Senin, 3 Agustus 2020

Genmuda – Sebanyak 17 game klasik yang sempet melegenda kembali bisa dimainin publik lewat Facebook, baik itu di komputer atau FB Messenger di ponsel sejak, Selasa (29/11). Game-game tersebut adalah fasilitas anyar Instant Games dari FB.

Sejauh ini, update Instant Games baru tersedia di 30 negara. Singapura jadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang berkesempatan terima rilis perdana. Nah, sambil nunggu masuk di Indonesia inilah game-game perdana yang bakal dirilis.

1. Galaga

via techcrunch.com
Galaga di Facebook. (Sumber: techcrunch.com)

Game legendaris buatan Bandai Namco. Awalnya muncul sebagai game ‘dingdong’ 8 bit, pernah disebutin juga di film ‘The Avengers.’ Misi utamanya adalah nembakin kapal alien supaya engga mencapai bumi atau merusak pesawat sendiri.

2. Space Invaders

via: Pinterest
(Sumber: Pinterest)

Kalo Bandai Namco punya Galaga, Taito punya Space Invaders. Mirip-mirip lah cara mainnya, kamu cuma cukup mencegah invasi para monster dengan pesawat mini, –yang bentuk lebih mirip atap rumah.

3. EverWing

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Masih seputar tembak-tembakan, EverWing adalah versi lebih modernnya Space Invader dan Galaga. Game buatan Blackstorm inilah yang menginspirasi game pesawat modern macam Ace Combat.

4. Endless Lake

via: Amazon
(Sumber: Amazon)

Sementara itu, Endless Lake adalah game yang menginspirasi Temple Run dan sejenisnya. Game ini pun dibuat Spilgames buat format dingdong pada masanya.

5. Arkanoid

via: Game Ogre
(Sumber: Game Ogre)

Misi utama game yang dibuat Taito ini adalah ngancurin bata-bata penghalang dengan bola yang dipantulin. Seperti main tenis, bola yang mantul ke lapangan sendiri harus kepukul. Kalo engga ya kamu kalah.

6. Words with Friends Frenzy

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Permainan buatan Zynga ini mirip banget Scrabble. Caranya dengan menyusun-nyusun huruf hingga jadi kata. Makin banyak huruf yang dipakai, relatif makin besar skornya. Skor gede juga bisa didapet kalo bikin kata pakai huruf langka seperti X atau Q misalnya.

7. Wordalot

via: Wardalot
(Sumber: Wardalot Solutions

Masih permainan kata-kata, Wordalot lebih mirip TTS. Game satu ini digarap oleh MAG Interactive.

8. Hex FRVR

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Tau tetris kan? Nah, Hex tuh mirip tetris cuma bentuknya hexagon alias segi enam. Kamu cuma perlu mengatur letak warna tiap mini-hexagon dan meraih skor paling tinggi. Lumayan buat killing time.

9. Pac-Man

via technobuffalo.com

Tau Pac-Man kan? Doi itu petinju asal Filipina yang punya nama asli Manny Pacquiao. Terus hubungannya sama game ini apa? Ya, engga ada. Tapi kalo kamu engga tau game Pac-Man kayaknya ada yang salah sama kamu gaes.

10. ZooKeeper

via: Cutofmac
(Sumber: Cultofmac)

Cara main game buatan Kiteretsu ini mirip seperti Candy Crush. Bedanya sesi permainannya lebih lama. Diajamin bikin kamu ketagihan deh.

11. 2020 Connect

via: Fog
(Sumber: Fog)

Game buatan Softgames ini juga mirip Candy Crush.

12. Shuffle Cats Mini

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Nah, ini nih dedengkotnya game tembak-menembak. Kalo engga ada game buatan King ini, engga bakalan ada yang namanya Time Crisis atau CS:GO.

13. The Tribez: Puzzle Rush

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Lagi-lagi, game yang aturan mainnya mirip Candy Crush tapi ini temanya dinosaurus. Gamenya dibuat sama Game Insight.

14. Track & Field 100M

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Game balapan yang cuma bisa dimenangin dengan menekan tombol sebanyak-banyaknya. Musuh yang emang didesain Konami supaya lebih cepet selalu bikin frustrasi.

15. Brick Pop

via techcrunch.com
(Sumber: Techcrunch.com)

Tujuannya adalah mecahin balok-balok yang warnanya sama. Siapa yang terbanyak mecahin balok, dia lah yang menang.

16. Templar 2048

via YouTube
(Sumber: YouTube.com)

Meski namanya ada unsur Perang Salib, Templar 2048 sama sekali bukan game perang macam ‘Age of Empires’ atau ‘Clash of Clans’, gaes. Ini adalah game puzzle buatan Vonvon yang terasa bikin pusing seperti game 2048.

17. Bust A Move Blitz

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Game buatan Taito feat Blackstorm ini adalah standar permainan lempar bola. Kalo lemparannya kena minimal dua bola lain yang warnanya sama, pemain dapet skor. Begitu terus sampai dapet skor tertinggi. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.