Sabtu, 24 Oktober 2020

Genmuda – Merantau jauh dari rumah emang gak selamanya enak, apalagi buat para mahasiswa baru. Oleh karena itu penting banget untuk memilih tempat tinggal atau kos-kosan yang nyaman biar kamu gak keseringan homesick .

Jelang tahun ajaran baru, para mahasiswa baru atau mahasiswa lama pasti banyak yang pengen pindah kosan baru. Sebelum kamu melaksanakan niat tersebut, kamu perlu banget baca 7 persiapan penting berikut ini supaya enggak salah pilih kosan. Inget penyesalan itu datengnya belakangan, gengs. Jadi baca dulu tips dari Genmuda.com ini sampe selesai.

1. Lokasinya

via: Tumblr

Hal pertama yang kamu lakukan adalah survei lokasi. Cari sebanyak mungkin lokasi tempat, harga kosan, dan kondisi kosan itu sendiri. Jangan sampe kamu mengeluh di akhir lantaran ada kosan lain yang bisa kamu dapatkan dengan kondisi dan lokasi yang lebih strategis.

Dengan lokasi strategis, dekat dari kampus, tempat makan, kosan gebetan, seenggaknya kamu bisa lebih berhemat untuk biaya transportasi. Jangan sampe kosan kamu di Tangerang kampusnya di Bekasi, itu sih sama aja enggak ngekos, bosque.

2. Harga kosan

via: giphy

Setelah dapat lokasi yang terjangkau dan strategis dari kampus, penting banget buat cari pasaran harga kos-kosan di daerah sekitar. Seenggaknya kamu bisa dapat perbandingan harga dengan fasilitas yang ditawarkan, apakah sesuai atau malah ‘B’ aja.

Pastikan juga apakah harganya fix atau ada biaya tambahan setiap bulannya. Tanya sejelas mungkin sama si ibu/bapak kosannya. Daripada kamu tekor di akhir, kan sedih. Buat lebih hemat, hindari juga mencari kosan lewat calo. Etapi kalo kamu tajir melintir sih bebas aja.

3. Kondisi air dan listrik

via: Giphy

Air sering mati atau listrik sering turun jelas bukan menjadi pilihan tepat buat dijadiin tempat tinggal kamu selama merantau. Ketersedian air bersih dan listrik jelas mempengaruhi kepentingan hajat lo selama kuliah, entah itu buat mandi, membersihkan perabotan kamu, hingga ngerjain tugas kuliah.

4. Teman satu kosan

via: Make a GIF

Kamu diperbolehkan kok menanyakan ke pemilik kosan tentang jurusan kuliah apa yang mayoritas penghuni kosan itu ambil. Seenggaknya dengan ketemu teman satu jurusan dalam kosan kamu bisa banyak belajar atau malah ngobrol seputar kegiatan di jurusan kalian. Sederhananya biar obrolan dan jokes kalian bisa sepaham lah. Mereka kan juga bakal jadi keluarga baru kamu selama ngekos.

5. Kondisi tempat kosan

Selanjutkan pastikan juga apakah kos-kosan inceran kamu itu rawan dari serangkaian bencana. Entah itu bencana alam atau bencana kriminal, kayak begal, maling, pembunuhan, dan masih banyak lagi. Biar gak kena ‘jebakan betmen’ tanya aja ke penghuni kosan lain atau warga di sekitar kosan tersebut. Sekedar make sure gak ada salahnya kan.

6. Tempat makan

Ini juga gak kalah penting, gengs. Emangnya kamu mau jauh-jauh buat nyari tempat makan? Yang ada begitu balik ke kosan udah laper lagi. *canda. Dengan banyaknya tempat makan otomatis bakal mempermudah kamu untuk memilih makanan dengan menu dan harga yang bervariatif. Jadi mau itu awal atau akhir bulan masih terjangkau deh buat kantong.

7. Peraturan di kosan

Nah, poin ini sih tergantung sama selera masing-masing. Tiap kosan pasti aturannya beda-beda. Buat yang suka ‘nongkrong’ ngerjain tugas sampe malam bisa pilih kosan tanpa jam malam. Sebaliknya kalo yang suka pacaran, pilih aja kosan campur. Eits, khusus kosan campur jangan macem-macem ya. Kamu gak mau kan diarak warga keliling kampung?

Yaudah, gitu aja. Semoga bisa ketemu dengan kosan idaman kamu ya. Selamat jadi anak kosan! (sds)

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.