Senin, 27 Juni 2022

Genmuda – Masih dalam rangkaian GIIAS 2016 nih guys. Tepat pada hari Sabtu (13/8), produsen mobil asal Jepang, Suzuki turut memperkenalkan teknologi terbaru mesin mobil mereka, yaitu Dual Jet Engine dan New Generation Platform.

Dua teknologi tersebut diyakini oleh Suzuki mampu meningkatkan performa dapur pacu mobil mereka loh. Buat ‘Dual Jet Engine’ misalnya, mesin ini adalah terbaru turunan mesin berkapasitas 1.0-liter. Melalui teknologi terkini mesin tersebut mampu menekan panas yang dihasilin sama rasio kompresi.

Dengan sistem dual-injection serta friction reduction membuat dynamic performance seimbang dan mampu menghemat bahan bakar. Selain itu, mesin juga dapat mengubah fuel energy menjadi mechanical energy secara efisien dengan mengoptimalkan kinerja rasio kompresi yang mengadopsi cooled EGR system dan piston cooling jets buat mengontrol pembakaran.

via: Suzuki
Dual Jet Engine keluaran Suzuki (Sumber: Istimewa)

Efisiensi bahan bakar juga ditingkatkan dengan penerapan dual-injection system dan bowl-shaped piston crown. Suzuki juga menghadirkan beberapa teknologi di dalam mesin ini yang disebut friction reduction technologies, seperti penggunaan roller-rocker type valve lifters.

Sedangkan mesin ‘New Generation Platform’ dirancang secara efisien mungkin buat ningkatain kekokohan melalui desain terbaru (seusia struktu mobil) dan memangkas bobotnya hingga 100kg. Hal tersebut juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, keamanan, penanganan, stabilitas, dan kinerja NVH (Noise, Vibration, & Harshness) di seluruh lini produk.

Secara keseluruhan desain tersebut mampu mengoptimalkan desain mobil hingga di bagian bawah kendaraan sekaligus meningkatkan akselerasi, kesetabilan, dan keamanan mobil pada saat dikendarai.

Di GIIAS tahun ini kami menggabungkan produk dan teknologi sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan otomotif tanah air. Kami ingin masyarakat dapat melihat langsung produk-produk terbaik yang dihasilkan Suzuki saat ini yang berasal dari teknologi yang telah kami kembangkan.” Ungkap Davy J Tulian, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dua mesin anyar ini emang punya irisan sama tema GIIAS 2016 yaitu “Green Technology for Better Future”, penggunaan teknologi yang merupakan bidang inovasi baru dalam industri otomotif bertujuan untuk membuat perubahan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi lingkungan. 

Buat Kawan Muda yang masih penasaran sama perkembangan teknologi terbaru lainnya langsung aja dateng ke ICE BSD hingga tanggal 21 Agustus 2016.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.