkan pori-pori wajah dari bekas makeup, keringat, debu, dan polusi penyebab jerawat. Bye-bye jerawat!

Well, kalo udah baca manfaat di atas, sekarang tinggal Kawan Muda pilih deh mana yang jadi kebutuhan kamu. Mau mandi pagi atau mandi malam semua ada manfaatnya kok. Yang engga ada manfaatnya ya yang engga mandi atau mandi bareng. He-he.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.